Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App

7 Menu Sarapan dengan Telur yang Paling Populer di Dunia

Happy FerdianHappy Ferdian
Telur adalah bahan pangan yang luar biasa, yang bisa diolah menjadi beragam makanan lezat, dan mudah diterima oleh banyak orang di seluruh dunia. Tidak terkecuali untuk sarapan, telur bisa menjadi sumber manfaat sehat yang tak terhingga, karena terdiri dari protein, lemak sehat dan kolin yang membantu perkuat fungsi otak. Selain disajikan sebagai omelet dan sunny side up, telur juga ternyata menjelma menjadi bahan baku favorit banyak beragam menu sarapan di seluruh dunia berikut.
Download aplikasi Qraved untuk temukan beragam informasi kuliner menarik lainnya.
1. Full English Breakfast - Inggris
 - Reddit
Photo Source: Reddit
Juga dikenal sebagai "fry-up", sarapan tradisional Inggris ini terdiri dari telur mata sapi, baked beans, jamur, tomat, sosis, bacon, dan roti panggang. Biasanya hidangan ini disajikan dengan secangkir teh panas, yang umumnya menggunakan jenis teh earl grey yang harum.
2. Banitsa - Bulgaria
Di negara Eropa Tengah ini, telur juga populer sebagai bahan baku untuk menu sarapan, yakni dalam wujud Banitsa. Ini merupakan nama dari olahan telur yang dibuat dadar dengan issian keju feta yang beraroma kuat. Biasanya, Banitsa disantap bersama dengan roti panggang, acar, dan secangkir kopi.
3. Bánh mì op la - Vietnam
 - Flavour Boulevard
Photo Source: Flavour Boulevard
Banh mì, yang merupakan roti khas Vietnam, berasal dari akulturasi dengan pengaruh kuliner kolonial Prancis. Menu ini disajikan dengan isian telur orak-arik, irisan sosis goreng, dan bawang karamel, yang ditangkupkan secara padar, untuk kemudian disantap dengan secangkir kopi Robusta atau teh earl grey.
4. Shakshuka - Israel
 - Fresh off the Grid
Photo Source: Fresh off the Grid
Shakshuka adalah sarapan yang tampil sangat berwarna, dan kerap disebut sebagai penyemangat pagi paling ampuh bagi masyarakat Israel. Hidangan ini terbuat dari adonan telur yang dipanggang bersama saus tomat, dan dibumbui cabai, jintan, dan paprika. Perpaduan inilah yang kemudian menciptakan sensasi warna unik di permukaan dan bagian dalam adonan. Teksturnya fluffy, dan akan lebih nikmat jika disantap dalam kondisi hangat.
5. Jajecznica - Polandia
 - wszelkieprzepisy
Photo Source: wszelkieprzepisy
Hidangan ini sangat sederhana dalam tampilannya, namun luar biasa lezat ketika disantap. Sajian ini hanya terdiri dari dua isian utama, yakni telur orak-arik dan sosis homemade yang digoreng tanpa minyak. Telur orak-ariknya sendiri terasa unik karena menggunakan garam laut murni, sehingga menciptaka karakter gurih yang intens. Adapun sosisnya, merupakan perpaduan daging babi dan sapi pilihan yang diolah dengan bumbu khas, sehingga bertekstur lembut sekaligus kenyal.
6. Perico - Venezuela
 - Stuff Nonsense
Photo Source: Stuff Nonsense
Sekilas tampilannya berantakan, namun jangan ditanya rasanya, sangat lezat. Berbeda dengan omelet pada umumnya, Perico menggunakan isian bawang, paprika, dan tomat, yang terlebih dahulu ditumis harum, sebelum kemudian dicampur ke dalam adonan telur, untuk kemudian digoreng hingga mengembang. Biasanya, menu ini disajikan bersama dengan roti.
7. Huevos Rancheros - Meksiko
 - Food Network
Photo Source: Food Network
Ini adalah menu sarapan yang paling terkenal dari Meksiko, dan bahkan menjadi inspirasi dari sajian Tex-mex yang mendunia. Dalam hidangan ini, telur orak-arik dijadikan sebagai isian tortila gandum dengan tambahan saus salsa, yang terbuat dari ketumbar, cabai, bawang, dan tomat. Untuk membawa makanan ke tingkat kenikmatan selanjutnya, biasanya ditambahkan alpukat, beras gaya Meksiko, dan kacang refried. Nikmat!