Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App

8 Tips Menjaga Kebugaran Tubuh Menjelang Puasa

Ria IsnaeniRia Isnaeni
Enggak terasa sebentar lagi Ramadhan akan datang. Bulan di mana para umat Muslim diwajibkan berpuasa selama satu bulan lamanya. Tentunya perubahan seperti ini akan berpengaruh kepada pola makan tubuh! Itu sebabnya ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk mempersiapkan tubuh agar tetap sehat dan fit saat sedang berpuasa.

1. Porsi Makanan

8 Tips Mempersiapkan Kebugaran Tubuh Menjelang Puasa - tipsdoktercantik
Photo Source: tipsdoktercantik
Beberapa diantara kita berfikir bahwa mengurangi porsi makan sekarang, dapat membantu kelancaran puasa. Nah ternyata, statement itu kurang tepat lho! Justru kamu dianjurkan untuk tidak mengurangi porsi makan. Karena pengurangan porsi makan ini justru akan meningkatkan rasa lapar dan dapat mempersulit puasa kamu.
Hal yang paling baik kamu lakukan adalah tidak mengurangi atau bahkan merubah porsi makan mu, hanya polanya saja yang harus kamu sesuaikan.

2. Sarapan

8 Tips Mempersiapkan Kebugaran Tubuh Menjelang Puasa - minixnews
Photo Source: minixnews
Seperti biasanya, sarapan adalah hal terpenting untuk tubuh dalam menyiapkan energi sehari-hari. Dengan membiasakan diri untuk melakukan sarapan, tubuh mu pun tidak akan kaget saat sedang sahur nantinya. Tips puasa ini sangat penting untuk nutrisi otak. Dengan asupan yang cukup, kamu dapat memenuhi kebutuhan energi tubuh untuk aktifitas sehari-hari.

3. Kurangi Kafein

8 Tips Mempersiapkan Kebugaran Tubuh Menjelang Puasa - Google Image
Photo Source: Google Image
Sulit rasanya untuk tidak mengkonsumsi teh atau kopi di pagi dan sore hari. Akan tetapi, demi kelancaran puasa, sebaiknya kamu mengurangi kudua minuman yang mengandung kafein ini.
Mengkonsumsi kafein dapat membuat tubuh jadi mudah dehidrasi. Jadi ketika kamu mengkonsumsi kafein, kamu bisa merasa lebih cepat haus dan lebih sering buang air kecil. Kebiasaan ini akan mengganggu puasa mu, jadi sebaiknya mulai kurangi konsumsi kafein ya.

4. Ngemil

8 Tips Mempersiapkan Kebugaran Tubuh Menjelang Puasa - loseweightfast.net
Photo Source: loseweightfast.net
Nah ini nih yang mungkin akan menjadi persiapan paling berat. Sebaiknya, kamu mengurangi kebiasaan kamu mengemil. Karena hal ini akan membuat puasa kamu lebih berat. Coba deh perlahan-lahan kurangi kebiasaan mengunyah mu agar ketika puasa kamu tidak mencari-cari cemilan untuk menyibukan mulut.

5. Jam Tidur

8 Tips Mempersiapkan Kebugaran Tubuh Menjelang Puasa - bebelac admin
Photo Source: bebelac admin
Mengatur jam tidur itu sangat penting! Karena saat memasuki bulan puasa nanti, kamu harus bangun lebih pagi untuk sahur. Kamu bisa mengatasi ini untuk mencoba tidur lebih awal.
Karena masalah tidur biasanya sering menjadi alasan kita untuk tidak sahur, dan ujung-ujungnya jadi tidak puasa. Mulai atur pola tidur, agar saat Ramadhan nanti, kamu tidak kesulitan untuk bangun labih pagi.

6. Stok Makanan

8 Tips Mempersiapkan Kebugaran Tubuh Menjelang Puasa - news.lewatmana.com
Photo Source: news.lewatmana.com
Persiapkan menu untuk sahur dan berbuka selama tujuh hari pertama! Siapkan bahan-bahannya ketika kamu masih berenergi penuh. Biasanya pola kerja kamu akan sedikit terpengaruhi karena puasa dan juga karena tidak terbiasa.
Hal ini akan membuat tubuh jadi cepat lelah sehingga badan rasanya jadi lebih malas untuk membeli atau menyiapkan makanan berbuka ataupun sahur. Ada baiknya sebelum memasuki bulan puasa, kamu menyediakan bahan makanan selama seminggu pertama yang mudah dan praktis untuk dibuat.

7. Kurangi Rokok

8 Tips Mempersiapkan Kebugaran Tubuh Menjelang Puasa - agenibcbetinfo.net
Photo Source: agenibcbetinfo.net
Buat kamu yang merokok, sebaiknya kamu kurangi rokok kamu selama siang hari saat mau berpuasa. Agar nanti jika kamu mulai berpuasa, kamu tidak akan merasa canggung lagi.

8. Konsultasi Ke Dokter

8 Tips Mempersiapkan Kebugaran Tubuh Menjelang Puasa - tabloidbintang
Photo Source: tabloidbintang
Jika kamu memiliki riwayat penyakit tertentu, ada baiknya jika kamu berkonsultasi dengan dokter mu. Apalagi buat kamu yang ada keluhan darah rendah, atau asam lambung. Karena menjegah akan selau lebih baik dari pada mengobati, iya kan?