Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App
Qraved x GoFood5 Tips Jitu Supaya Tetap Sehat Makan di Kaki Lima

5 Tips Jitu Supaya Tetap Sehat Makan di Kaki Lima

Chandra WijayaChandra Wijaya
5 Tips Jitu Supaya Tetap Sehat Makan di Kaki Lima - Main Photo
5 Tips Jitu Supaya Tetap Sehat Makan di Kaki Lima
Salah besar jika ada yang bilang makanan kaki lima atau pinggir jalan adalah makanan yang harus dihindari karena tidak sehat. Selama bisa kita siasati, semua tak jadi masalah kan? Lagipula, berhadapan dengan tanggal-tanggal tua yang menjadi momok pikiran, makan di kaki lima jadi hal paling menyenangkan dalam hidup. Untuk itu, mari ketahui lebih baik tips-tips yang bisa kita lakukan saat makan di jajanan kaki lima. Ini dia ulasannya!

Pilih Tempat Makan yang Tak Terlalu Menghadap ke Jalan

5 Tips Jitu Supaya Tetap Sehat Makan di Kaki Lima - Kita Muda
Photo Source: Kita Muda
Kaki lima sendiri punya konsep yang beragam lagi, lho. Dari beragam jenis kaki lima, ada yang berupa tenda, gerobak, lesehan, ruko, dan lain-lain. Nah bagi kamu pemburu jajanan kaki lima, ada baiknya memperhatikan jenisnya sesaat. Akan lebih baik jika kamu mencari tempat yang setidaknya memiliki penutup, seperti kaca atau tirai yang tidak terlalu terbuka ke area jalanan. Sehingga dengan begitu, kadar polusi kendaraaan atau debu tidak kentara hinggap ke makanan kamu.

Perhatikan Juga Keadaan Lokasi Kaki Lima Tersebut

5 Tips Jitu Supaya Tetap Sehat Makan di Kaki Lima - Wikipedia
Photo Source: Wikipedia
Nah untuk poin ini, kamu harus lebih memperhatikan keadaan di sekitar jajanan tersebut. Usahakan untuk menghindari jajanan yang dekat dengan area penuh bakteri, seperti selokan, tempat sampah, dan lain-lain. Tapi kalau kamu memang tak punya pilihan lain, atau bisa dibilang perut terlanjur super lapar, nggak ada salahnya untuk meminta penjual menggunakan lilin dekat makanan, sehingga terhindar dari lalat yang punya banyak bakteri.

Bersihkan Alat Makan Sendiri Terlebih Dahulu

5 Tips Jitu Supaya Tetap Sehat Makan di Kaki Lima - Saliha
Photo Source: Saliha
Bukan bermaksud untuk menjadikan kamu orang yang super steril, tapi kalau kamu memilih makan di spot yang kurang higienis, nggak ada salahnya untuk membersihkan dengan sekedar lap piring dan sendok menggunakan tisu basah antiseptik.

Santap Makanan Selagi Hangat

Karena selain rasanya makin nikmat, makanan yang masih hangat itu bisa terbebas dari bakteri. Tahukah kamu, bahwa kuman dan bakteri itu dapat mati dalam suhu minimal 60°C. Pastikan juga untuk si penjual menyajikan makananmu langsung saat setelah dipesan, sehingga saat kamu makan akan benar-benar hangat. Hindari makanan yang sudah dingin, ya!

Perhatikan Makanannya

5 Tips Jitu Supaya Tetap Sehat Makan di Kaki Lima - Broadsheet
Photo Source: Broadsheet
Kamu juga harus memperhatikan jenis makanan dan juga penyajiannya saat menyantap kaki lima. Misalnya sate, hindari untuk mengonsumsi sate yang dibakar hingga gosong, karena di dalam gosong tersebut terkandung karnosigen yang berbahaya buat kesehatan. Namun yang paling penting, kurangi penyedap rasa ya!
Qraved | Life is Tasty