Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App

7 Kuliner Khas Indonesia yang Jadi Menu Atlet Asian Games 2018

Happy FerdianHappy Ferdian
Penanggung jawab makanan pada gelaran Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang adalah PT Gobel Dharma Sarana Karya, yang menyediakan 127 menu untuk sarapan dan 142 menu untuk makan siang serta makan malam. Menu-menu tersebut memiliki syarat utama yakni protein tinggi, guna memulihkan otot, yang disertai dengan asupan gizi lengkap lainnya. Tak luput juga peringatan alergi yang disesuaikan khusus dengan kebutuhan masing-masing atlet. Menariknya, di antara sekian banyak menu dari berbagai penjuru Asia, turut tersaji sederet makanan khas Nusantara yang lezat, seperti beberapa contoh di bawah ini.
Download aplikasi Qraved untuk temukan beragam informasi kuliner menarik lainnya.

1. Nasi Rawon

Makanan khas Jawa Timur ini memadukan nasi yang bertekstur pecah (pera') dengan rawon, yakni sup daging berkuah hitam yang terbuat dari campuran kluwek. Biasanya rawon disantap dengan tambahan tauge muda, telur asin, dan kerupuk udang.

2. Empal Gentong

Empal gentong adalah makanan khas masyarakat Cirebon, Jawa Barat. Makanan ini mirip dengan gulai (gule) dan dimasak menggunakan kayu bakar (pohon mangga) di dalam gentong (periuk tanah liat). Selain daging sapi, sajian ini juga turut menyertakan usus, babat, dan terkadang juga aneka jeroan lainnya.

3. Bakwan Malang

Ini bukanlah kudapan ringan, melainkan makanan berat yang biasa kita kenal sebagai bakso Malang. Ya, secara tampilan mungkin tidak jauh berbeda, namun masyarakat Malang selalu mengklaim bahwa karakter baksonya berbeda, lebih kenyal dan berukuran kecil seperti kerikil. Selain itu, kuahnya juga bercita rasa gurih sedikit asam, yang cocok ditambahkan sambal pedas dan kerupuk udang, saat menyantapnya.

4. Pempek

 - Qraved
Photo Source: Qraved
Pempek adalah makanan khas Palembang yang terbuat dari daging ikan yang digiling lembut dan tepung kanji (secara salah kaprah sering disebut sebagai "tepung sagu"), serta beberapa komposisi lain seperti isian telur rebus, bawang putih yang dihaluskan, penyedap rasa dan garam.

5. Soto Mie

 - Qraved
Photo Source: Qraved
Menu ini terdiri dari campuran daging sapi, kikil, usus, urat, babat, risol, kentang atau lobak rebus, mi kuning, tomat, serta kol, yang dipadu dengan kuah kaldu gurih, lalu ditaburi dengan daun bawang dan seledri. Semakin komplet dengan tambahan emping melinjo. Tidak lupa tambahan cabai merah yang menjadikan kuahnya berwarna kemerahan.

6. Lumpia Sayur

Terinspirasi dari hidangan khas Peranakan, lumpia sayur hadir dengan isian yang lebih Indonesia, seperti rebung, wortel, dan terkadang ditambah kol. Biasanya disajikan dalam dua varian, kukus dan goreng, yang masing-masing disantap dengan tambahan saus khusus berkarakter kental, dan cita rasa asin manis.

7. Kue Lumpur

7 Kuliner Khas Indonesia yang Dijadikan Menu Atlet Asian Games 2018 - resepkoki.id
Photo Source: resepkoki.id
Ini adalah penganan ringan dengan bahan utama santan, kentang, tepung terigu, dan telur. Sebagai pewangi, digunakan vanila dan seringkali diberi hiasan kismis dan kelapa muda iris di permukaannya. Kue ini tergolong kue basah sehingga tidak tahan disimpan lama.