Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App

5 Sajian Lezat Khas Asia untuk Menu Buka Puasa

Happy FerdianHappy Ferdian
Sebentar lagi puasa nih, sudah siapkah kamu memasuki bulan suci Ramadhan? Segala rupa makanan, mulai dari yang langka hingga kreasi unik kekinian, bisa mudah ditemukan di segala penjuru kota, terutama ketika menjelang waktu berbuka. Kira-kira, suasana semarak seperti ini terjadi di masyarakat negara lain yang sama-sama menjalankan ibadah puasa?
Jawabannya, antara ya dan tidak. Namun, beberapa negara Asia berikut -- yang dihuni oleh cukup banyak komunitas Muslim – juga memiliki sajian khas untuk berbuka. Berikut ini merupakan beberapa diantaranya.
Malaysia – Bubur Lambuk
 - Malaysia Tatler
Photo Source: Malaysia Tatler
Kebiasaan berbuka puasa di Negeri Jiran memang tidak seheboh di Indonesia, meski menu yang biasa disantap cukup beragam. Salah satu yang paling sering disajikan saat berbuka puasa di Malayasia adalah Bubur Lambuk. Ini merupakan bubur gurih yang sekilas serupa dengan bubur Manado, namun lebih kaya rasa dan isiannya. Bubur Lambuk biasanya berbentuk bubur beras yang dicampur dengan potongan ubi, irisan daging sapi, udang, dan aneka dedaunan masak yang harum.
Singapura – Roti John
Karena Malaysia merupakan negara-kota yang sangat multikultural, maka hampir sulit dipastikan hidangan apa yang biasa disantap oleh Singaporean saat berbuka puasa. Namun, jika melihat kebiasaan santap santai masyarakat setempat, Roti John sepertinya adalah pilihan yang tepat. Ini merupakan semacam sandwich, berbentuk sepotong roti yang diisi oleh irisan daging ayam atau kambing, omelet, irisan bawang merah, dan saus sambal atau saus tomat. Hidangan ini semakin terasa mantap ketika disajikan bersama dengan Teh Tarik, baik dingin ataupun panas.
Thailand – Som Tam
 - Wikipedia
Photo Source: Wikipedia
Meski komunitas Muslim adalah minoritas di sini, bukan berarti tidak ada makanan khas setempat yang cocok dijadikan menu berbuka puasa. Salah satu yang paling sering disantap oleh masyarakat Muslim Thailand saat berbuka adalah Som Tam, atau salad papaya. Salad yang menyerupai asinan ini memiliki cita rasa asam pedas yang membalut serutan papaya muda bertekstur kesat. Kamu bisa menambahkan beberapa topping lezat di atasnya, seperti ebi atau udang kering, suwiran daging sapi, atau saus telur asin. Yummy!
Filipina – Buko Pandan
5 Sajian Lezat Khas Asia untuk Menu Buka Puasa - kawalingpinoy
Photo Source: kawalingpinoy
Buko Pandan merupakan desert manis yang kerap disajikan oleh masyarakat Muslim di selatan Filipina sebagai hidangan spesial, mulai untuk pesta hingga menu tak’jil saat berbuka puasa. Sekilas, penampilan Buko Pandan serupa dengan Bubur Sumsum, meski bahan baku utamanya berasal dari kelapa muda dan daun pandan. Mau disajikan hangat atau dingin, sama-sama lezat. Apalagi jika ditambah dengan tambahan Nata de Coco, maka akan muncul sensasi kenyal yang unik. Slurrp!
India – Samosa
 - The Tiffin Box
Photo Source: The Tiffin Box
Sajian serupa pastel goreng ini sejatinya lazim ditemukan di negara-negara yang memiliki komunitas Muslim cukup besar. Namun berbeda di India, Samosa tidak diisi dengan daging, melainkan aneka sayuran, seperti kacang polong, kentang, atau lentil. Tradisi ini tidak lain sebagai penghormatan terhadap budaya leluhur yang berakar dari Hindu, di mana hewan-hewan pantang untuk dijadikan bahan makanan untuk manusia. Hal lain yang membuat Samosa khas India unik adalah penggunaan bumbu kari yang cukup kuat di adonan isinya, sehingga mungkin bagi selain orang India, akan cepat membuat kenyang.