Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App

5 Sejarah Di Balik Menu Hidangan Khas Nyepi

Sharima UmayaSharima Umaya
Nyepi merupakan hari raya umat Hindu yang dirayakan setiap tahun Baru Saka. Hari ini jatuh pada hitungan Tilem Kesanga (IX) yang dipercayai merupakan hari penyucian dewa-dewa, di mana di hari ini, dewa-dewa berada di pusat samudera yang membawa intisari amerta air hidup.
Layaknya setiap hari raya, Nyepi pun ada makanan-makanan khas, lho! Pengen tahu apa saja makanan yang identik dengan hari raya yang satu ini?
Sebelum baca artikel ini, buat yang belum download Qraved App, jangan lupa buat download ya biar update terus informasi seputar kuliner!

Entil

Menu-Menu Khas Saat Nyepi yang Wajib Kamu Ketahui!  - Teluk Love
Photo Source: Teluk Love
Menu pertama yang identik sama Nyepi adalah Entil.
Entil adalah makanan tradisional masyarakat desa Wongaya Gede nih, menu ini dibuat khusus pada hari raya Nyepi. Kalau lebaran ada ketupat, bisa dibilang Entil mirip-mirip sama ketupat karena makanan ini merupakan sejenis ketupat yang dibuat dari beras kemudian dibungkus daun lalu diikat dengan bambu.
Entil mengalami perebusan yang semakin lama, sehingga membuat rasanya nikmat dan awet.

Nasi Tepeng

Menu-Menu Khas Saat Nyepi yang Wajib Kamu Ketahui!  - KSMTour
Photo Source: KSMTour
Nasi Tepeng merupakan menu khas dari Gianyar. Menu ini dimasak dengan campuran lengkap rempah-rempah dan lada membuat terasa pedas di lidah. Apalagi kamu menyukai makanan pedas, makanan ini cocok banget buat kamu dan wajib kamu coba!
Umumnya, Nasi Tepeng dilengkapi dengan sayuran seperti kacang panjang, kacang merah, nangka muda, terong, daun kelor, dan kelapa parut.

Pulung

Menu-Menu Khas Saat Nyepi yang Wajib Kamu Ketahui!  - TelukLove
Photo Source: TelukLove
Pulung merupakan makanan khas dari wilayah Sukasada. Makanan ini adalah salah satu jajanan yang digunakan dalam tradisi umat Hindu dalam memperingati hari raya Pengerupukan, buat yang belum tahum Pengerupukan jatuh satu hari sebelum hari raya Nyepi.
Pulung terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan tepung kanji lalu dikukus, diuleni, dibentuk, kemudian direbus hingga matang. Sebagai pemanis, Pulung disajikan dengan parutan kelapa muda diatasnya.

Lawar

Menu-Menu Khas Saat Nyepi yang Wajib Kamu Ketahui!  - Masakan Dapurku
Photo Source: Masakan Dapurku
Diantara makanan-makanan diatas, mungkin sudah pada familiar dengan hidangan yang satu ini.
Lawar terbuat dari campuran sayuran dan daging cincang yang diberi bumbu khas Bali. Penamaan Lawar sendiri tergantung dari jenis bahan yang digunakan. Contohnya misal ada Lawar Ayam, Lawar Babi, Lawar Nangka, dan lain sebagainya.

Ayam Betutu

Menu-Menu Khas Saat Nyepi yang Wajib Kamu Ketahui!  - Pegipegi
Photo Source: Pegipegi
Dari list ini, selain Lawar mungkin juga pada sudah familiar sama Ayam Betutu.
Hidangan satu ini memang sangat lezat dan identik banget sama Bali. Tahukah kamu? Ayam Betutu dibuat oleh pasangan asal Gianyar, Ni Wayan Tempeh dan suaminya I Nyoman Suratna. Pasangan ini membuat kreasi ayam betutu untuk dijual di Terminal Lama Gilimanuk sejak tahun 1976. Kok identik sama Nyepi?
Alasannya, Ayam Betutu soalnya merupakan makanan yang sering kali dijadikan sajian untuk acara sesembahan saat Upacara keagamaan umat Hindu.