Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App
Qraved x GoFood8 Tips Membuat Salad Buah Segar

8 Tips Membuat Salad Buah Segar

Ria IsnaeniRia Isnaeni
Selain lebih segar, salad buah memberikan rasa yang lebih seru dengan penampilan warna yang lebih beragam. Campuran buah-buahan segar dan dressing yang membuat salad jadi lebih nikmat untuk disantap.
8 Tips Seru untuk Menambah Cita Rasa Salad Buah Mu! - dradioqu
Photo Source: dradioqu
Walaupun sekarang ini banyak sekali jenis-jenis salad buah yang dijual di pasaran, salad yang segar dan nikmat ini juga dapat kamu buat sendiri di rumah. Selain lebih higienis dan praktis, salad buatan sendiri biasanya lebih seru dan bisa lebih variatif. Berikut tips-tips yang bisa kamu gunakan saat membuat salad buah ala kamu sendiri.

1. Pilih Buah Musiman

Memilih buah yang segar dan manis memang bukan pekerjaan yang mudah. Itu sebabnya memperhatikan musim buah bisa menjadi salah satu trik yang dapat kamu aplikasikan.
8 Tips Seru untuk Menambah Cita Rasa Salad Buah Mu! - lobbyinfo
Photo Source: lobbyinfo
Tekstur dan rasa buah yang sedang "musim" biasanya lebih nikmat dan lebih manis. Buah musiman ini biasanya lebih spesial karena setiap buah yang tumbuh di musimnya memiliki rasa lezat yang tumbuh secara alami tanpa bahan kimia apapun untuk mempercepat pertumbuhan buah. Biasanya rasa nya akan lebih segar, manis dan pastinya sehat.
Contoh-contoh buah yang musiman adalah duku, manggis, mangga, durian, salak dan rambutan, bisa kamu gunakan saat musim nya telah tiba.

2. Memilih Tingkat Kematangan yang Sama

Salah satu trik membuat salad buah mu lebih nikmat adalah dengan memilih tingkat kematangan yang sama pada buah-buah yang kamu pilih.
8 Tips Seru untuk Menambah Cita Rasa Salad Buah Mu! - Ulya
Photo Source: Ulya
Kesegaran yang sama akan memberikan cita rasa yang lebih nikmat pada makanan sehatmu. Tidak hanya buah yang tidak matang, buah yang sudah terlalu lama matang juga dapat merusak rasa serta tampilan dari salad buah mu. Itu sebabnya akan lebih baik jika kamu memilih buah-buahan yang memiliki tingkat kematangan dan rasa yang sama, pasti membuat kreasi salad lebih nikmat untuk disantap.

3. Kombinasi Buah

Tidak bisa di pungkiri tekstur dan warna buah dapat mempengaruhi appetite saat mengkonsumsinya.
8 Tips Seru untuk Menambah Cita Rasa Salad Buah Mu! - milliyet
Photo Source: milliyet
Tidak hanya warna, tekstur yang berbeda pun juga memberikan sensasi yang berbeda. Contohnya, tekstur dari renyahnya buah pear dan lembutnya kiwi atau buah naga yang membuah kunyahan lebih bervariasi dan menghilangkan rasa monoton saat mengkonsumsi salad buah.

4. Hilangkan Biji Buah

Salah satu tingkat ketelitian yang diperlukan saat mengolah salad buah adalah membuah biji-biji yang ada pada buah tersebut. Walaupun biji pada anggur, jeruk atau semangka itu kecil, tetapi keberadaannya terkadang jadi sedikit mengganggu.
8 Tips Seru untuk Menambah Cita Rasa Salad Buah Mu! - bujikuda
Photo Source: bujikuda
Apalagi kalau tidak sengaja mengigit bji buah yang membuah nafsu makan jadi berkurang karena rasa pahit yang dikeluarkan. Tidak hanya itu, tampilan dari salad buah pun juga jadi kurang menarik.

5. Variasi Potongan Buah

8 Tips Seru untuk Menambah Cita Rasa Salad Buah Mu! - Into
Photo Source: Into
Trik ini dapat kamu gunakan untuk membuat mangkuk buah mu jadi lebih menarik. Potongan buah yang bervariasi akan memberikan cita rasa yang lebih menggugah selera. Bentuk dan ukuran yang serupa akan membuat salad terlihat lebih rapi, tertata dan juga memudahkan mu dalam menyantap tiap potongannya.

6. Tambahan Perasan Air Lemon & Daun Mint

8 Tips Seru untuk Menambah Cita Rasa Salad Buah Mu! - Tempo.co
Photo Source: Tempo.co
Air lemon memang dipercaya dapat memberikan rasa yang lebih segar. Perasan lemon ini juga dipercaya dapat membuat kesegaran salad dapat bertahan lebih lama. Air jeruk lemon juga dapat memperlambat perubahan warna pada buah.
8 Tips Seru untuk Menambah Cita Rasa Salad Buah Mu! - Go Doc
Photo Source: Go Doc
Sedangkan daun mint biasanya digunakan sebagai garnish atau hiasan untuk mempercantik tampilan salad buah. Penambahan daun mint pada makanan seperti salad akan memberikan sensasi segar saat menyantap makanan itu. Dianjurkan untuk kamu menambahkan beberapa helai daun mint agar cita rasa salad lebih segar dan aroma lebih menggoda.

7. Taburkan Gula

8 Tips Seru untuk Menambah Cita Rasa Salad Buah Mu! - finance.detik.com
Photo Source: finance.detik.com
Jika kita tidak teliti dalam memilih buah, terkadang ada beberapa bagian dari buah yang masih mentah atau keras, sehingga membuat santapan jadi kurang nikmat. Taburkan gula pasir dan aduk hingga larut. Gula pasir di salad membuat tekstur buah-buahan jadi lebih lunak.

8. Campurkan dengan Plain Yoghurt

Banyak sekali khasiat yang bisa kamu dapatkan dari Yoghurt. Selain itu, plain yoghurt itu akan membuat cita rasa dari salad sehat mu menjadi lebih creamy. Kamu pun tidak perlu khawatir dengan nutrisi buah, karena Yoghurt tidak akan merusak komponen yang ada pada buah.
8 Tips Seru untuk Menambah Cita Rasa Salad Buah Mu! - Kimberly Gillan
Photo Source: Kimberly Gillan
Justru sebaliknya, Yoghurt memiliki beragam bakteri baik seperti Lactobacillus, Streptococcus dan bakteri-bakteri baik lainnya yang berguna bagi sistem pencernaan tubuh.
Qraved | Life is Tasty