Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App

Awas! 5 Makanan Sehat Ini Ternyata Nggak Sehat!

Ody MuhammadOdy Muhammad
Makanan yang menggunakan bahan alami tak selamanya menyehatkan. Banyak dampak negatif yang ditimbulkan kalau cara pembuatan dan pemrosesannya nggak dilakukan dengan cara yang baik dan benar. Bahkan, ada yang bisa menimbulkan efek samping yang membahayakan nyawa dan kesehatan bagi beberapa penderita penyakit khusus, lho! Hiiih!
Tapi, sebelum cari tahu makanan sehat yang ternyata nggak selalu menyehatkan di bawah ini, pastikan kamu sudah download aplikasi Qraved untuk dapetin voucher menarik dan promo-promo lainnya khusus pengguna iOS dan Android!

1. Sayur Bayam

Awas! 5 Makanan Sehat Ini Ternyata Tidak Sehat! - sajiansedap.grid.id
Photo Source: sajiansedap.grid.id
Siapa yang dulu sering nonton kartun Popeye? Yap, bayam yang jadi makanan favorit yang dapat membuatnya bertambah kuat ini ternyata punya efek samping yang nggak baik bagi kesehatan. Dibalik kandungan sumber zat besi, serat dan mineral lainnya, sayur bayam dapat menyebabkan diare, batu ginjal, hingga asam urat jika dikonsumsi berlebihan menurut Kepala Ahli Gizi, Fortis Hospital Anandapur, Mita Shukla.

2. Minyak Ikan

Awas! 5 Makanan Sehat Ini Ternyata Tidak Sehat! - manado.tribunnews.com
Photo Source: manado.tribunnews.com
Minyak ikan dianggap dapat memelihara kesehatan jantung dan meningkatkan nafsu makan. Kandungan omega-3, docosahexaenoic acid (DHA), dan eicosapentaenoic acid (EPA) juga jadi alasan mengapa minyak ikan perlu untuk dikonsumsi. Tapi, dibalik itu semua, ternyata minyak ikan memiliki kadar kolesterol yang tinggi, yaitu rata-rata 142 miligram per 100 gramnya. Jadi, hati-hati bagi para penderita kolesterol yang nggak stabil cenderung tinggi karena minyak ikan dapat membahayakanmu.

3. Kacang Polong Kemasan

Awas! 5 Makanan Sehat Ini Ternyata Tidak Sehat! - kaltara.prokal.co
Photo Source: kaltara.prokal.co
Siapa yang percaya kalau kacang polong membawa banyak manfaat? Yap, kacang polong mengandung kalsium, besi, magnesium, fosfor, vitamin hingga mineral yang banyak yang terkandung di dalamnya. Tapi, belakangan ini marak dijual kacang polong kaleng di pasaran. Cara pemrosesan yang dilakukan seperti dipanaskan hingga dibekukan ini berakibat hilangnya kandungan di dalamnya. Terlebih, bagi yang intoleran terhadap protein kacang, kamu dapat merasakan efek samping seperti batuk, bersin, hidung tersumbat, diare, gatal-gatal pada kulit, hingga komplikasi pernafasan.

4. Oatmeal Instan

Awas! 5 Makanan Sehat Ini Ternyata Tidak Sehat! - prevention.com
Photo Source: prevention.com
Kamu pasti sudah tahu kalau oat memiliki banyak kandungan yang baik untuk tubuh. Selain sering dijadikan sebagai pengganti nasi, ternyata oat mengandung berbagai kandungan seperti karbohidrat, lemak, protein, serat, vitamin B1, B2, B3, B5, B9, kalsium, zat besi dan manfaat lainnya yang baik bagi tubuh. Tapi, di balik segudang manfaat dan kandungannya, oat terutama oatmeal instan mengakibatkan efek samping seperti meningkatkan gula darah, menyebabkan kelainan metabolisme, dan menyebabkan kerusakan pada gigi jika dikonsumsi berlebihan.

5. Nasi Putih

Awas! 5 Makanan Sehat Ini Ternyata Tidak Sehat! - penggilinganpadi.com
Photo Source: penggilinganpadi.com
Masyarakat Indonesia pasti sudah menjadikan nasi putih sebagai makanan pokok yang jadi pilihan untuk dikonsumsi sehari-hari. Tapi, nasi putih jika dikonsumsi terus menerus dan dalam jumlah yang banyak setiap harinya, maka akan membahayakan tubuh dalam jangka panjang. Karena nasi putih salah satunya mengandung karbohidrat sederhana, maka nasi putih dapat menaikkan kadar gula darah dalam tubuh. Hal ini dapat menyebabkan kelelahan, makan berlebihan, dan obesitas juga, lho!
Karena semua yang berlebihan tidak selalu baik bagi tubuh, lebih baik mengonsumsi segala sesuatunya dengan takaran yang sesuai dengan kebutuhan tubuh ya, guys! Ayo, hidup lebih sehat!