Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App
Qraved x GoFood6 Buah yang Hanya Tumbuh di Indonesia

6 Buah yang Hanya Tumbuh di Indonesia

Happy FerdianHappy Ferdian
Sebagai negara kepulauan tropis terbesar di dunia, Indonesia kaya akan sumber daya alam yang unggul, termasuk buah-buahan lezat, yang beberapa di antaranya sulit ditemukan di tempat lain di dunia. Bagi masyakat global, buah-buahan asli Indonesia kerap disebut sebagai buah eksotis, karena memiliki tidak hanya lezat, melainkan juga memiliki bentuk dan wangin yang mengagumkan. Nah, sebagai orang asli Indonesia, tentunya kamu harus tahu tentang buah-buahan khas di bawah ini, dijamin mantap!
Download aplikasi Qraved untuk temukan informasi kuliner menarik lainnya.

Rambutan

 - Tribun Kaltim
Photo Source: Tribun Kaltim
Buah ini sejatinya berasal dari pulau Sumatera, yang dibawa oleh beberapa penjelajah lokal ke pulau Jawa dan beberapa negara di kawasan Asia Tenggara. Meski saat ini, produsen terbesar rambutan dalam kemasan dipegang oleh Malaysia dan Thailand, namun kualitas rambutan asli Indonesia tetap tidak ada duanya. Rambutan asli Indonesia, umumnya memiliki karakter buah yang agak kesat, dan tidak banyak mengandung air. Rasanya juga percampuran antara manis dan asam yang menyegarkan.

Belimbing

 - Khasiat.co.id
Photo Source: Khasiat.co.id
Makanan yang disebut ‘buah bintang’, atau star fruit, di dunia global ini aslinya berasal dari kepulauan Maluku. Buah ini pertama kali menyebar ke hampir seluruh wilayah Nusantara, bersamaan dengan kian berkembang pesatnya perdagangan jalur rempah. Sejak abad ke-20, bibit belimbing menyebar ke beberapa negara Asia, dan kemudian melanglang buana ke Amerika Serikat, tepatnya di negara bagian Florida.

Jambu Air

 - Wikimedia
Photo Source: Wikimedia
Buah-buahan ini hanya tumbuh di wilayah yang tidak jauh dari garis khatulistiwa, di mana dugaan terkuat berasal dari tanah Jawa. Dalam buku History of Java, mendiang Sir Thomas Stamford Raffles, menyebut jambu air sebagai Java Apple, karena memiliki kemiripan pada tekstur kesarnya. Jambu air terdiri dari beragam jenis, yang perbedaannya terletak pada warna kulit, mulai dari hijau muda hingga merah gelap.

Durian

 - Hello Sehat
Photo Source: Hello Sehat
Si raja buah ini awal mulanya berasal dari tanah Sumatera dan Kalimantan, dengan struktur kulit yang keras, namun memiliki daging buah beraroma kuat dan bertekstur creamy. Durian konon telah digemari oleh banyak orang sejak Abad ke-18, dan mulai disebarluaskan bibitnya pada abad ke-20. Sayangnya, saat in produsen durian terbesar di dunia dipegang oleh Thailand, yang memiliki 300 varian.

Manggis

 - Hello Sehat
Photo Source: Hello Sehat
Jika durian disebut raja buah, maka manggis adalah ratunya. Belum jelas dari mana buah manggis berasal, namun catatan Departemen Pertanian menyebut Jawa Barat dan Banten sebagai wilayah penghasil terbesar di Indonesia. Konon, buah ini sangat disukai oleh Ratu Victoria, ketika penjelajah Inggris membawakan buah tersebut ke London. Sang Ratu sempat menyuruh menanam manggis di kebun botaninya, namun gagal tumbuh.

Kedondong

 - Umayika
Photo Source: Umayika
Sama dengan belimbing, buah kedondong berasal dari kawasan timur Indonesia, tepatnya dari kawasan Maluku dan kepala pulau Papua. Oleh masyarakat global, buah bercita rasa masam ini disebut dengan nama Ambarela. Saat ini, buah kedondong telah banyak dibudidayakan di luar Indonesia, yakni umumnya di kawasan tropis, seperti Malaysia, Filipina, dan kawasan Karibia.
Qraved | Life is Tasty