Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App

7 Cara Biar Asam Lambung Tak Kambuh Selama Puasa

Happy FerdianHappy Ferdian
Banyak orang merindukan momen berpuasa di bulan suci Ramadhan. Tidak hanya sebagai ajang bagi kaum Muslim untuk mensucikan diri, bulan puasa juga kerap dinantikan sebagai momen untuk meraih kebaikan di banyak hal, mulai dari perekat silahturahmi hingga detoksifikasi.
Hal yang terakhir disebut akan menjadi masalah cukup serius bagi penderita asam lambung. Seringkali karena pola makan yang berubah drastis, membuat penderita asam lambung harus berjuang melawan rasa sakit yang teramat sangat yang biasanya terjadi di awal puasa.
Namun, tidak jarang asam lambung juga bisa menyerang di tengah hari ketika berpuasa, sehingga mengurangi kekhusyukan, dan berdampak buruk bagi kelancaran aktivitas sehari-hari.
Nah, untuk mencegah asam lambung naik secara tiba-tiba di bulan puasa nanti, yuk simak tujuh tips jitunya di bawah ini.

Tidak melewatkan sahur

Perhatikan 7 Hal Ini Agar Asam Lambung Terjaga Selama Puasa - traxonsky
Photo Source: traxonsky
Melewatkan santap sahur bisa memperparah kondisi asam lambung, terutama di siang hari ketika perut kosong. Santap sahur yang tepat dengan mempertimbangkan asupan gizi seimbang -- dan dimakan secara perlahan, dapat memberi cadangan energi untuk aktivitas seharian penuh.

Jangan menunda waktu berbuka

Perhatikan 7 Hal Ini Agar Asam Lambung Terjaga Selama Puasa - sveikataipalankus
Photo Source: sveikataipalankus
Sesibuk apapun, jangan pernah menunda waktu berbuka. Jika belum ‘bertemu’ makanan, kamu bisa membatalkan dengan cukup minum air putih. Hindari meminum terlalu banyak gula di awal berbuka karena akan membuat kondisi tubuh kaget.

Makan dengan perlahan

Perhatikan 7 Hal Ini Agar Asam Lambung Terjaga Selama Puasa - totalorthodontics
Photo Source: totalorthodontics
Ini nih yang wajib banget kamu ingat, jangan terburu-buru ketika menyantap makanan saat berbuka puasa. Jangan lapar mata, karena hal itu justru akan membuat kamu menderita setelahnya. Ya, menderita karena asam lambung yang tiba-tiba naik akibat asupan berlebih.

Makan dalam porsi kecil

Perhatikan 7 Hal Ini Agar Asam Lambung Terjaga Selama Puasa - health.detik.com
Photo Source: health.detik.com
Sama seperti poin sebelumnya, makan dalam porsi kecil membantu tubuhmu -- terutama organ pencernaan -- beradaptasi setelah meanahan lapar dan haus selama 12 jam.

Jangan tidur setelah makan

Perhatikan 7 Hal Ini Agar Asam Lambung Terjaga Selama Puasa - burnthefatinnercircle
Photo Source: burnthefatinnercircle
Berikan waktu jeda agar makanan yang kamu santap dicerna sempurna oleh tubuh. Langsung rebahan di atas kursi, atau di manapun tempatnya, akan memicu naiknya asam lambung, yang berujung pada rasa mual dan pening berkunang-kunang.

Kurangi menyantap makanan pemicu asam lambung

Perhatikan 7 Hal Ini Agar Asam Lambung Terjaga Selama Puasa - rd
Photo Source: rd
Apa saja makanan yang dapat memicu asam lambung? Jawabannya banyak. Namun, hanya segelintir yang pantang untuk disantap ketika awal berbuka puasa, yakni minuman berkarbonasi, makanan dengan kandungan lemak tinggi, makanan pedas, dan apapun yang mengandung kafein.

Tinggikan posisi kepala saat tidur

Perhatikan 7 Hal Ini Agar Asam Lambung Terjaga Selama Puasa - mattressclarity
Photo Source: mattressclarity
Biasanya kan di bulan puasa, hampir selalu ada waktu senggang untuk sekadar memejamkan mata. Nah, baiknya nih kamu meninggikan posisi kepala saat berbaring tidur. Hal ini terutama disarankan ketika tidur siang, guna menghindari asam lambung yang tiba-tiba naik akibat aktivitas metabolisme tubuh.