Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App

5 Style Bartending ala Jepang

Handy NursatyoHandy Nursatyo
Nama bartending besar di Amerika pada awal abad ke-18. Walaupun mejadi kiblat, teknik bartending memiliki banyak sekali variasi di tiap negara, dan salah satunya adalah Jepang. Negeri matahari terbit ini memiliki sejumlah cara untuk meracik minuman campuran ini. Karakter mencapur minuman ini sangat sulit diterjemahkan, namun sangat terasa karakter ketimurannya bila dilihat dengan mata telanjang. Inilah 5 teknik bartending dasar yang biasa dilakukan di Jepang.

1. Hard Shake

Bartending 101: 5 Style Bartending ala Jepang - questamiamilano.com
Photo Source: questamiamilano.com
The Hard Shake, yang dikembangkan oleh Uyeda di Tender Bar di Tokyo, mungkin merupakan salah satu style yang paling terkenal. Dirancang untuk aerasi maksimal, pola penggilingan yang rumit berfungsi untuk mengintegrasikan rasa secara efisien dan melengkapi cocktail yang dihasilkan tanpa terlalu banyak menipiskan minuman.

2. Ice Cube in a Coupe

Bartending 101: 5 Style Bartending ala Jepang - punchdrink.com
Photo Source: punchdrink.com
Dikenal sebagai gaya Tokyo Kaikan, referensi ke bar tempat pertama kali terlihat, praktik menyajikan minuman di es batu. Teknik ini membantu cocktail tertentu yang benar-benar bergantung pada suhu yang lebih rendah untuk mendapatkan rasa yang tetap.

3. Highball Method

Bartending 101: 5 Style Bartending ala Jepang - punchdrink.com
Photo Source: punchdrink.com
Metode tumpukan es tersebut menempati urutan pertama di dunia minuman Jepang. Teknik ini membutuhkan ritual persiapan setara dengan upacara minum teh. Bola-bola es gaya Jepang lebih halus dan kadar alkohol yang lebih rendah dibandingkan dengan sytle Barat.

4. Diamond-Cut Ice

Bartending 101: 5 Style Bartending ala Jepang - punchdrink.com
Photo Source: punchdrink.com
Seperti banyak teknik cocktail Jepang, potongan es berlian melayani tujuan fungsional dan estetika. Dimulai dengan es batu sebening kristal di atas talenan, lalu potong satu sisi es pada sudut 45 derajat untuk membentuk sisi atas. Kemudian tempatkan sisi atas kubus ke bawah dan memotong sepanjang sisi kubus pada sudut yang lebih tumpul, sekitar 60 derajat. Kemudian potong secara horizontal, memotong ke dalam talenan pada sudut yang berlawanan dari potongan terakhir, menciptakan total keseluruhan 24 sisi.

5. Vermouth Sidecar

Bartending 101: 5 Style Bartending ala Jepang - punchdrink.com
Photo Source: punchdrink.com
Sidecar adalah martini kering ekstra yang menyajikan vermouth sebagai pelengkap minuman itu sendiri. Ini merupakan cara untuk membuat martini dengan jumlah vermouth yang sempurna. Membuat minuman ini cukup sederhana. Ambil shaker, lalu isi dengan es, dan tambahkan vermouth kering. Kocok vermouth dan es batu. Setelah mengocok es dan vermouth, saring cairan ke dalam gelas kecil.