Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

5 Tips Agar Terhindar dari Susah BAB Saat Berpuasa

Kidosm Kidosm
5 Tips Agar Terhindar dari Susah BAB Saat Berpuasa1
perc360.com
Pola makan yang berubah saat berpuasa, menyebabkan proses pencernaan di dalam tubuh juga jadi ikut berubah. Menahan haus dan lapar selama lebih dari 12 jam membuat kerja usus dan lambung menjadi lebih keras karena kurangnya asupan air. Hal inilah yang menyebabkan perut susah BAB dan pencernaan menjadi tidak lancar. Bagaimana, ya, tipsnya?
Sebelum kamu cari tahu tentang tips agar terhindar dari susah BAB saat berpuasa, pastikan kamu sudah download aplikasi Qraved untuk dapetin tips-tips dan info seputar kuliner yang ada di Jabodetabek!

1. Hindari Makan Gorengan Secara Berlebih

2
Photo Source:  yukepo.com
Gorengan menjadi makan yang digemari khususnya saat berbuka. Kegiatan ngabuburit dengan mencari penganan untuk buka puasa, memang jadi momen seru di sela-sela aktifitas. Tapi, tahukah kamu kalau mengonsumsi gorengan secara berlebihan saat berbuka akan membahayakan kesehatan pencernaanmu? Hal ini dikarenakan gorengan itu sendiri yang tidak mengandung serat, melainkan lemak jenuh yang hanya akan menambah kolesterol jahat di dalam tubuh.

2. Perbanyak Konsumsi Sayur dan Buah

3
Photo Source:  active.com
Seperti yang kita tahu bahwa buah dan sayuran memiliki banyak manfaat. Selain untuk menjaga kesimbangan asupan makanan yang masuk ke dalam perut, buah dan sayuran juga memiliki kandungan berupa vitamin, mineral, dan serat yang baik untuk kelancaran proses pencernaan. Konsumsi sayuran hijau dan buah-buahan seperti pepaya, pisang, semangka, apel, belimbing, pir, dan jambu biji terutama sesaat setelah berbuka dan saat sahur tiba dapat memperlancar pencernaan kamu, lho!

3. Perbanyak Aktifitas

4
Photo Source:  rd.com
Meskipun sedang berpuasa, bukan berarti kamu harus mengurangi aktifitas agar tidak haus. Justru saat tubuh tidak melakukan banyak gerakan, maka otot-otot akan jarang terlatih untuk bergerak sebagaimana mestinya. Terutama otot perut, saat kamu lebih sering diam di tempat, maka otot perut akan mengurangi kinerjanya, sehingga kamu akan lebih sulit untuk BAB. Pastikan kamu tetap aktif beraktifitas, ya!

4. Hindari Tidur Setelah Bersantap Sahur

5
Photo Source:  thegreenlivingexpert.com
Bangun saat sahur memang dapat mengurangi waktu tidur kamu. Namun, jika ingin pencernaan mu lancar amat dianjurkan untuk tidak langsung tidur setelah menyantap sahur, lho. Hal ini dikarenakan makanan tidak akan terproses sempurna jika kamu langsung tidur sesaat setelah santap sahur, dan menyebabkan sulit BAB.

5. Perbanyak Minum Air Mineral

6
Photo Source:  paninaro.in
Sudah bukan rahasia lagi kalau air mineral menyimpan banyak manfaat yang terkandung di dalamnya. Selain memiliki kandungan mineral yang baik untuk mencegah tubuh dehidrasi, ternyata air mineral dapat menetralisir racun yang ada di dalam tubuh. Khususnya bagi kamu yang merasa susah BAB selama berpuasa, air mineral juga sangat baik untuk membersihkan saluran pencernaan hingga menggantikan cairan tubuh yang hilang, menjaga suhu tubuh. Kamu bisa meminum 8 gelas air mineral dalam sehari, yang dibagi menjadi 2-2-4, yaitu 2 gelas saat berbuka puas, 2 gelas saat sahur, dan 4 gelas sepanjang malam.
Gimana, guys, sudah tau kan bagaimana menghindari susah BAB saat puasa? Lakukan minimal 5 hal di atas, ya! Agar kesehatan tubuh dan kelancaran proses pencernaan dalam tubuhmu terjaga selama bulan puasa.