Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App
Qraved x GoFood5 Tips Agar Tidak Dehidrasi di Bulan Puasa

5 Tips Agar Tidak Dehidrasi di Bulan Puasa

Handy NursatyoHandy Nursatyo
Memasuki bulan puasa, terkadang beberapa orang telah mempersiapkan diri untuk menjaga fisiknya. Hal tersebut guna tetap fit untuk menjalankan bulan puasa hingga akhir. Namun, saat melaksanakan puasa masih banyak orang yang menjalankannya terkena dehidrasi, terlebih pada siang hari.
Hal tersebut disebabkan oleh sinar matahari yang terik dan semakin jauh dari waktu sahur, perlahan mengurangi asupan cairan di dalam tubuh. Pengurangan asupan cairan dapat berakibat pada menurunnya prodiktivitas kerja. Untuk mencegah hal tersebut, inilah 5 cara agar tidak dehidrasi saat menjalankan ibadah puasa.

1. Atur Asupan Cairan Saat Sahur dan Buka

5 Cara Agar Tidak Dehidrasi di Bulan Puasa - style.tribunnews.com
Photo Source: style.tribunnews.com
Asupan cairan yang cukup menjadi salah satu faktor penentu agar tidak terjadi dehidrasi. Pembagian asupan cairan harus tepat, maka sangat disarankan untuk Meminum dua gelas air putih saat sahur, meminum segelas minuman manis dan segelas air putih saat berbuka, dan meminum tiga gelas cairan saat makan malam. Ukuran minuman dapat diukur sendiri sesuai dengan kebutuhan tubuh.

2. Konsumsi Buah yang Kaya Air

5 Cara Agar Tidak Dehidrasi di Bulan Puasa - www.esquire.co.id
Photo Source: www.esquire.co.id
Jika meminum air merupakan hal yang masih dianggap kurang, kamu bisa menambahkan menu buah pada jadwal sahur dan berbuka. Sangat disarankan untuk memenuhi kebutuhan cairan dengan menambahkan buah-buahan, seperti semangka, apel, pir, dan melon. Buah-buahan tersebut dipercaya dapat menjaga tubuh dari dehidrasi karena diperkaya oleh air.

3. Jangan Banyak Tidur

5 Cara Agar Tidak Dehidrasi di Bulan Puasa - hellosehat.com
Photo Source: hellosehat.com
Walaupun tidur itu merupakan hal yang baik saat menjalankan ibadah puasa, tetapi kalau terlalu banyak tidur akan menjadi hal yang sangat tidak baik bagi tubuh. Mengapa? Saat tidur, cairan juga akan tetap dikeluarkan oleh tubuh. Hal ini termasuk dalam insensible water loss (kehilangan cairan tanpa terasa). Jika terlalu banyak tidur, maka akan semakin banyak cairan yang hilang.

4. Hindari Kaffein

5 Cara Agar Tidak Dehidrasi di Bulan Puasa - radarpekalongan.co.id
Photo Source: radarpekalongan.co.id
Sangat tidak disarankan untuk mengonsumsi kaffein di bulan puasa. Perlu diketahui bahwa kandungan kefein dalam kopi dapat menimbulkan rasa haus dan dehidrasi lebih banyak dibanding minuman lainnya. Tak hanya itu, mengonsumsi kopi saat berbuka atau sahur juga bisa memicu naiknya asam lambung.

5. Konsumsi Air Kelapa

5 Cara Agar Tidak Dehidrasi di Bulan Puasa - bidanku.com
Photo Source: bidanku.com
Ini merupakan cara paling brilian untuk menghindari dehidrasi di bulan puasa. Mengonsumsi air kelapa saat sahur dan berbuka dapat membebaskan kamu akan ketakutan dehidrasi saat menjalankan ibadah puasa. Air kelapa yang mengandung isotonik dan elektrolit alami dipercaya dapat mengatasi dehidrasi saat berpuasa. Tidak hanya itu saja, air kelapa memiliki kandungan vitamin dan mineral yang sangat tinggi.
Qraved | Life is Tasty