Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App

7 Aturan Fine-Dining yang Wajib Kamu Tahu

Annisa SabranAnnisa Sabran
Meskipun tiap restoran berbeda, ada hal yang pantas dilakukan dan ada hal yang wajib dihindari saat fine-dining. Penasaran hal apa yang sebaiknya harus kamu lakukan dan sebaiknya dihindari? Yuk, simak list 7 fine-dining etiquette yang wajib kamu ketahui!
Sebelum memasuki list, bagi kamu yang belum memiliki aplikasi Qraved, yuk download aplikasi Qraved untuk mendapatkan informasi menarik lainnya seputar dunia kuliner!

Pakai Garpu dan Pisau yang Ditata dari Luar ke Dalam

7 Fine-dining etiquette yang wajib kamu ketahui - maplehurstguesthouse
Photo Source: maplehurstguesthouse
Kalau kamu pernah ke high-end restaurant dan bingung pakai utensils yang mana, tenang kamu tidak sendiri! Pergunakanlah alat makan dari yang paling luar, hingga ke paling dalam. Kalau kamu masih bingung, saran kami adalah biarkan teman makan kamu memulai duluan dan kamu bisa melihat garpu dan pisau mana yang dipakai!

Jangan makan sup menyeruput!

7 Fine-dining etiquette yang wajib kamu ketahui - videoblocks
Photo Source: videoblocks
Meskipun dalam beberapa tradisi di Asia suara menyeruput menandakan makanannya enak dan menghargai sang koki, tetapi tidak untuk fine-dining. Jangan makan menyeruput dan sendok sup harus digerakkan lawan arah dari kamu dan cukup makan sup dari ujung sendok. Jadi tidak perlu sampai seluruh sendok dimasukkan ke mulut!

Jangan Taruh Napkin di Depan Baju atau Dress

7 Fine-dining etiquette yang wajib kamu ketahui - manofmany
Photo Source: manofmany
Kamu tidak sedang makan seafood di restoran yang menyajikan Cajun Lobster sehingga napkin ditaruh diatas dress atau kemeja dianggap tidak sopan. Napkin harus dalam keadaan dibuka dan ditaruh diatas pangkuan. Jangan dipergunakan untuk mengelap mulut secara kesuluruhan tapi hanya light dabbing.

Taruh Handphone di Dalam Tas

7 Fine-dining etiquette yang wajib kamu ketahui - fortune
Photo Source: fortune
Dalam beberapa restoran, kalau kamu menggunakan handphone saat fine-dining menunjukkan kamu bosan dan tidak menikmati pengalaman tersebut. Untuk menghargai teman makan kamu dan pegawai restoran, puasa social media lah dalam 1,5-2 jam. Nikmati seluruh sajian fine-dining bersama orang spesial dan ingatlah momen tersebut. Setelahnya kamu bebas melakukan apapun!

Jangan Menaruh Barang di Atas Meja

7 Fine-dining etiquette yang wajib kamu ketahui - careertrend
Photo Source: careertrend
Selain peraturan yang cukup terkenal yaitu jangan menaruh siku di atas meja, ternaya menaruh kunci, handphone dan tas dianggap tabu. Handphone sebaiknya dimasukkan ke dalam tas dalam keadaan silent sementara tas harus diletakkan dibawah meja.

Perhatikan Dress Code Restoran Itu

7 Fine-dining etiquette yang wajib kamu ketahui - omnihotels
Photo Source: omnihotels
Semua restoran memiliki dress code yang berbeda-beda. Tetapi ketika kamu makan di restoran fancy, hindari memakai jeans atau baju kasual karena akan membuat kesan tidak formal. Lebih baik kamu overdressed daripada underdressed! Google is your best friend, sebelum kesana lihat dulu “vibe” restoran ini, lebih formal atau kasual.

Perhatikan Peletakan Napkin

7 Fine-dining etiquette yang wajib kamu ketahui - manofmany
Photo Source: manofmany
Saat kamu ke kamar mandi atau pergi dari meja, kalau kamu belum selesai makan taruhlah napkin di atas meja. Tetapi kalau kamu sudah selesai makan, taruh napkin di sisi kiri dari piring kamu. Hal ini untuk menginformasikan pelayan bahwa kamu sudah selesai makan. Selain itu, saat sudah selesai makan, jangan taruh napkin di atas piring, cukup di samping piring.