Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App

7 Jenis Air Minum yang Ada Di Dunia, Mana yang Sering Kamu Minum?

Happy FerdianHappy Ferdian
Industri air kemasan yang kamu lihat saat ini, sejatinya telah eksis sejak lama, yakni lebih dari satu abad lalu. Kini, air minum dalam kemasan menajdi sumber hidrasi penting yang sehat dan sekaligus aman untuk dikonsumsi. Kamu mungkin tidak menyadar bahwa tidak sembarang air dalam botol bisa disebut "air kemasan". Air botolan dianggap sebagai produk makanan konsumen oleh Food and Drug Administration AS (FDA), dan juga BPOM di Indonesia, yang memiliki standar identitas yang ketat untuk air kemasan. kedua lembaga pemantau tersebyt mewajibkan bahwa "jenis" air harus secara jelas tercetak pada label semua air kemasan yang dijual di pasaran. Berikut adalah tujuh jenis air minum dalam kemasan wajib kamu ketahui.
Jangan lupa download aplikasi Qraved untuk temukan beragam informasi kuliner menarik lainnya.
1. Air Mineral dalam Kemasan
Wajib Tahu! 7 Jenis Air yang Layak untuk Diminum - tanindo.net
Photo Source: tanindo.net
Ini merupakan jenis air minum kemasan yang berasal dari mata air di dalam formasi bawah tanah, yang merupakan asal muasal aliran sungai. Sumber air mineral yang dikumpulkan dengan menggunakan kekuatan eksternal harus berasal dari lapisan bawah tanah yang sama seperti mata air, dan harus memiliki harus memiliki komposisi dan kualitas yang sama dengan air yang mengalir secara alami ke permukaan bumi.
2. Air yang Dimurnikan (Purified Water)
 - All About Water Filter
Photo Source: All About Water Filter
Ini merupakan air yang diproduksi dengan cara distilasi, deionisasi, reverse osmosis, atau proses lain, yang inti utamanya adalah menghilangkan bakteri dan kuman jahat. Nama produk lain yang sesuai untuk air kemasan yang diolah oleh salah satu proses di atas termasuk "air suling" jika diproduksi dengan distilasi, "air deionisasi" jika diproduksi oleh deionisasi, atau "air reverse osmosis" jika proses yang digunakan adalah reverse osmosis . Atau, "air minum" dapat digunakan dengan salah satu istilah pemurnian yang didefinisikan di atas, misalnya. "air minum yang dimurnikan" atau "air minum suling".

3. Air Alkaline
Wajib Tahu! 7 Jenis Air yang Layak untuk Diminum - wholefoodsmagazine
Photo Source: wholefoodsmagazine
Secara khusus, air alkaline adalah air alami yang mengandung tidak kurang dari 250 bagian mineral per juta total padatan terlarut. Air mineral dibedakan dari jenis air botol lainnya, melalui tingkat konstan dan proporsi relatif dari unsur mineral yang dikandung di sumber alaminya.

4. Sparkling Water
Wajib Tahu! 7 Jenis Air yang Layak untuk Diminum - quora.com
Photo Source: quora.com
Banyak yang salah menduga bahwa jenis air minum ini ditambahkan soda, padahal sejatinya diisi dengan beberapa gas tertentu yang serupa dengan yang ditemukan di mata air. Beragam gas ini, termasuk salah satunya karbondioksida dan oksigen murni, yang kemudian menyebabkan efek seperti minuman bersoda.

5. Air Artesis
 - Dreamstime
Photo Source: Dreamstime
Istilah artesis merujuk pada sumber air yang berasal dari lapisan aquifer, atau lapisan penyaring alami di bawah permukaan tanah. Air ini disedot dari wilayah endapan air yang telah tersaring pasir-pasir halus, lalu kemudian diolah untuk menyaring elektrolit dan zat kimia bermanfaat yang dikandungnya. Salah satu merek paling populer dari jenis air minum ini adalah Fiji Water, yang diambil langsung dari sumber alami di Kepulauan Fiji, Pasifik Selatan.

6. Air Sumur
 - Evac.com
Photo Source: Evac.com
Eits, jangan berpikir bahwa ini merupakan air mentah yang langsung diambil dari sembarang sumur. Secara teknis, sumber air ini memang diambil dari sumur, namun bukan sumur buatan, melainkan alami hasil bentukan alam. Hanya ada sebagian kecil sumur alam yang mampu menghasilkan air layak minum ini. Beberapa contoh air sumur yang paling dikenal adalah Cokro Tulung di Klaten, Jawa Tengah.
7. Air keran (Tap Water)
Wajib Tahu! 7 Jenis Air yang Layak untuk Diminum - thecostaricanews
Photo Source: thecostaricanews
Air jenis ini bisa diminum langsung dari keran, dan biasanya tersedia secara khusus di wilayah tertentu yang memiliki fasilitas kelola yang memadai. Beberapa kota besar di dunia, seperti Singapura, Hong Kong, dan Sydney, telah menerapkan teknologi ini sejak lama, yang biasanya ditempatkan di lokasi keramaian, seperti taman publik, stasiun, bandara, dan lain sebagainya.