Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App

5 Tips Memilih Menu Sahur Buat Atasi Lemas Saat Puasa

Ria IsnaeniRia Isnaeni
Setiap tahunnya umat muslim di seluruh dunia memiliki kewajiban untuk berpuasa di bulan ramadhan. Selama kurang lebih 15 jam berpuasa, kita dilatih untuk menahan makan dan minum dari waktu subuh hingga matahari terbenam. Hal ini memang terasa sangat sulit untuk dijalani yaitu karena kebiasaan kita dari mulai sarapan, makan siang, hingga nyemil sore di kala sibuk dengan pekerjaan kita.
Walaupun terasa berat berpuasa satu bulan penuh selama Ramadhan, ada beberapa tips yang bisa kamu lakuin selama bulan Ramadhan untuk menjaga tubuh kamu tetap berstamina dan siap menjalani puasa. Salah satu caranya adalah dengan dengan mengontrol aktivitas kamu, menjaga waktu tidur dengan baik, dan yang paling penting adalah mengkonsumsi makanan yang tepat pada saat sahur. Berikut ulasan tentang tips makan sahur yang bisa lakukan untuk siap menjalani ibadah puasa.

Karbohidrat

Tips Makan Sahur agar Kuat Berpuasa - Nimas Mita Etika M
Photo Source: Nimas Mita Etika M
Karbohidrat memiliki peran penting dalam tubuh kita sebagai salah satu sumber stamina dalam tubuh. Banyak banget makanan yang memiliki sumber karbohidrat yang sering banget kita temui dan salah satunya adalah nasi. Sebagai orang Indonesia, nasi sudah menjadi makanan wajib untuk kita semua.
Sumber karbohidrat bukan hanya di nasi aja, kentang dan juga gandum juga memiliki sumber karbohidrat yang bisa kamu konsumsi sebagai pengganti nasi. Karbohidrat wajib ada di menu makanan kamu pada saat sahur untuk mengisi stamina sehingga kamu kuat untuk menjalankan aktivitas selama berpuasa.
Tips Makan Sahur agar Kuat Berpuasa - Arinda Veratamala
Photo Source: Arinda Veratamala
Menu-menu makanan yang bisa kamu konsumsi untuk mendapatkan karbohidrat yang cukup dalam tubuh kamu, kamu bisa mengkonsumsi nasi dengan lauk dan juga sayur untuk menjaga keseimbangan tubuh kamu. Selain itu, kalau kamu bosan dengan nasi kamu juga bisa mengkonsumsi kentang seperti kentang goreng dan juga mash potato.

Protein

Tips Makan Sahur agar Kuat Berpuasa - kadinextra
Photo Source: kadinextra
Protein memiliki peran tersendiri dalam tubuh kita yaitu memberikan rasa kenyang yang lebih lama. Selain itu, protein juga mampu menambah energi dalam tubuh sehingga tubuh kita akan terasa optimal dengan adanya tambahan protein yang melengkapi karbohidrat dalam tubuh.
Untuk mendapatkan sumber protein yang optimal, kamu bisa mengkonsumsi daging, ayam, telur, dan juga ikan. Untuk mendapatkan makanan-makanan mengandung karbohidrat ini kamu dapat dengan mudah mendapatkannya di supermarket.
Tips Makan Sahur agar Kuat Berpuasa - Lynette Lo Tom
Photo Source: Lynette Lo Tom
Gak sekedar mudah mendapatkannya saja, kamu juga bisa dengan mudah untuk mengolahnya, salah satu yang paling mudah untuk kamu sajikan di saat sahur adalah menggoreng telur mata sapi. Selain itu juga kamu bisa membuat cawan musi dengan merebus telur setengah matang yang ditambah dengan lada dan juga garam.

Buah dan Sayur

Tips Makan Sahur agar Kuat Berpuasa - healthyforgood
Photo Source: healthyforgood
Saat berpuasa tubuh kita membutuhkan asupan air dalam tubuh yang lebih dari pada biasanya. Mengkonsumsi air pada saat sahur saja tidak cukup untuk memberi cadangan air dalam tubuh. Salah satu cara untuk tetap menjaga kadar air dalam tubuh adalah dengan mengkonsumsi buah dan juga sayur.
Mengkonsumsi buah dan sayur pada saat sahur menjadi salah satu cara paling ampuh untuk menjaga kadar air dalam tubuh kita, sehingga kita akan dehidrasi selama menjalani ibadah puasa. Gak cuma sekedar menjaga kadar air saja, mengkonsumsi buah dan sayur juga bisa menambah stamina kita juga lho!
Tips Makan Sahur agar Kuat Berpuasa - caloriesecrets
Photo Source: caloriesecrets
Buah pisang dapat membantu kamu untuk meningkatkan stamina selama menjalani aktivitas juga membantu kamu untuk menghilangkan rasa lapar karena kandungan serat yang terdapat dalam buah pisang. Buah-buahan lain seperti apel juga bisa membantu kamu untuk menghilangkan rasa ngantuk di pagi hari lho kalau kamu konsumsi apel pada saat sahur.

Lemak

Tips Makan Sahur agar Kuat Berpuasa - foodisglorious
Photo Source: foodisglorious
Selalu pastikan setiap makanan yang kamu konsumsi pada saat sahur memiliki kandungan lemak ya. Walaupun kata lemak terkesan jahat dan banyak banget dihindari banyak orang, lemak juga ternyata memiliki peran penting dalam keseimbangan tubuh kita.
Lemak sehat sangat diperlukan dalam tubuh kita untuk memberikan masa tubuh yang optimal. Mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak pada saat sahur juga bisa mengurangi rasa lapar kamu saat berpuasa lho.
Tips Makan Sahur agar Kuat Berpuasa - Megan
Photo Source: Megan
Makanan yang mengandung lemak baik yang bisa kamu konsumsi pada saat sahur salah satunya adalah susu, kacang-kacangan, minyak ikan, keju, dan juga daging. Kamu juga bisa mengkonsumsi yogurt sebagai salah satu dessert kamu saat sahur untuk menyeimbangkan kadar lemak sehat dalam tubuh kamu.

Vitamin dan Mineral

Tips Makan Sahur agar Kuat Berpuasa - health.libe
Photo Source: health.libe
Seperti yang sudah dibahasa sebelumnya, tubuh kita sangat membutuhkan kadar air yang lebih pada saat berpuasa. Untuk itu perlu banget kita mengkonsums air putih dengan porsi yang cukup sehingga tubuh kita terhindar dari dehidrasi. Air mineral lainnya pun juga bisa kamu konsumsi seperti air mineral yang sudah dikemas dalam botol.
Mengkonsumsi vitamin juga dapat membantu kamu untuk menjaga stamina dan daya tahan tubuh selama berpuasa. Vitamin bisa kamudapatkan dari setiap makanan yang kamu konsumsi, terutama buah dan sayur yang sangat kaya akan vitamin dari mulai vitamin a dan juga vitamin c.
Tips Makan Sahur agar Kuat Berpuasa - today
Photo Source: today
Kalau kamu ragu dengan kadar vitamin yang berasal dari buah dan sayur, kamu juga bisa mengkonsumsi vitamin yang sudah berbentuk pil atau pun kapsul seperti yang banyak dijual di pasaran. Selain air mineral, kamu juga bisa mengkonsumsi air kelapa sebagai pengganti cairan elektrolit yang hilang selama berpuasa lho!