Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App
Qraved x GoFood5 Makanan Pengusir Stres dan Bikin Happy

5 Makanan Pengusir Stres dan Bikin Happy

Ria IsnaeniRia Isnaeni
Ternyata, makanan itu tidak cuma bisa membuat perut bahagia, tapi juga bisa membuat pikiran kita bahagia lho! Beberapa jenis makanan ini bisa memicu hormon dopamin di otak.
5 Makanan Yang Bikin Happy - Nootriment
Photo Source: Nootriment
Hormon dopamin adalah salah satu sel kimia dalam otak yang tugasnya menyampaikan pesan dari satu saraf ke saraf yang lain. Hormo ini merupakan perantara bagi biosintesis hormon adrenalin dan noradrenalin.
Awalnya dopamine ini dikenal sebagai neurotransmitter yang menghantarkan sinyal hanya di dalam otak. Tapi ternyata, hormon dopamine ini memiliki fungsi bagi organ-organ lain. Misalnya didalam otak, dopamine memiliki peran dalam mengatur pergerakan, pembelajaran, daya ingat, emosi, rasa senang, tidur, dan kognisi.
5 Makanan Yang Bikin Happy - Gra
Photo Source: Gra
Ini nih contoh 5 makanan yang bisa bikin level hormon dopamin kamu meningkat.

Cokelat

5 Makanan Yang Bikin Happy - Margaret Manning
Photo Source: Margaret Manning
Cokelat memang sudah punya predikat "penyelamat mood yang sedang drop". Selain rasanya yang enak dan kaya akan antioksidan, cokelat merupakan salah satu cemilan yang dapat membantu kamu mengurangi rasa cemas.
5 Makanan Yang Bikin Happy - Yuko
Photo Source: Yuko
Cokelat diketahui dapat melepas endorphin yang ada di otak kita. Makanan ini mengandug anandamine atau molekul bahagia yang bisa menjalar ketubuh dan saraf-saraf kita. Berdasarkan hasil riset, coklat hitam lebih efektif lho untuk menghilangkan stress. Tapi ingat, jangan makan banyak-banyak ya!

Ikan Salmon

Ikan gurih ini biasa dinikmati sebagai salah satu produk sashimi kegemaran banyak orang. Seperti yang kita ketahui, ikan salmon itu kaya akan omega tiga nya. Nah, omega tiga ini berperan sangat penting dalam menjaga suasana hati dan kesehatan mental.
5 Makanan Yang Bikin Happy - Nagi
Photo Source: Nagi
Berdasarkan hasil riset, asam lemak sehat ini memiliki manfaat untuk melindungi tubuh dari depresi. Bahkan ada studi lain yang membuktikan asam lemak dari omega tiga bisa mengurangi rasa cemas.

Tahu

Siapa sih yang enggak suka makanan murah meriah dan mudah di cari ini? Sebagai masyarakat Indonesia, kita memang sudah terbiasa mengkonsumsi tahu atau tempe. Selain bisa dijadikan apapun dalam menu masakan, tahu juga cukup mudah di carinya.
Tau enggak sih? Ternyata, tahu merupakan sumber dari tyrosine. Tirosin merupakan salah satu dari asam amino penyusun protein. Pembetukan dari tirosin ini menggunakan bahan baku fenilalanina oleh enzim fenilalanin hidroksilase.
5 Makanan Yang Bikin Happy - BeritaInfo
Photo Source: BeritaInfo
Aside from those scientific facts, tirosin ini memiliki kemampuan dalam mengatur suasana hati. Karena, suasana hati kita itu sangat mudah berubah dan hal ini disebabkan oleh sistem saraf pada tubuh kita.
Tirosin membantu merangsang sistem saraf untuk bekerja dengan sempurna sehingga suasana hati dapat terkontrol secara stabil. Hal ini dapat mengurangi rasa stress maupun depresi lho!
5 Makanan Yang Bikin Happy - Haley
Photo Source: Haley
Selain sumber dari tirosin, tahu juga merupakan sumber dari protein yang dihasilkan oleh kedelai. Protein ini berguna untuk menyehatkan jantung dan bagus untuk mengurangi gejala monopause.

Kacang Almond

Food 101 : 5 Makanan Yang Bikin Happy - Irene Anindyaputri
Photo Source: Irene Anindyaputri
Selain tahu, ternyata kacang almond juga memiliki kandungan tirosin yang cukup banyak. Zat ini juga berperan dalam produksi dopamin dan neurotransmitter pembanggit kebahagiaan yang ada di otak.
Artinya, makan satu tangkung kacang almond tidak hanya meningkatkan kesehatan jantung, dan pembuluh darah karena mengandung serat dan asam lemak tak jenuh tunggal. Tetapi juga bisa berfungsi untuk mendongkrak suasana hati yang sedang sedih.

Apel

Food 101 : 5 Makanan Yang Bikin Happy - ahealthylife.nl
Photo Source: ahealthylife.nl
"One apple a day, keep the doctor away" mungkin merupakan frase sudah ketinggalan jaman ya. Sekarang, kamu bisa rubah menjadi "one apple a day, keep the heartbreak away".
Penasaran enggak sih kenapa? Ternyata buah ini kaya akan zat yang bernama quercetin. Sebuah senyawa yang melindungi sel-sel otak dari serangan radikal bebas, yang bisa merupak tepi-tepi neuron dan membuat kita jadi bad mood.
Quercetin ini merupakan antioksidan kuat yang juga dapat meningkatkan kesehatan pada otak. Zat unik ini juga kataya dapat mencegah penyakit neurodegeneratif dan menstimulasi dopamin.
Cara terbaik untuk memperoleh semua nutrisi pada apel adalah dengan mengkonsumsi nya satu kali sehari lengkap dengan kulit-kulitnya ya.
Food 101 : 5 Makanan Yang Bikin Happy - GingerBailey
Photo Source: GingerBailey
Dari makanan-makanan yang tertulis di atas, makanan yang mana yang paling kamu sukai?
Qraved | Life is Tasty