Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App

7 Menu Telur yang Enaknya Selalu Nempel di Lidah Orang Indonesia

Happy FerdianHappy Ferdian
Telur ayam telah menjadi bagian dari sejarah panjang kuliner banyak daerah di Indonesia. Hal ini terbukti dari kemunculannya sebagai bahan baku pendamping di beberapa masakan tradisional. Tidak jarang pula, telur menjadi bahan baku utama dalam sebuah sajian, yang kemudian digemari oleh komunitas masyarakat di suatu tempat, sehingga akhirnya menjadi makanan khas lokal. Menariknya lagi, telur dapat diolah menjadi beragam jenis bentuk dan makanan, mulai dari versi rebus yang sederhana, hingga adonan serupa omelet, semua terasa lezat. Berikut adalah tujuh hidangan berbahan baku telur khas Indonesia yang rasanya dijamin lezat. Adakah yang sudah pernah kamu coba?
Jangan lupa download aplikasi Qraved untuk temukan beragam informasi kuliner menarik lainnya.

Telur Balado

 - Taste Made
Photo Source: Taste Made
Berasal dari tanah Minangkabau, sajian ini begitu populer di seantero Indonesia karena kenikmatan rasanya, meski hadir dalam tampilan yang sederhana. Telur rebus digoreng secukupnya hingga terasa garing di bagian luar, lalu dimasak kembali dalam bumbu balado atau sambal goreng, yang bercita rasa gurih pedas. Penggunaan cabai merah, bawang merah, dan bawang putih yang melimpah, menjadikan aroma bumbu sajian ini begitu harum, sehingga mampu meningkatkan nafsu makan.

Kerak Telor

 - Pegi-Pegi
Photo Source: Pegi-Pegi
Sajian ini lebih tepat disebut sebagai camilan, dibandingkan lauk, di mana biasanya hadir sebagai hidangan pendamping di banyak pesta masyarakat Betawi. Meski tampilannya sederhana, namun pembuatannya bisa dibilang cukup kompleks. Pertama-tama ketan putih setengah tanah dicampur dengan telur ayam, dan ebi, lalu kemudian disangrai hingga berbentuk kerak yang mengikuti kontur wajah. Setelahnya, ditambahkan bumbu halus dan kelapa parut sangrai, sebelum kemudian disanyap hangat dalam sentuhan aroma smoky yang nikmat. Pengin mencicipi kerak telor mantap? Ke restoran ini aja.

Rendang Talua

 - Rumah Mesin
Photo Source: Rumah Mesin
Rendang adalah cara masak sekaligus pengawetan makanan khas Minangkabau, yang bisa dipadukan dengan beragam protein, mulai dari daging sapi, ayam, hingga telur. Bahan baku yang paling terakhir disebut tampil istimewa di tangan masyarakat Payakumbuh, yakni berbentuk adonan telur dan tepung yang diris tipis, lalu diaduk teratur di atas api kecil hingga kering seperti keripik. Rendang Talua bisa disantap sebagai camilan, atau pelengkap soto Padang, dan juga tetap terasa enak meski hanya disantap dengan nasi putih hangat.

Pindang Telur

Pindang merupakan nama teknik memasak khas masyarakat Peranakan yang populer di sebagian wilayah Asia Tenggara, yakni memasak telur rebus dalam bumbu herba, hingga meresap sempurna dan menciptakan harum yang nikmat. Namun khusus di Indonesia, pindang telur hadir dalam cita rasa manis berkat penggunaan campuran kecap dan gula Jawa. Biasanya, pindang telur disantap sebagai sajian pendamping bagi hidangan Gudeg di Jogja, atau Nasi Liwet di Solo.

Semur Telur

 - Resepcaramasak.org
Photo Source: Resepcaramasak.org
Jika pindang telur bersifat kering, semur adalah versi basahnya, di mana bumbu kedua makanan ini hampir serupa. Semur merupakan hidangan kebanggaan masyarakat Betawi dan sebagian Jawa Barat, yang memiliki karakter manis kecap lebih ringan dibandingkan pindang. Biasanya, semur telur menjadi pendamping hidangan Nasi Uduk khas Betawi. Menariknya lagi, semur telur juga bisa ditambahkan dengan berbagai isian lainnya, seperti kentang, tahu, dan terkadang juga jengkol. Jika tidak dengan nasi uduk, semur telur paling enak disantap bersama nasi putih hangat yang bertekstur pulen.

Telur Asin

 - Balubu
Photo Source: Balubu
Telur asin merupakan salah satu warisan kuliner Peranakan yang berkembang pesat di kawasan Pantai Utara Jawa. Telur asin terbuat dari telur bebek yang diolah dengan cara disekam dalam balutan lumpur dan garam, sehingga menciptakan tekstur kesat pada bagian putih dan kuningnya. Selain itu, proses sekam tersebut juga menciptakan rasa gurih berpasir yang unik. Telur asin bisa disantap langsung sebagai camilan sehat, atau menjadi pelengkap berbagai hidangan lokal favorit, seperti Rawon misalnya. Sekarang, telur asin juga kian banyak digunakan sebagai bumbu dasar hidangan, yang menciptakan tekstur gurih nan creamy. Yummy!

Tahu Telur

 - Anakkosdot
Photo Source: Anakkosdot
Sajian khas Jawa Timur ini tampil sederhana, namun memiliki cita rasa yang kuat, berkat tambahan petis di bumbunya. Potongan tahu dimasak dalam adonan telur dadar, kemudian digoreng dalam minyak panas yang cukup banyak, sehingga menciptakan tekstur fluffy. Kemudian, adonan tahu telur ini disiram oleh bumbu petis yang sediit pedas. Biasanya, tahu talur disantap sebagai kudapan malam, dengan ditemani oleh secangkir es teh manis. Untuk menu yang satu ini kamu bisa temukan di restoran ini lho.