Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App

6 Bahaya Air Kelapa yang Jarang Diketahui Publik

Happy FerdianHappy Ferdian
Sebagai bagian dari masyarakat Indonesia, tentu kita tidak asing dengan kelapa, yang digunakan untuk begitu banyak hal setiap harinya. Semua bagian kelapa memiliki manfaat beragam bagi tubuh manusia, tidak terkecuali air kelapa. Manfaat yang paling sering kita dengar tentang air kelapa adalah kandungan elektrolitnya yang mampu menggantikan ion tubuh secara alami. Bahkan, air kelapa juga dikenal baik sebagai penawar racun alami terbaik, yang mudah ditemukan dan murah. Jika dilihat dari kandungan nutrisinya, air kelapa memang mengandung segudang manfaat, terutama bagi daya tahan tubuh kita. Tapi tahukah kamu, ternyata air kelapa juga bisa berbahaya ketika dikonsumsi berlebihan? Berikut adalah enam rangkuman singkatnya.
Jangan lupa download aplikasi Qraved untuk temukan beragam informasi kuliner menarik lainnya.

1. Berisiko Menyebabkan Diare

 - Patrick Henry Center
Photo Source: Patrick Henry Center
Air kelapa memiliki kadar lemak yang rendah, yang meskipun bisa bantu menurunkan berat badan, tapi berisiko picu diare jika dikonsumsi berlebihan. Hal ini dikarenakan, kandungan lemak yang rendah dapat menggangu proses metabolisme, yang berujung berkurangnya jumlah energi yang dihasilkan, sehingga membuat tenaga dan pikiran kehilangan daya.

2. Tidak Sepenuhnya Mengganti Cairan Tubuh

 - NBC News
Photo Source: NBC News
Air kelapa memang mengandung banyak nutrisi yang mampu membantu menggantikan ion tubuh yang hilang. Akan tetapi bukan berarti dengan meminum air kelapa saja sudah cukup untuk mengatasi masalah kelelahan pada tubuh. Kamu juga harus mengonsumsi makanan dan minuman bergizi lainnya, terutama sayuran hijau dan buah dengan tingkat asam tinggi, seperti jeruk dan mangga misalnya.

3. Berbahaya bagi Ginjal yang Bermasalah

 - The Independent
Photo Source: The Independent
Pada penderita gangguan atau penurunan fungsi ginjal, akan kesulitan untuk melakukan proses sekresi zat di dalam tubuh. Apalagi kandungan makanan yang mengandung kalium dan elektrolit di dalam air kelapa, tidak bisa disaring dengan benar karena penyakit ginjal. Akibatnya bisa terjadi hiperkalemia, yakni kondisi ketika jumlah kalium dalam darah sangat tinggi, sehingga berpotensi menggangu aktivitas listrik di dalam jantung.

4. Menimbulkan Kejang Otot

 - Neo Rheumacyl
Photo Source: Neo Rheumacyl
Kamu tidak dianjurkan meminum air kelapa ketika sedang dalam perjalanan jauh, karena kandungan kalsium di dalamnya justru dapat menimbulkan efek samping berupa kejang otot, dan membuat tubuh cepat lelah.

5. Tidak Mendukung Kekebalan Tubuh

 - Fitness Daily
Photo Source: Fitness Daily
Air kelapa memang terbukti dapat meningkatkan daya tahan tubuh, namun bukan berarti bisa juga menjadi tameng dalam melawan risiko serangan penyakit. Setiap manusia memiliki kemungkinan terpapar penyakit, sehingga menjaga asupan pangan bernutrisi, dan gaya hidup sehat lainnya, sangat penting dilakukan untuk mencegahnya.

6. Berbahaya untuk Usia Kehamilan Muda

 - The Independent
Photo Source: The Independent
Siapa sangka, ternyata air kelapa tidak sepenuhnya bermanfaat bagi wanita hamil, meski banyak yang mengatakan bahwa minuman alami itu mampu perlancar proses kelahiran. Menurut penelitian, wanita yang sedang hamil muda, atau tiga bulan pertama, dianjurkan untuk tidak mengonsumsi air kelapa karena bisa meningkatkan kadar asam lambung. Oleh sebab itu, dianjurkan apabila wanita hamil ingin minum air kelapa lebih baik pada usia kehamilan yang sudah lebih tua, atau sekitar enam bulan ke atas.