Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App

7 Hidangan Lezat Vietnam yang Wajib Kamu Ketahui

Sharima UmayaSharima Umaya
Hidangan khas Vietnam terkenal sebagai hidangan yang sehat dan kaya akan rasa. Hal ini berasal dari kombinasi rempah regar dan sayuran, yang biasanya dipasangkan dengan nasi, mie, seafood, pork, atau beef.
Tipikal hidangan Vietanam terdiri atas nasi atau sup, lauk pauk berupa daging atau seafood, sayur mayur, sup, serta nuoc cham atau saus ikan yang difermentasi sebagai dipping. Mungkin mayoritas orang hanya mengenal pho atau spring rolls, namun masih banyak sekali hidangan Vietnam lain yang tidak kalah enaknya.
Ingin tahu lebih lanjut, berbagai hidangan yang ada di Vietnam biar kamu lebih paham saat membuka buku menu di restoran Vietnam? Sebelum itu, jangan lupa download aplikasi Qraved biar update terus dengan berbagai macam informasi seputar kuliner. Kamu juga bisa mendapatkan beragam voucher menarik dari Qraved, lho!

1. Pho

Food Encyclopedia: 10 Hidangan Vietnam Populer yang Wajib Kamu Ketahui  - Plating and Pairings
Photo Source: Plating and Pairings
Menu yang satu ini pasti sudah dikenal oleh sebagian besar orang. Pho merupakan signature dish dari Vietnam. Hidangan ini terdiri atas mie yang terbuat dari beras, dihidangkan di sup yang flavourful dengan daging dan berbagai macam sayuran seperti tauge, jeruk nipis, dan rempah yang segar seperti basil, mint, cilantro, serta potongan bawang bombay. Selain itu, Pho juga dilengkapi dengan nuoc cham dan chili sauce. Pho pada umumnya disantap saat sarapan. Terdapat berbagai jenis pho tergantung dari isinya: Tai (beef slices), bo vien (beef meatballs) atau nam (beef flank).

2. Bahn Mi

Food Encyclopedia: 10 Hidangan Vietnam Populer yang Wajib Kamu Ketahui  - Taste
Photo Source: Taste
Pengaruh dari Perancis menghasilkan Bahn Mi, sebuah hidangan unik yang mengkombinasikan kecintaan bangsa Perancis terhadap roti namun tetap menggunakan bahan-bahan segar khas Vietnam.
Sandwich ini sangat cocok dikonsumsi apabila kamu membutuhkan makanan yang cepat saji, namun mengenyangkan. Bahn Mi terdiri atas roasted baguette sandwich, pickled vegetables, pate, butter, soy sauce, cilantro, chillies, dan hot peppers. Untuk melengkapi isi Bahn Mi, terdapat berbagai macam pilihan fillings dari daging seperti heo quay (roasted pork belly), trung op la (fried egg), thit nuong (grilled pork loin), cha ca (fried fish with turmeric and dill), cha lua (boiled sausages), xa xiu (Chinese barbecued pork), dan thit ga (poached chicken).

3. Bahn Xeo

Food Encyclopedia: 10 Hidangan Vietnam Populer yang Wajib Kamu Ketahui  - Taste
Photo Source: Taste
Bahn Xeo dibuat dari tepung beras, santan, dan kunyit. Bentuknya sendiri mirip dengan crepes atau pancake. Kamu bisa mengisi Bahn Xeo dengan bihun, chicken, pork atau beef slices, shrimps, sliced onions, bean sprouts, dan mushrooms.
Bahn Xeo sering dihidangkan bersamaan dengan selada atau rice papers. Coba deh, makan Bahn Xeo seperti local people dengan membungkus Bahn Xeo dengan mustard leaf, lettuce, atau rice papers, bersamaan dengan nem lui (lemongrass pork skewers), mint, basil, sebelum di dip ke fermented peanut sauce.

4. Gui Cuon

Food Encyclopedia: 10 Hidangan Vietnam Populer yang Wajib Kamu Ketahui  - Recipe Tin Eats
Photo Source: Recipe Tin Eats
Goi cuon (Vietnamese fresh spring rolls) terdiri atas bihun, pork slices, shrimp, basil, lettuce, semua dibungkus oleh bahn trang (rice paper). Goi cuon biasa dicocol dengan saus cabai dan saus yang terbuat dari hoisin sauce dan kacang yang dihancurkan. Goi cuon biasanya banyak dikonsumsi sebagai alternatif dari konsumsi cha gio, yaitu spring rolls yang diolah dengan teknik deep fried.

5. Mi Quang

Food Encyclopedia: 7 Hidangan Vietnam Populer yang Wajib Kamu Ketahui  - Golden Spoon Awards
Photo Source: Golden Spoon Awards
Mi Quang berasal dari kota Da Nang. Hidangan ini sangat gampang dikenali karena warna mienya yang berwarna kuning. Hidangan ini mencampurkan kaldu yang berasal dari tulang, saus ikan, black pepper, this dish is a hearty mix of bone broth seasoned with fish sauce, merica, bawang merah, dan bawang putih. Tak hanya itu, hidangan ini juga dilengkapi denga daging-dagingan seperti udang dan babi panggang. As with most Vietnamese dishes, mi quang also comes with a variety of herbs, including basil, peanuts, coriander, lettuce, sliced banana flowers, and sesame rice crackers.

6. Com Tam

Food Encyclopedia: 7 Hidangan Vietnam Populer yang Wajib Kamu Ketahui  - Phocow Cali
Photo Source: Phocow Cali
Com tam secara harfiah memiliki arti ‘broken rice’ di Bahasa Vietnam. Pada umumnya, com tam disajikan dengan telur goreng, daun bawang yang dipotong dadu, dan daging seperti suon nuong (barbercued pork chop), bi (shredded pork skin), dan cha trung (steamed pork and egg patty). Com tam juga dihidangkan bersama side dish seperti pickled vegetables, cucumber slices, dan tentunya nuoc cham!

7. Xoi Xeo

Food Encyclopedia: 7 Hidangan Vietnam Populer yang Wajib Kamu Ketahui  - Silk Path Hotel
Photo Source: Silk Path Hotel
Xoi Xeo merupakan snack Vietnam dimana seperti martabak, ada yang memiliki rasa manis dan ada juga yang asin, tergantung dari topping. Snack ini untuk versi savoury biasanya menggunakan topping berupa pasta kacang hijau, kecap, dan bawang goreng. Untuk topping yang manis, biasanya Xoi Xeo terdiri atas parutan kelapa, wijen, serta gula yang dikristalisasi.