Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App
Qraved x GoFoodAwas Hati-Hati, Ini 6 Bahaya Minum Kopi Saat Perut Kosong!

Awas Hati-Hati, Ini 6 Bahaya Minum Kopi Saat Perut Kosong!

della della
Kini kopi bukan hanya sekedar minuman yang dinikmati di sore hari aja nih. Kehadiran kopi pun seakan sudah menjadi kebutuhan utama untuk menambah semangat sebelum beraktivitas. Hal ini menyebabkan banyak orang yang meminumnya dalam keadaan perut kosong, terutama untuk mereka yang sibuk dan memiliki kegiatan yang super padat. Padahal meminum kopi saat perut kosong itu ternyata berbahaya lho, ini 6 bahayanya!
Cari tahu informasi kuliner sehat lainnya di Qraved App!

Naik Asam Lambung

Awas Hati-Hati, Ini 9 Bahaya Minum Kopi Saat Perut Kosong!  - healthgrades
Photo Source: healthgrades
Minum kopi saat perut kosong bisa membahayakan perutmu sendiri. Pasalnya, sudah banyak beredar kalau dekafein dalam kopi sudah dibuktikan mampu menjadi perangsang produksi asam. Jadi ketika keasaman perut meningkat, maka kamu akan merasakan mual, ingin muntah dan pusing. Bahkan ada yang sampai mengalami vertigo lho, seram ya?

Mulas

Awas Hati-Hati, Ini 7 Bahaya Minum Kopi Saat Perut Kosong!  - shigotonadeshiko
Photo Source: shigotonadeshiko
Ini masih berhubungan dengan kenaikan asam lambung yang disebabkan oleh meminum kopi saat perut kosong. Keasaman perut yang naik ini akan menjadi faktor utama penyebab rasa mulas. Kalau kamu merasakan hal ini saat meminum kopi ketika perut kosong, banyak-banyak minum air putih ya!

Gangguan Nutrisi

Awas Hati-Hati, Ini 7 Bahaya Minum Kopi Saat Perut Kosong!  - medimetry
Photo Source: medimetry
Kamu juga pasti sudah tau kan bahwa mengonsumsi kopi yang terlalu banyak sangat buruk untuk kesehatan?
Kafein memang mempercepat proses pengeluaran cairan dari dalam tubuh melalui kinerja ginjal, sehingga kalau kamu meminum kopi pastinya semakin sering juga kamu membuang urin. Kalau sudah begini, tubuh kamu tidak memiliki cukup waktu dalam penyerapan mineral. Selain itu kamu juga bisa kekurangan magnesium jika terlalu banyak mengonsumsi kopi, apalagi saat perut kosong. Masalah kesehatan tersebut adalah kerusakan gigi, migrain, penyakit ginjal, asma, bahkan penyakit jantung.

Mudah Cemas

Awas Hati-Hati, Ini 7 Bahaya Minum Kopi Saat Perut Kosong!  - hellosehat
Photo Source: hellosehat
Hayo kamu yang sering minum kopi saat perut kosong mulai sadar nggak nih kalau ternyata meminum kopi saat perut kosong bisa membuat kamu mudah cemas? Hal ini dikarenakan kopi bisa memperburuk kondisi hormon serotonin yang rendah di pagi hari. Hormon serotonin adalah suatu hormon penting yang memicu rasa bahagia dan tenang sehingga tubuh menjadi rileks.

Detak Jantung Lebih Cepat

Awas Hati-Hati, Ini 7 Bahaya Minum Kopi Saat Perut Kosong!  - klikdokter
Photo Source: klikdokter
Awas perhatikan juga kondisi detak jantung kamu. Biasanya setelah meminum kopi saat perut kosong ini akan memicu detak jantung kamu semakin cepat. Kafein di dalam kopi akan menjadi perangsang sistem saraf tubuh yang akhirnya malah mempercepat denyut jantung.

Gejala Dehidrasi

Awas Hati-Hati, Ini 7 Bahaya Minum Kopi Saat Perut Kosong!  - womanmynavi
Photo Source: womanmynavi
Mengonsumsi kopi saat perut kosong, apalagi di pagi hari, ternyata juga bisa menimbulkan bahaya dehidrasi. Kafein membuat kamu sering bolak-balik ke kamar mandi, yang akhirnya menguras energi kamu. Setelah seperti ini, pasti akan berdampak pada kepala yang ikut terasa pusing.
Qraved | Life is Tasty