Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App

5 Warisan Menu Ala Bangsawan yang Kini Makin Populer

Handy NursatyoHandy Nursatyo
Peradaban dan sejarah sebuah bangsa tentu tidak akan lepas dari kisah-kisah kuliner yang mengiringinya. Sajian-sajian khas tersebut layaknya pendongeng yang mengartikulasikan berbagai kisah yang terjadi dalam sejarah. Berbagai sajian, menurut sejarah, banyak yang hanya dapat disantap oleh para bangsawan saja. Dalam artikel ini, terdapat beberapa daftar sajian khas yang dulu hanya disantap oleh para bangsawan saja dan inilah 5 sajian khas tersebut.
Sebelum memasuki penjelasan lebih lanjut, bagi kamu yang belum memiliki Qraved App, segera download aplikasinya untuk mendapatkan informasi menarik lainnya seputar dunia kuliner.

Galantin

Sajian Bangsawan yang Sekarang Dinikmati Publik - food.detik.com
Photo Source: food.detik.com
Sajian yang terbuat dari potongan daging sapi cincang ini kerap dicampur dengan telur untuk dibentuk menjadi sebuah patty. Bistik ini biasa disajikan dengan elemen tambahan seperti kentang, wortel, atau tomat.
Dahulu, sajian ini menjadi panganan favorit Pakubuwono X dan biasa disajikan dengan kuah semur sehingga membuat sajian ini lebih manis dan gurih.

Bubur Pedas Melayu Deli

Sajian Bangsawan yang Sekarang Dinikmati Publik - bubur pedas
Photo Source: bubur pedas
Bubur yang kerap disajikan pada saat memasuki bulan puasa ini menjadi panganan favorit keluarga Kesultanan Deli pada masanya. Makanan ini biasa dimasak menggunakan berbagai rempah lainnya seperti ketumbar, kunyit, serai, dan daun jambu untuk menambah cita rasa.

Nasi Blawong

Sajian Bangsawan yang Sekarang Dinikmati Publik - nasi blawong
Photo Source: nasi blawong
Mungkin panganan ini sekilas nampak seperti nasi rame pada umumnya yang kamu kenal. Nasi Balwong nasi putih yang kerap dipadu dengan ayam goreng, telur pindang, irisan daging pedas, dan peyek sebagai penambah elemen kesedapan.
Sajian ini menjadi salah satu panganan favorit Sultan Hamengku Buwono VIII sebagai santapan harian. Beliau biasanya menyantap Nasi Blawong bersama Bir Jawa hasil kreasinya sendiri.

Bir Jawa

Sajian Bangsawan yang Sekarang Dinikmati Publik - bir jawa
Photo Source: bir jawa
Seperti yang dijelaskan sebelumnya, Bir Jawa merupakan hasil kreasi dari Sultan Hamengku Buwono VIII. Bir yang sama sekali bersih dari sentuhan alkohol ini merupakan campuran dari berbagai rempah seperti jahe, kapulaga, daun pandan, dan cengkeh.
Selain berguna untuk menghangatkan tubuh dan tenggorokan, Bir Jawa ini dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit seperti sakit kepala dan masuk angin.

Nasi Jemblung

Sajian Bangsawan yang Sekarang Dinikmati Publik - nasi jemblung
Photo Source: nasi jemblung
Panganan khas Keraton Surakarta ini sekarang kerap dijadikan panganan umum bagi masyarakat Surakarta. Namun, dulu Nasi Jemblung merupakan sajian favorit dari Pakubuwana X yang menjadikan makanan ini sebagai santapan sehari-hari.
Elemen panganan ini terbilang simpel, yaitu terdiri dari nasi yang dicetak membentuk lingkaran, lalu di tengahnya diisi dengan semur lidah sapi yang sangat gurih dan lunak ketika mampir di mulut kamu.