Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App

7 Fakta Menarik Tentang Konsumsi Makanan di Seluruh Dunia

Ria IsnaeniRia Isnaeni
Setiap negara memiliki ciri khas makanan nya tersendiri yang berbeda-beda dari mulai cara penyajiannya hingga penggunaan bahan baku yang menjadi ciri khas dari negara tersebut. Ternyata banyak banget fakta-fakta unik dari makanan yang biasa kita konsumsi sehari-hari dari berbagai negara. Berikut ulasan 10 fakta unik tentang konsumsi makanan di seluruh dunia.

1. Lada

Rempah-rempah yang biasa kita konsumsi untuk menambah rasa pedas pada makanan ini memiliki nilai sejarah yang cukup banyak, salah satu diantaranya adalah pada waktu perang dunia pertama saat Indonesia masih di jajah oleh Belanda yang mana rempah-rempah termasuk lada menjadi sebuah komoditas yang diincar oleh para kaum Belanda.
10 Fakta Menarik Tentang Konsumsi Makanan di Seluruh Dunia - thespicehouse
Photo Source: thespicehouse
Bumbu dapur yang sering dikenal sebagai The King of Spice ini ternyata paling banyak di konsumsi di India. Pada abad ke-15 lada dibawa dan dikenalkan oleh kaum Portugis di India, dan hingga saat ini lada menjadi salah satu bahan makanan yang sangat populer. Seperti yang kita ketahui, India sangat terkenal dengan makanan nya yang kaya akan rempah-rempah dan salah satunya adalah lada. Lada atau merica ini juga menjadi komoditas terbesar di India dan memiliki salah satu jenis lada yang sangat terkenal yaitu Bhut Jolokia atau yang biasa dikenal dengan Ghost Chili.

2. Tomat

Bahan makanan yang satu ini memang sering banget menjadi perdebatan oleh banyak orang untuk mengidentifikasikannya, apakah tomat itu termasuk dalam buah-buahan atau sayur-sayuran? Pada dasarnya tomat termasuk dalam buah karena struktur benih dan tanamannya yang berbunga. Namun hal ini ditentang karena penggunaan tomat yang lebih umum digunakan sebagai bagian dari sayuran seperti salad, sup, dan sandwich.
10 Fakta Menarik Tentang Konsumsi Makanan di Seluruh Dunia - Arinda Veratamala
Photo Source: Arinda Veratamala
Siapa yang sangka, tomat yang menjadi perdebatan oleh banyak orang ini ternyata juga memiliki fakta unik dari sejarah negara Italia. Negara yang berada di benua Eropa ini ternyata baru mulai dikonsumsi oleh bangsa Italia pada abad ke-16 lho. Tomat pertama kali di bawa oleh bangsa Amerika ke Italia pada awal abad ke-15, pada saat itu bangsa Italia menganggap tomat merupakan bahan makanan yang beracun dan hanya digunakan sebagai hiasan saja. Hingga pada awal abad ke-16 beberapa juru masak mulai bereksperimen dengan tomat untuk digunakan sebagai bahan makanan dan pada abad ke-17 tomat mulai dikenal sebagai saus tomatnya.

3. Singkong

Kalau kamu denger makanan yang satu ini pasti yang terlintas di fikiran mu adalah keripik singkong. Makanan yang terkenal dengan olahan keripiknya ini memang sangat melekat untuk orang Indonesia dan menjadi salah satu makanan yang masih dikonsumsi sehari-hari di beberapa daerah di Indonesia. Selain dibuat menjadi keripik, beberapa daerah di Indonesia juga menyajikannya dengan cara di rebus atau di kukus dan menjadi makanan utama.
10 Fakta Menarik Tentang Konsumsi Makanan di Seluruh Dunia - thepioneerwoman
Photo Source: thepioneerwoman
Ternyata singkong juga memiliki karbohidrat yang tinggi. Walaupun makanan yang satu ini tidak terlalu dikenal di beberapa negara seperti salah satunya adalah Amerika, namun makanan yang satu ini ternyata menduduki peringkat ketiga makanan dengan karbohidrat tertinggi setelah nasi dan gandum. Di beberapa negara seperti di Indonesia bagian timur dan juga Afrika, singkong biasa dimakan dengan cara direbus dan dimakan dengan utuh layaknya kentang yang dikukus.

4. Makanan Mentah

Sushi dan sashimi adalah salah satu makanan yang disajikan dengan mentah tanpa proses pemasakan seperti di goreng atau pun di kukus. Walaupun disajikan mentah, makanan yang satu ternyata banyak banget penggemarnya di belahan dunia. Beberapa makanan yang disajikan dengan mentah ternyata dapat mematikan apabila penyajiannya yang salah.
10 Fakta Menarik Tentang Konsumsi Makanan di Seluruh Dunia - treehugger
Photo Source: treehugger
Ternyata tidak cuma Jepang yang menyajikan makananan tanpa dimasak terlebih dahulu. Beberapa negara lain seperti di Eropa juga memiliki makanan khas disajikan dengan mentah. Contohnya Skandinavia yang menyajikan brain mushroom secara mentah, padahal di negara-negara lain seperti Amerika Utara salah satunya brain mushroom yang disajikan mentah dapat mematikan. Selain itu, Nambia juga terbiasa mengkonsumsi giant bullfrog dewasa mentah dan dianggap sebagai salah satu makanan yang lezat, namun sebaliknya giant bullfrog yang masih kecil ternyata memiliki racun yang apabila dikonsumsi dapat menyebabkan gagal ginjal.

5. Sandwich

Makanan yang satu ini memang sudah sangat populer di berbagai kalangan. Sandwich yaitu hidangan roti yang memiliki isian seperti selada, daging cincang, tomat, dan biasa ditambahkan dengan saus sambal ini biasa dikonsumsi pada saat sarapan di pagi hari. Makanan yang berasal dari Inggris ini juga banyak sekali ragamnya, dari mulai isiannya yang banyak dimodifikasi seperti menambahkan telur mata sapi di dalamnya, hingga mengganti daging dengan ikan tuna atau salmon sebagai isiannya.
10 Fakta Menarik Tentang Konsumsi Makanan di Seluruh Dunia - archanaskitchen
Photo Source: archanaskitchen
Sandwich ternyata juga pernah menjadi salah satu makanan yang sangat dihindari oleh orang-orang Amerika pada saat masa perang. Hal ini karena sandwich merupakan salah satu makanan asli Inggris, yaitu negara yang juga menjadi musuh pada saat masa perang Amerika.

6. Semangka

Buah-buahan merupakan salah satu makanan yang kaya akan vitamin dan memiliki rasa yang manis. Buah-buahan juga biasa dijadikan pencuci mulut baik sebelum menyantap hidangan maupun sesudahnya. Indonesia memiliki banyak sekali jenis buah-buahan, walaupun beberapa buah-buahan di tanam di wilayah dataran tinggi yang memiliki udara sejuk. Untuk negara beriklim tropis seperti Indonesia, buah-buahan dengan kandungan air yang banyak seperti pir, jeruk, dan semangka sangat cocok dan banyak sekali dikonsumsi oleh banyak orang.
10 Fakta Menarik Tentang Konsumsi Makanan di Seluruh Dunia - stirileprotv
Photo Source: stirileprotv
Semangka ternyata menjadi salah satu buah yang sangat mahal di Jepang. Negara yang sering disebut sebagai matahari terbit ini memang cukup jarang memproduksi buah-buahan dan beberapa juga di jual dengan harga yang cukup mahal. Beberapa buah-buahan yang cukup mahal di Jepang antara lain adalah Semangka Densuke yang dijual dengan harga $6.100. Gak cuma itu aja, Anggur Ruby Roman pun dibanderol dengan kisaran harga $6.400 dan Melon King Yubari dengan kisaran harga $23.500.

7. Keju

Makanan yang satu ini memang sering banget menjadi favorit bagi banyak orang, beberapa penggemarnya juga tak jarang mengkonsumsi keju secara utuh tanpa tambahan makanan lainnya. Keju sering kali dijadikan sebagai seasoning pada sajian hidangan makanan untuk menambah cita rasa hidangan makanan tersebut. Makanan yang satu ini merupakan olahan fermentasi dari susu. Keju memiliki banyak sekali jenis, seperti blue cheese, brie, chevre, dan yang paling terkenal adalah cheddar dan parmesan. Keju juga biasanya di klasifikasikan berdasarkan jenis susu yang digunakan pada fermentasinya, seperti susu sapi, susu kambing, susu domba, dan juga susu keledai.
10 Fakta Menarik Tentang Konsumsi Makanan di Seluruh Dunia - radiotaino
Photo Source: radiotaino
Serbia memiliki salah satu jenis keju yang sangat terkenal dan termahal di dunia, yaitu keju Pule. Pule merupakan jenis keju yang di fermentasiukan dari susu keledai dan menjadi keju yang paking terkenal di dunia. Pule dijual dengan harga yang sudah di diskon $576 per ons nya dan mengalahkan keju termahal dari Inggris yang dijual dengan harga $450 per ons nya. Keju yang satu ini memang sangat jarang sekali untuk ditemukan, karena proses pengolahan dan fermentasinya yang dilakukan dengan sangat intensif oleh para pembuatnya, maka dari itu tak heran pada umumnya Pule biasa dijual dengan harga $1.700 hingga $2.900.