Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

9 Menu Khas Indonesia yang Terinspirasi dari Masakan Belanda

Margareth AngelicaMargareth Angelica
Dijajah oleh Belanda selaa 350 tahun, nggak heran membuat banyak sekali peninggalan Belanda yang masih eksis hingga saat ini, tak terkecuali di ranah kuliner. Tak cuma klappertart, berikut ini merupakan hidangan khas Indonesia yang ternyata merupakan peninggalan zaman Belanda lho.

1. Semur

7 Menu Khas Indonesia Peninggalan Jaman Belanda Yang Bikin Kaget! 2
Photo Source: vemale.com
Siapa yang suka makan semur? Siapa sangka kalau hidangan "rumahan" dengan cita rasa manis dan gurih ini ternyata peninggalan Belanda lho. Istilah semur sendiri merupakan bahasa Belanda, yaitu smoor yang berarti rebusan. Di Belanda, semur merupakan rebusan daging dengan tomat dan bawang. Ketika masuk di Indonesia, semur sudah dipadukan dengan bumbu lokal, seperti kecap manis, pala, hingga cengkeh.

2. Kue Cubit

7 Menu Khas Indonesia Peninggalan Jaman Belanda Yang Bikin Kaget! 3
Photo Source: masteresep
Yang satu ini merupakan jajanan pinggir jalan yang digemari hampir semua orang disetiap kalangan umur. Teksturnya yang lembut, serta rasanya yang manis memang membuat setiap orang ketagihan. Konon, kue cubit merupakan adaptasi dari kue poffertjes asal Belanda lho.

3. Perkedel

7 Menu Khas Indonesia Peninggalan Jaman Belanda Yang Bikin Kaget! 4
Photo Source: dapurkobe.co.id
Olahan kentang tumbuk yang seringkali dijadikan side dish satu ini ternyata berasal dari Belanda lho. Berasal dari kata frikadeller, di Belanda, perkedel terbuat dari cincangan daging. Namun, di Indonesia, perkedel terbuat dari kentang tumbuk yang kemudian di goreng.

4. Lapis Legit

7 Menu Khas Indonesia Peninggalan Jaman Belanda Yang Bikin Kaget! 5
Photo Source: travel.kompas.com
Kue yang berlapis-lapis, dengan rasa yang manis legit ini ternyata merupakan kue yang selalu disajikan pada saat jamuan makan pada zaman kolonial Belanda lho. Dulu, lapis legit lebih dikenal dengan nama spekuk yang ternyata dibutuhkan kesabaran yang besar pada saat proses pembuatannya.

5. Dadar Gulung

7 Menu Khas Indonesia Peninggalan Jaman Belanda Yang Bikin Kaget! 6
Photo Source: kuekering
Sangat sederhana, siapa sangka kalo dadar gulung merupakan kue yang mendapat pengaruh dari Belanda. Berisi parutan kelapa dan gula jawa, dadar gulung merupakan kue pasar idola banyak orang.

6. Roti Buaya

7 Menu Khas Indonesia Peninggalan Jaman Belanda Yang Bikin Kaget! 7
Photo Source: tokopedia
Roti yang identik dengan seserahan pernikahan khas Betawi ini, ternyata merupakan hidangan yang mendapatkan pengaruh dari zaman Belanda. Roti buaya dianggap sebagai simbol kesetiaan.

7. Selat Solo

7 Menu Khas Indonesia Peninggalan Jaman Belanda Yang Bikin Kaget! 8
Photo Source: unileverfoodsolutions
Hidangan kaum ningkrat di Keraton Solo satu ini ternyata merupakan kuliner peninggalan Belanda lho. Selat Solo merupakan kreasi lokal dari bistik ala Eropa. Berbeda dengan bistik ala Eropa yang memiliki saus kental, di Indonesia, selat Solo memiliki saus dengan tekstur yang lebih encer dan biasanya dihidangkan dengan kentang, wortel, serta telur.

8. Kroket

7 Menu Khas Indonesia Peninggalan Jaman Belanda Yang Bikin Kaget! 9
Photo Source: resepkoki
Jajanan pasar satu ini ternyata juga merupakan hidangan kuliner peninggalan zaman Belanda lho. Kroket merupakan sejenis gorengan yang berisi daging yang kemudian digoreng dengan menggunakan tepung panir. Cita rasanya yang asin dan gurih ternyata digemari banyak rakyat Indonesia hingga sekarang.

9. Klappertaart

7 Menu Khas Indonesia Peninggalan Jaman Belanda Yang Bikin Kaget! 10
Photo Source: pegipegi
Dessert yang menjadi kuliner khas Manado ini ternyata merupakan peninggalan Belanda lho. Terbuat dengan bahan dasar terigu, susu, gula, hingga buah kelapa, membuat banyak orang ketagihan dengan rasanya yang manis.