Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

7 Makanan Favorit Jokowi Saat di Istana Negara

Happy FerdianHappy Ferdian
Presiden Joko Widodo, atau akrab disapa Jokowi, dikenal sederhana dalam urusan makanan sehari-hari. Menu yang biasa disantapnya tidak jauh berbeda dengan menu kebanyakan orang Indoensia. Hal itu terungkap dari sebuah video yang viral di YouTube, di mana menampilkan juru masak istana yang bekerja sejak 2013, Tri Supriharjo, membocorkan menu makanan sehari-hari sangn pemimpin negara. Disebutkan bahwa presiden yang merupakan warga asli Solo itu sangat menyukai aneka masakan rumah, seperti sop ayam, sayur bayam, dan baceman. Berikut adalah tujuh makanan yang paling difavoritkan oleh Presiden Joko Widodo.
Download aplikasi Qraved untuk temukan beragam informasi kuliner menarik lainnya.

1. Sop Ayam

Uniknya 7 Makanan Favorit Presiden Joko Widodo 2
Photo Source: resepkoki
Berbeda dengan sup ayam konvensional, Sop Ayam mengandalkan kualitas cita rasa kaldunya, dan sama sekali tidak menggunakan tambahan sayuran, melainkan cukup ditaburi seledri dan bawang merah goreng. Untuk isiannya sendiri menggunakan daging ayam kampung, yang direbus lama, dan kemudian dipotong dalam ukuran besar. Kamu bisa menambahkan uritan (tekur yang sudah muncul embrio) atau gorengan sebagai pelengkap.

2. Sayur Bayam

Vebma,com3
Photo Source: source
Comfort food yang paling populer di Indonesia, semua orang menyukainya, dan mudah dimasak. Di masyarakat Jawa, sayur bayam dimasak polos, serta disantap bersama sambal dan tempe goreng. Namun di beberapa daerah lain, sayur bayam turut ditambahkan potongan jagung, dan terkadang jamur kuping, tergantung selera. Paling cocok sayur bayam disantap bersama nasi hangat dan sambal korek. Sedap!

3. Bacem

Uniknya 7 Makanan Favorit Presiden Joko Widodo 4
Photo Source: resepkoki
Bacem atau baceman merupakan sajian dari daerah Jawa Tengah, juga Yogyakarta bagian timur (Mataraman). Orang Yogyakarta menyukai bacem yang bercitarasa manis, yaitu dengan bumbu khas gula merah, sedangkan masyarakat di luar itu menyukai yang lebih gurih. Pada dasarnya, bacem merupakan cara pengolahan makanan untuk mengawetkan produk, biasanya adalah tempe dan tahu. Bacem bisa dinikmati langsung setelah masak, atau digoreng hingga bertekstur garing.

4. Teri Goreng

5
Photo Source: Vemale.com
Teri goreng merupakan sajian pendamping layaknya abon atau kerupuk, namun biasanya diolah dalam bumbu kering. Biasanya teri goreng disandingkan dengan sayuran berkuah bening, guna meningkat rasa. Atau bisa juga diolah kembali menjadi sambal yang pedas. Teri yang biasa digunakan adalah yang berukuran medium, sehingga masih terasa teksturnya.

5. Aneka Rebusan

Presiden Jokowi sangat menyukai aneka rebusan, mulai dari jagung, singkong, dan ubi. Bahkan kebiasaan menyantap rebusan itu dibawa ke lingkup pemerintahan, di mana banyak rapat institusi menghadirkan jenis makanan ini sebagai pengganti kudapan konvensional.

6. Bakwan

Uniknya 7 Makanan Favorit Presiden Joko Widodo 7
Photo Source: resepkoki
Bakwan adalah makanan gorengan yang terbuat dari sayuran dan tepung terigu yang lazim ditemukan di Indonesia. Bakwan biasanya merujuk kepada kudapan gorengan sayur-sayuran yang biasa dijual oleh penjaja keliling gorengan. Namun dalam budaya Jawa, bakwan biasanya digoreng dalam bentuk setengah bulat dengan tekstur spongy, alias tebal empuk.

7. Lentho

Uniknya 7 Makanan Favorit Presiden Joko Widodo 8
Photo Source: diahdidi
Lentho adalah kudapan yang kerap digunakan dalam racikan lontong balap di Surabaya. Lentho terbuat dari kacang tolo, tepung, singkong, kunyit, bawang daun, jeruk purut dan garam. Bentuk lentho bulat menyerupai perkedel dan digoreng hingga kecokelatan sebelum disajikan dengan lontong balap.