Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

5 Tips Ampuh Menjaga Berat Badan Saat Lebaran

Kidosm Kidosm
Tips Makan Puas Saat Lebaran Tanpa Khawatir dengan Berat Badan1
hadiantoko.net
Momen lebaran selalu ditunggu-tunggu oleh seluruh umat Muslim setelah menahan nafsu, lapar, dan dahaga selama satu bulan penuh. Momen merayakan kemenangan di hari yang suci ini juga terkenal dengan tradisi berkunjung ke rumah tetangga dan sanak saudara, serta mencicipi beragam makanan khas Lebaran yang menggugah selera. Tapi, tersedianya banyak makanan di rumah bisa bikin kamu kalap dan lupa dengan kalorinya. Untuk kamu yang takut gemuk, ada baiknya, nih, cobain tips di bawah ini biar berat badanmu tetap terjaga!
Tapi, sebelum simak tips di bawah ini, pastikan kamu sudah download aplikasi Qraved untuk dapetin tips makan enak dan puas lainnya!

1. Jaga Mental Puasamu

2
Photo Source:  kolom.abatasa.co.id
Tidak ada salahnya merayakan lebaran dengan makan makanan khas Lebaran yang rasa dan tampilannya menggiurkan. Namun, kamu juga perlu menjaga mental puasamu. Eits, bukan berarti harus kembali berpuasa, ya. Tetapi kamu harus menahan keinginanmu untuk menyantap makanan secara berlebihan, karena saat berpuasa, kamu bisa kuat menahan godaan makanan.

2. Memerhatikan Asupan yang Masuk ke Dalam Perut

3
Photo Source:  bisikan.com
Opor ayam, semur daging, rendang, dan kue nastar adalah makanan khas Lebaran yang terasa nikmat namun mengandung kalori yang cukup tinggi. Bagi kamu yang memiliki tubuh yang responsif dan mudah bereaksi terhadap kalori yang masuk, bisa jadi kamu mengalami kenaikan berat badan dengan cepat. Hal ini bisa kamu minimalisir dengan memerhatikan asupan yang masuk seperti mengurangi porsian makan, hingga menggunakan piring kecil untuk mengambil makanan agar nggak kalap.
3. Hindari Minuman Bersoda
4
Photo Source:  theconversation.com
Setelah lelah berkeliling dan bersilaturahmi dengan tetangga dan sanak saudara, tubuh akan merasa lelah dan butuh minuman yang bisa membuatnya kembali segar. Minuman bersoda sering kali tersaji sebagai jamuan dan tersedia di meja makan dan ruang tamu tiap-tiap rumah. Kamu perlu menghindari minuman bersoda, karena minuman bersoda dapat meningkatkan resiko diabetes, obesitas, dan membahayakan ginjal. Nggak mau, kan, berat badanmu naik karena terlalu banyak minum minuman bersoda?

4. Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayuran

5
Photo Source:  divorceattorneystockton.com
Makanan yang tersaji saat Lebaran memang menggiurkan. Namun, kamu juga perlu menyeimbangkannya dengan mengonsumsi buah dan sayuran yang dapat menekan nafsu makan berlebihan dan segudang manfaat yang terkandung di dalamnya. Meskipun kamu akan dikelilingi makanan bersantan, kamu juga bisa, lho, mengakalinya dengan memasak sayuran pendamping atau bahkan menyediakan banyak buah-buahan di meja makan agar berat badanmu seimbang.

5. Jalin Silaturahmi dan Bercengkrama dengan Keluarga

6
Photo Source:  npr.org
Mungkin banyak di antara kamu yang saat bulan puasa lebih banyak menghabiskan waktu di luar bersama teman dan aktifitas bekerja. Manfaatkan momen Lebaran untuk bersilaturahmi dan menghabiskan waktu bareng keluarga dan sanak saudara. Karena selain kamu bisa menjadi lebih akrab satu sama lain dan tidak mengurung diri dengan menghabiskan makanan yang ada, kamu juga dapat pahala. Bercengkrama dengan keluarga itu asyik, lho!