Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App
Qraved x GoFood5 Makanan Ini Jadi Langganan Investigasi Acara TV, Hati-Hati!

5 Makanan Ini Jadi Langganan Investigasi Acara TV, Hati-Hati!

Chandra WijayaChandra Wijaya
5 Makanan Ini Jadi Langganan Investigasi Acara TV, Hati-Hati! - Main Photo
Tribunnews.com
Masih ingatkah kamu dengan acara-acara investigasi di TV yang heboh beberapa tahun lalu? Kalau diingat-ingat, kita yang menonton bisa tercengang habis-habisan melihat kecurangan pedagang kaki lima. Terlebih lagi hal itu dilakukan semata-semata untuk menekan biaya produksi dan lebih efisien. Memang keterlaluan! Nah berikut ini Qraved ingatkan lagi beberapa hasil makanan yang selalu jadi langganan hasil investigasi. Lebih berhati-hati sedikit, nggak ada salahnya, kan?
Gorengan
Kalau kamu kerap menyaksikan acara investigasi, pasti sudah sering melihat sisi gelap pembuatan gorengan para pedagang kaki lima. Banyak spekulasi tentang pembuatan gorengan, ada yang bilang menggunakan minyak bekas, minyak dicampur plastik, atau minyak yang nggak diganti dari berjuta-juta tahun yang lalu.
Sebenarnya ada beberapa cara untuk menyingkap gorengan plastik, yaitu dengan mencium baunya yang sangit, terasa lebih pahit, tekstur super kriuk, muncul bercak putih saat sudah dingin, dan akan meleleh saat dibakar. Hati-hati, ya!
Siomay
5 Makanan Ini Jadi Langganan Investigasi Acara TV, Hati-Hati! - kotacilegon.com
Photo Source: kotacilegon.com
Tak lagi tenggiri, banyak pedagang siomay kaki lima membuat hasil olahannya berasal dari ikan sapu-sapu. Seperti kita ketahui, ikan sapu-sapu itu hidup di kondisi air yang kotor, seperti sungai, kali, parit, atau wilayah berlumpur. Kalau sudah begitu, sudah pasti ikannya terkontaminasi akan banyak kandungan berbahaya. Tingkat kreatifitas pedagang ini memang sungguh luar biasa agar bisa menekan biaya produksi, plus lebih mudah dicari ketimbang ikan tenggiri.
Mie
Ya, makanan satu ini juga jadi langganan acara investigasi di televisi. Pasalnya banyak banget pedagang "iseng" yang menaruh kandungan-kandungan berbahaya ke dalam pengolahan mie, tentu dengan tujuan untuk menekan biaya produksi dan mie tetap tahan lama. Beberapa kasus yang ada yaitu penggunaaan formalin pada mie ataupun boraks. Salah satu cara membedakan yang "asli" atau "tidak" adalah melihat warna mienya, jika teramat kuning atau mengkilat itu bisa jadi terdapat kandungan aneh di dalamnya.
Bakso
5 Makanan Ini Jadi Langganan Investigasi Acara TV, Hati-Hati! - Tribunnews.com
Photo Source: Tribunnews.com
Di balik tampilannya yang eksotis dan bikin kita menelan ludah, bisa jadi terdapat hal-hal yang "aneh" berkat kreatifitas pada pedagang. Makanan satu ini juga punya banyak catatan buruk investigasi, seperti penggunaan boraks supaya bakso lebih kenyal, mengganti daging sapi dengan tikus atau celeng supaya hemat biaya produksi, hingga ke penggunaan formalin di dalam bakso. Luar biasa!
Kerupuk
5 Makanan Ini Jadi Langganan Investigasi Acara TV, Hati-Hati! - Makan Sama Koko
Photo Source: Makan Sama Koko
Sederhana tapi berarti. Kerupuk biasa jadi pendamping andalan buat semua jenis makanan. Rasanya kurang lengkap kalau nggak ada kerupuk di samping penyajian nasi goreng, ketoprak, gado-gado, mie ayam, dan lain-lain. Nah karena makanan satu ini merupakan makanan sejuta umat, tentu nggak luput dari hasil kecurangan pedagang kaki lima. Beberapa hasil kreatifitas oknum tersebut diantaranya menggunakan boraks atau bahkan menggunakan hasil limbah sepatu supaya tekstur lebih kering dan renyah saat digoreng. Mari acungi jempol!
Dari deretan makanan di atas, tentu semuanya sudah pernah kamu makan. Maksud Qraved kali ini bukan untuk membuat kamu berhenti memakan semua jenis makanan ini, namun supaya lebih berhati-hati dan aware pada sisi-sisi gelap makanan. Ya walaupun terkadang, faktor tanggal tua bisa mematahkan semuanya!
Qraved | Life is Tasty