Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App
Qraved x GoFood5 Makanan Ini Jadi Beracun Jika Dipanaskan Berulang Kali

5 Makanan Ini Jadi Beracun Jika Dipanaskan Berulang Kali

Happy FerdianHappy Ferdian
Sudah jadi kebiasaan umum bagi masyarakat Indonesia, memanaskan makanan sisa agar dapat dikonsumsi sampai habis. Selain untuk alasan efisensi, terkadang makanan sengaja dipanaskan kembali untuk meningkatkan nafsu makan, seperti pada kasus orang-orang yang tidak suka makanan dingin. Ada kalanya, makanan juga dipanaskan untuk menambah cita rasa yang dimilikinya, seperti contoh rendang, akan terasa semakin kuat bumbunya ketika semakin kering.
Namun, tahukah kamu? Tidak semua makanan aman untuk dipanaskan berulang kali, karena berisiko mengurangi kandungan gizi di dalamnya. Bahkan, ada beberapa makanan yang bisa berubah menjadi racun ketika dipanaskan.
Apa saja makanan yang bisa berubah menjadi racun ketika dipanaskan? Berikut adalah lima di antaranya.
Cari tahu info sehat mengenai kuliner lainnya di Qraved App.

Nasi

 - Inihiku
Photo Source: Inihiku
Saat nasi tidak habis dimakan, biasanya nasi kembali dipanaskan di dalam alat penghangat, seperti magic jar misalnya. Namun, ketika nasi yang suhunya telah mendingin, kembali dipanaskan, maka akan memicu tumbuhnya spora. Saat nasi tersebut dikeluarkan dari mesin penghangat, maka spora kemungkinan besar tumbuh akibat perbedaan suhu. Spora dapat memicu hadirnya bakteri dan kuman yang menyebabkan muntah-muntah dan diare.

Olahan daging ayam

 - PerutGendut.com
Photo Source: PerutGendut.com
Sebagai contoh ketika Lebaran, opor ayam biasanya banyak tersaji di meja makan keluarga Indonesia. Seringkali, opor ayam tidak bisa habis dalam satu hari, sehingga dipanaskan atas dasar efisiensi. Sejatinya, komposisi protein pada daging ayam akan rusak saat kembali dipanaskan, apalagi jika berada dalam bumbu pekat. Jangan memanaskan dengan api besar guna menghindari rusaknya protein yang lebih luas.

Sayur

 - ResepMasakanIndo.com
Photo Source: ResepMasakanIndo.com
Sayuran juga tidak baik nih untuk dipanaskan karena dapat mengurangi kandungan vitamin sayuran yang terdapat pada sayur.

Seledri

 - Fresh Harvest
Photo Source: Fresh Harvest
Sayuran aromatik ini biasa digunakan oleh masyarakat Indonesia sebagai bahan penyedap pada sajian sup. Seledri akan mengalami oksidasi ketika dipanaskan berulang kali. Proses oksidasi tersebut akan menyebabkan zat racun yang picu mual dan diare. Agar terhindari dari racun, sebaiknya buang seledri ketika akan menghangatkan sup.

Telur

 - Delia Online
Photo Source: Delia Online
Ketika telur dimasak pada suhu tinggi untuk kedua kalinya, meskipun hanya bertujuan untuk menghangatkan, hal ini dapat menyebabkan munculnya kandungan racun dalam telur khususnya bagian kuning telurnya, yang dapat merusak dan mengganggu sistem pencernaan.
Qraved | Life is Tasty