Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

5 Manfaat Dibalik Gula Aren yang Lagi Trending

Kidosm Kidosm
gula aren - Photo 1
myimage.id
Gula aren adalah gula yang dihasilkan dari penyadapan air nira dari pohon aren dan biasanya menggunakan bunga jantan karena kandungan dan kualitas air nira yang lebih baik dibanding bunga betina. Gula aren kini banyak diminati banyak orang terutama untuk beberapa kedai kopi karena rasanya yang khas.
Gula aren diyakini mampu membawa banyak manfaat karena kandungan zat, seperti karbohidrat, protein, lemak, kalsium, zat besi, fosfor, vitamin B3, dan vitamin C. Sehingga gula aren bisa jadi alternatif untuk yang ingin menghindari manis yang berlebih dari gula putih biasa.
Lalu, kira-kira apa saja manfaat gula aren bagi kesehatan yang belum banyak orang sadari? Qraved sudah punya kelima listnya. Penasaran?

1. Mencegah penyakit kanker

2
Photo Source:  medicinenet.com
Semua orang pasti sudah mengetahui bahwa kanker adalah salah satu penyakit yang paling ditakuti oleh banyak orang. Karena sel-sel jahatnya yang bisa menyebabkan kematian. Namun, ternyata kandungan vitamin C yang tinggi pada gula aren bisa menangkal zat-zat radikal bebas penyebab penyakit kanker.

2. Mencegah anemia

3
Photo Source:  okaydoc.com
Anemia atau kekurangan sel darah merah bisa menyebabkan kulit pucat, pusing, mata berkunang-kunang, hingga kelelahan yang terasa berlebihan. Zat besi yang terdapat pada gula aren ternyata diyakini cukup ampuh untuk mengatasi gejala tersebut dan membuat penderitanya perlahan pulih berkat meningkatnya produksi sel darah merah.

3. Mencegah rusaknya kulit

4
Photo Source:  skincare.com
Kandungan antioksidan pada gula aren yang cukup tinggi ternyata juga bisa membuat kamu terhindar dari kerusakan kulit. Sebab kandungan antioksidan dapat mencegah dari zat radikal bebas yang membuat kulit menjadi rusak jika tidak dirawat baik dari luar maupun dalam.

4. Menjaga kadar kolesterol tetap aman

5
Photo Source:  blogdokter.net
Mencegah kadar gula dan kolesterol dalam darah cukup sulit untuk dilakukan, apalagi bagi para penderita kolesterol yang sering mengalami kumat. Tetapi, gula aren yang mengandung vitamin B3 atau niasin yang bisa menjaga kesehatan jantung dan kadar kolesterol agar tetap aman.

5. Bahan pemanis alami yang lebih aman dari gula putih

6
Photo Source:  goola.id
Gula aren yang punya berbagai zat, kandungan, dan manfaat bagi kesehatan, diyakini lebih menyehatkan dibanding gula putih. Sehingga gula aren dirasa lebih aman untuk dijadikan pemanis alami yang cocok untuk bahan campuran berbagai minuman.
Nah, buat kamu yang ingin merasakan kesegaran minuman yang menggunakan gula aren yang baik untuk kesehatan, kamu bisa mencoba varian baru dari Goola, yaitu Es Goola Aren yang menggunakan campuran gula aren yang menambah rasa manis yang khas. Penasaran bagaimana kesegaran dari menu enak yang satu ini? Buruan cobain di store Goola terdekat!