Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App

5 Menu Takjil untuk Berbuka yang Enak dan Menyehatkan

Ody MuhammadOdy Muhammad
Berburu takjil adalah kegiatan yang seru dan sering dilakukan sebagian besar orang sembari menunggu waktu berbuka. Mulai dari gorengan, kue kering, kue basah, es campur, sop buah, hingga kolak tak pernah lepas dari list menu berbuka yang wajib dibeli. Tapi, pernahkah kamu sadari kalau membeli sembarang takjil bisa membuatmu malah sakit perut karena kebersihannya kurang terjamin? Sebelum terlambat, Qraved mau kasih tau tips memilih takjil yang enak dan menyehatkan.
Tapi, sebelum intip tips berburu takjil di bawah ini, pastikan kamu sudah download aplikasi Qraved untuk dapetin informasi tentang makanan yang enak dan menyehatkan lainnya yang ada di Jakarta dan sekitarnya.

Gorengan Homemade

7 Takjil untuk Menu Berbuka yang Enak dan Menyehatkan - medikoe.com
Photo Source: medikoe.com
Karena sudah menjadi makanan yang murah dan rasanya yang bikin susah berhenti mengunyah, maka tak heran kalau gorengan sering dijadikan pilihan takjil. Tapi, kenyataannya mengonsumsi gorengan berlebihan saat berbuka bisa menimbulkan gangguan pencernaan. Apalagi kalau minyak yang dipakai sudah digunakan berkali-kali.
Walaupun makanan yang digoreng sebaiknya dihindari, tapi kamu bisa mengakalinya dengan membuat gorengan sendiri di rumah. Selain menggunakan bahan-bahan yang aman dikonsumsi, kamu juga bisa menggunakan minyak goreng baru agar lebih higienis dan kebersihan makanan di rumah lebih terkontrol.

Kolak Pisang Rumahan

7 Takjil untuk Menu Berbuka yang Enak dan Menyehatkan - merdeka.com
Photo Source: merdeka.com
Sama seperti gorengan, kolak pisang juga bisa ternyata bisa juga dibuat di rumah dan menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemukan. Kamu cukup sediakan buah pisang, ubi kuning, santan, daun pandan, gula pasir, gula merah, garam dan fanili.
Cara membuatnya ialah dengan merebus air dengan ubi kuning, sampai tekstur ubi melunak. Kemudian masukan santan, gula pasir, gula merah, garam, vanili dan daun pandan secara bergantian. Pastikan kamu menggunakan api kecil dan aduk perlahan. Lalu masukan potongan pisang, tunggu sebentar. Kini, kolak pisang siap disajikan!

Sop Buah Segar

Nggak ada yang salah dengan menjadikan sop buah sebagai hidangan untuk berbuka. Sop buah berisi mermacam buah-buahan yang segar dan dibutuhkan untuk menyuplai vitamin ke dalam tubuh yang hilang saat berpuasa. Airnya yang manis dan menyegarkan selalu sukses membuatmu menelan ludah saat melihat penampakannya.
Namun, ada baiknya kamu coba untuk membeli sop buah yang baru akan dibuat setelah kamu memesannya. Karena kamu dapat melihat proses memotong buahnya langsung dan yang paling penting adalah kamu bisa meminta penjualnya untuk memerhatikan takaran gula dan susu yang dipakai.

Pudding Mangga

5 Menu Takjil untuk Berbuka yang Enak dan Menyehatkan - asianfoodchannel.com
Photo Source: asianfoodchannel.com
Selama bulan puasa, terkadang pencernaanmu menjadi nggak lancar karena kurangnya air dan serat yang dicerna tubuh. Hal ini harus dihindari karena dapat menyebabkan sembelit dan menurunnya produktifitas.
Ternyata, masalah seperti itu mudah disiasati dengan mengonsumsi puding mangga. Karena buah mangga itu sendiri memiliki kandungan nutrisi seperti antioksidan, Magnesium, Kalsium, kandungan serat dan Vitamin A dan C. Tak heran juga mengapa buah mangga sering dijadikan buah pendamping saat diet. Selain itu, pudding mangga juga ampuh untuk mencegah panas dalam, lho!

Kurma

5 Menu Takjil untuk Berbuka yang Enak dan Menyehatkan - hellosehat.com
Photo Source: hellosehat.com
Kalau yang satu ini sudah terbukti sebagai buah mujarab yang ampuh mengatasi berbagai permasalahan dalam tubuh khususnya menjaga kesehatan. Nabi pun menganjurkan untuk berbuka puasa dengan air putih dan 3 buah kurma, lho.
Kurma dapat menahan nafsu makanmu, sehingga kamu tetap bisa fokus beribadah sholat Maghrib dan Tarawih walaupun belum makan makanan berat. Selain itu, Kurma memiliki manfaat lain seperti menjaga kesehatan pencernaan dalam tubuh, mencegah diabetes, mencegah anemia, hingga memperkuat kerja jantung, lho! Hebat, kan? Jadi, jangan malas-malas makan buah Kurma, ya, guys!