Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

6 Hidangan Asal Timur Tengah yang Dicintai Dunia

Sharima UmayaSharima Umaya
Food Encyclopedia: Mengenal Istilah-Istilah Hidangan Asal Timur Tengah 1
shutterstock
Hidangan Timur Tengah semakin menjamur saja di ibu kota. Di bulan Ramadan, hidangan ala Timur Tengah semakin menjadi pusat perhatian terutama semenjak munculnya tren buka puasa lesehan dengan nasi tampah dan berbagai makanan khas Timur Tengah.
Belum terlalu familiar dengan hidangan khas Timur Tengah? Jangan khawatir, Qraved sudah merangkum beberapa istilah dalam menu Timur Tengah untuk kamu agar kamu mengerti apa sih sebenernya dibalik hidangan populer khas Timur Tengah. Buat yang belum download Qraved App, jangan lupa ya buat download biar update terus dengan informasi seputar kuliner!

Hummus

2
Photo Source:  Simply Recipes
Hummus merupakan semacam saus Arab yang dibuat dari kacang Arab (chickpea) giling yang dicampur tahini (wijen giling), minyak zaitun, sari perasan limau, garam dan bawang putih. Semakin banyak bawang putih, biasanya rasa dari saus ini semakin gurih!
Hummus biasa dimakan dengan pita bread dan sangat disukai para vegetarian yang sedang menjalani diet. Hummus juga biasa disajikan dalam 'mezze' atau platter beragam jenis makanan.

Falafel

3
Photo Source:  Minimalist Baker
Falafel dibuat dari kacang Arab yang digiling dan kemudian dipadatkan dan dibuat bola-bola kecil lalu digoreng menggunakan minyak panas.
Falafel biasanya disajikan di dalam sebuah roti pipih mirip pita yang disebut lafa. Di beberapa negara di Timur Tengah dan banyak negara yang memiliki pengaruh Timur Tengah yang kental, Falafel dijual sebagai makanan siap saji yang populer. Dalam penyajiannya, Falafel biasa ditambahi dengan selada, asinan dan acar sayuran serta saus pedas.

Tabouleh

4
Photo Source:  Chefsshamy
Sering denger Tabouleh?
Tabouleh merupakan hidangan vegetarian Timur Tengah yang biasanya terbuat dari tomat, potongan peterseli, mint, bulgur dan daun bawang, dan dibumbui dengan minyak zaitun, perasan lemon, dan garam.
Tabouleh sangat nikmat disantap dengan hummus dan pita bread. Biasanya, Tabouleh diambil sedikit atau dicocol dengan sepotong kecil pita bread, kemudian dimakan.

Baba Ganoush

5
Photo Source:  Diabetes Meal Plans
Mirip dengan Hummus, yang membedakan Baba Ganoush adalah pemakaian terong di dalam saus yang satu ini, kemudian ditambahkan dengan kick of spiciness dari chili.
Baba Ganoush sendiri dinikmati di banyak negara di Timur Tengah, diantaranya Armenia, Mesir, Irak, Israel, Yordania, Lebanon, Palestina, Syria, dan Turki. Di beberapa daerah di Turki, potongan terong juga disajikan bersamaan dengan terong yang dihaluskan.

Shawarma

6
Photo Source:  Recipetineats
Kebab Shawarma udah jadi salah satu jajanan yang populer. The combination of skewered chicken, garlic puree and salad wrapped in pita menjadikan Shawarma tak terlalu asing di telinga.
Shawarma biasanya disantap dengan pita bread dan juga bisa dengan tabouleh, fattoush, tomat, dan mentimun. Topping-nya meliputi tahini, hummus, lobak asam, dan amba.

Kofta

7
Photo Source:  Angsarap
Kofta populer di Iran dan Pakistan. These balls of minced lamb or beef have a spicy, onion kick. Kofta bisa digoreng, dipanggang, di BBQ, dan sangat lezat disajikan dengan saus yang spicy.
Kofta bisa disantap bersama nasi atau disajikan seperti hamburger western dengan roti tawar. Oleskan yoghurt sebagai sausnya menambah cita rasa gurih.