Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App

7 Olahan Daging Mentah yang Populer di Beberapa Negara

Happy FerdianHappy Ferdian
Sebagai masyarakat lekat dengan penggunaan bumbu dalam setiap olahan masakannya, mayoritas orang Indonesia tidak mengenal dan kurang suka dengan makanan daging mentah. Padahal di berbagai belahan dunia, dikenal sederet makanan berbahan baku daging mentah yang populer tidak hanya di kampung halamannya saja, melainkan juga mengglobal, seperti sashimi dari Jepang misalnya. Umumnya meang sajian mentah diolah dari bahan baku seafood, namun ada pula beberapa tradisi yang menggunakan daging di luar ikan, seperti sapi dan kambing. Kunci utama agar sajian jenis ini terasa nikmat adalah faktor kesegaran, dan juga 'timing' dalam mengolahnya.
Berikut adalah tujuh makanan berbahan baku daging mentah yang populer di berbagai belahan dunia.

1. Sashimi

Siapa tidak kenal dengan sajian yang kerap disajikan bersama sushi ini. Sashimi adalah nama dalam bahasa Jepang yang merujuk pada aneka sajian berbahan baku daging seafood mentah. Biasanya berasal dari irisan tuna, salmon, ataupun ikan laut lainnya yang segar. Selain itu, terkadang juga turut disajikan irisan gurita, babi laut, dan tiram pilihan.

2. Poke

Ini merupakan sajian khas Hawaii yang menggunakan bahan baku potongan dadu ikan tuna atau gurita mentah, dan kemudian dibumbui dengan kecap, minyak wijen, rumput laut, dan daun bawang. Poke juga dapat ditemukan dengan berbagai variasi ikan yang berbeda, seperti salmon hingga kerang. Di tempat lain, poke dibuat dengan saya berbeda dengan menambahkan mayonnaise, wasabi atau mayonnaise sriracha.

3. Sok lek

 - Migrationology
Photo Source: Migrationology
Thailand juga punya menu andalan berbahan baku daging mentah, yang biasanya terbuat dari daging sapi dengan siraman darah segar dari hewan tersebut. Namun, jangan berpikir bahwa hal tersebut akan membuat mual, karena telah dibumbui aneka rempah dan sedikit alkohol, sehingga menghilangkan bau amis, sekaligus menguatan cita rasa meaty.

4. Kitfo

7 Olahan Daging Mentah yang Populer di Seluruh Dunia - migrationology.
Photo Source: migrationology.
Ini merupakan sajian khas Ethiopia, yang belakangan terkenal di Amerika Serikat, dan kerap disebut sebagai "burger Afrika". Penyajian kifto sangatlah unik, di mana cincangan daging sapi mentah dicampur dengan mentega, sehingga terasa sangat gurih saat disantap. Sajian ini disantap bersama dengan aneka roti khas Etiophia seperti kocho dan injera, atau bisa juga memakannya dengan keju.

5. Carpacio

 - Anova Recipes
Photo Source: Anova Recipes
Jika ke restoran khas Italia, biasanya kamu akan menemukan menu sebagai bagain dari deretan appetizer. Uniknya makanan ini selalu dihadirkan dalam palet warna merah dan putih, yang merupakan kombinasi warna favorit pelukis dengan nama serupa seperti sajian ini, Vittore Carpacio. Ada dua versi, yakni yang benar-benar mentah atau setenagh diasap. Dua-duanya terasa nikmat ketika disantap dengan perasan air lemon, minyak zaitun, dan garam.

6. Yukheo

 - Flickr
Photo Source: Flickr
Buat kamu yang gemar menyaksikan drama Korea, pasti setidaknya pernah melihat atau mendengar nama makanan ini terselip di salah satu adegannya. Makanan yang berperan sebagai kudapan pendamping minum bir atau soju ini, terbuat dari daging sapi mentah yang dicincang dan dibumbui oleh bawang putih, kecap asin, minyak wijen, buah pir, dan gual. Terkadang, sajian ini juga kerap disantap dengan nasi hangat di saat makan malam.

7. Steak Tartare

 - Jesspryles
Photo Source: Jesspryles
Menu ini paling banyak ditemukan di berbagai restoran fine dining, yang awalnya berasal dari tradisi kuliner Inggris. Meski terlihat sederhana, namun di dalam cincangan daging merah, baik sapi ataupun domba, telah tercampur dengan sempurna beberapa bumbu pilihan, seperti capers, ghekins, dan bawang bombay. Karena perpaduan bumbu yang harum tersebut, membuat steak tartare ini tidak berbau amis, dan juga kerap kali mengelabui orang tidak mengirannya sebagai sajian mentah.