Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

7 Dampak Berbahaya Minum Jamu untuk Kesehatan

della della
Jamu seringkali disebut sebagai minuman herbal tradisional yang baik untuk kesehatan hingga kecantikan. Tapi tahukah kamu, dibalik khasiat jamu ternyata tersimpan beberapa dampak buruk lho, terutama jamu yang memiliki kandungan zat kimia dalam proses pembuatannya. Dilansir dari laman Halosehat.com, berikut merupakan 7 dampak berbahaya mengonsumsi jamu untuk kesehatan.

Infeksi lambung

Hati-hati! Ini Bahanya Minum Jamu untuk Kesahatanmu 2
Photo Source: seemous
Buat kamu yang memiliki penyakit asam lambung harus berhati-hati nih, dalam mengonsumsi jamu. Terutama jamu tradisional yang ditambahkan dengan zat kimia, seperti obat jenis asam matenamat atau fenibutason. Kamu bisa terkena diare, bahkan infeksi pada dinding lambung.

Sakit kepala

Hati-hati! Ini Bahanya Minum Jamu untuk Kesahatanmu 3
Photo Source: parade
Jamu yang mengandung zat sildenafil dalam kadar yang tinggi akan mengiritasi saraf serta menghambat laju aliran darah ke kepala, sehingga menyebabkan sakit kepala.

Sembelit

Hati-hati! Ini Bahanya Minum Jamu untuk Kesahatanmu 4
Photo Source: birthorderplus
Zat kimia pada jamu bisa mengikat dan menyerap cairan tubuh serta air disaluran kandung kemih. Zat tersebut juga dapat mengeringkan feses di dalam tubuh, yang berakibat kamu akan menjadi sulit untuk buang air besar secara normal.

Kehilangan nafsu makan

Hati-hati! Ini Bahanya Minum Jamu untuk Kesahatanmu 5
Photo Source: inatimes
Kandungan dexamethasone dan CTM yang ditambahkan pada jamu akan menyebabkan seseorang kehilangan nafsu makannya, bahkan bisa menurunkan berat badan dan berkurangnya imunitas tubuh.

Gagal ginjal akut

Hati-hati! Ini Bahanya Minum Jamu untuk Kesahatanmu 6
Photo Source: obat.promo
Jamu yang terbuat dari bahan herbal yang dipadukan dengan obat jenis Fenibutason dalam kadar yang tinggi, akan memiliki resiko racun yang berakibat dapat merusak ginjal secara perlahan. Tidak hanya itu, ginjal juga akan merasakan menderita tekanan dan kelelahan karena terus bekerja menyaring racun atau zat kimia fenibutason yang ada pada jamu supaya tidak membahayakan bagian tubuh lainnya.

Pelebaran pembuluh darah wajah

Hati-hati! Ini Bahanya Minum Jamu untuk Kesahatanmu 7
Photo Source: doktersehat
Kamu harus tau nih guys, kalau ternyata zat kimia yang dicampur dengan bahan herbal bisa menyebabkan pelebaran pembuluh darah diseputar wajah yang diakibatkan oleh penolakan dalam darah. Jadi perhatikan wajah kamu ya, kalau misalnya terlihat membengkak dan membesar, berarti ada yang salah dengan jamu kamu.

Kram perut , Nyeri dada dan mual

Hati-hati! Ini Bahanya Minum Jamu untuk Kesahatanmu 8
Photo Source: mediskus
Jamu yang mengandung zat kimia jenis sibrutamine bisa menyebabkan kram perut dengan nyeri yang luar biasa pada dada. Parahnya lagi, zat kimia dapat langsung menyebabkan serangan mual mendadakan yang akan membuat kamu pingsan.