Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App
Qraved x GoFood6 Bahaya Menyeramkan Jika Meminum Air yang Dipanaskan Berulang Kali

6 Bahaya Menyeramkan Jika Meminum Air yang Dipanaskan Berulang Kali

della della
Manusia sangat membutuhkan minum setiap harinya karena memang tubuh sangat membutuhkan cairan dan sebagian tubuh kita mengandung air. Yang dianjurkan adalah minum minimal 8 gelas sehari. Nah buat kamu yang lebih memilih untuk merebus air sendiri, ini 6 bahaya menyeramkan jika kamu mengonsumsi air yang dipanaskan berulang kali nih.

Mengubah air menjadi racun

6 Bahaya Meminum Air yang Dipanaskan Dua Kali atau Lebih - semuril
Photo Source: semuril
Kebanyakan dari kamu pasti tau banget nih kalau merebus air sampai mendidih itu bisa membunuh kuman atau bakteri yang ada pada air. Kamu harus perhatikan ya, jangan sampai bekas air rebus kamu yang sudah matang itu direbus lagi untuk minum di hari selanjutnya. Hal ini bisa menimbulkan bahaya karena air matang yang direbus kembali akan menciptakan larutan berbagai gas dan mineral yang beracun, seperti nitrat, arsenik dan fluorida. Serem banget nggak sih kalau memang air matang yang dipanaskan ulang bisa berubah menjadi racun?

Berisiko Mengalami Kanker

6 Bahaya Meminum Air yang Dipanaskan Dua Kali atau Lebih - terminix
Photo Source: terminix
Zat nitrat yang dihasilkan dari merebus kembali air yang sudah matang ternyata bisa menjadi nitrosamine yang sifatnya karsinogenik. Zat tersebut dihubungkan dengan penyakit kanker seperti leukemia, limfoma, dan beberapa jenis kanker lainnya. Serem banget ya, guys!

Menyebabkan Penyakit Jantung dan Ketidaksuburan

6 Bahaya Meminum Air yang Dipanaskan Dua Kali atau Lebih - medicalnewstoday
Photo Source: medicalnewstoday
Di poin pertama kamu juga melihat kalau merebus kembali air matang bisa menimbulkan bahaya yaitu timbulnya zat beracun arsenik. Untuk kamu yang belum tau, arsenik adalah bahan metaloid yang terkenal beracun dan memiliki tiga bentuk alotropik yaitu kuning, hitam, dan abu-abu. Arsenik dan senyawa arsenik biasa digunakan untuk pestisida, herbisida, dan insektisida. Lalu gimana nih kalau zat beracun ini ada di tubuh kita? Serem, karena kamu bisa mendapatkan bahaya seperti timbulnya kanker, penyakit jantung, ketidaksuburan, dan masalah saraf.

Menyebabkan Potensi Batu Ginjal dan Batu Empedu

6 Bahaya Meminum Air yang Dipanaskan Dua Kali atau Lebih - rd
Photo Source: rd
Kalau kamu minum air rebusan yang dipanaskan secara terus menerus setiap hari, ini akan menimbulkan potensi batu ginjal dan batu empedu. Jadi disarankan, kamu meminum air yang dipanaskan itu setelah merebusnya pertama kali, lalu masukan ke termos supaya tetap hangat.

Merusakan Pertumbuhan dan Perkembangan saraf anak

6 Bahaya Meminum Air yang Dipanaskan Dua Kali atau Lebih - nationalhomeschool
Photo Source: nationalhomeschool
Gunakan air mentah baru untuk dimasak. Jangan memanaskan kembali air yang sudah direbus sebelumnya untuk menghindari risiko dari peningkatan kadar fluorida yang bisa merusak tumbuh kembang susunan saraf dan kognitif anak-anak.

Mengakibatkan rendahnya IQ

6 Bahaya Meminum Air yang Dipanaskan Dua Kali atau Lebih - todaysparent
Photo Source: todaysparent
Fluoride yang ditemukan dalam air minum berakibat pada rendahnya IQ pada anak-anak. Hal ini telah dibuktikan dengan penelitian Universitas Harvard yang dilakukan selama 22 tahun dengan 27 penelitian mengenai dampak paparan fluoride terhadap fungsi neurologis dan kognitif pada anak-anak.
Bagaimana seram kan dampaknya? Nah makanya nih, mulai dari sekarang kamu harus membiasakan untuk merebus air hanya satu kali dan tanpa direbus ulang supaya terhindar dari dampak yang sudah dijelaskan sebelumnya ya!
Qraved | Life is Tasty