Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

5 Hal yang Wajib di Lakukan Agar Nggak Dehidrasi Saat Mudik

Kidosm Kidosm
Perhatikan 5 Hal Ini Agar Terhindar dari Dehidrasi Saat Mudik1
ramadan.tempo.co
Libur Lebaran selalu dimanfaatkan untuk mudik ke kampung halaman masing-masing. Hal ini tentu menyebabkan macet panjang yang kerap kali harus dihadapi oleh para pemudik. Nggak hanya masalah macet, pemudik juga dibayangi dengan masalah dehidrasi karena terlalu lama terjebak di dalam kendaraan saat macet menuju kampung halaman. Bagaimana, ya, solusi agar tidak sampai dehidrasi saat dalam perjalanan mudik?
Sebelum cari tahu tipsnya, pastikan kamu sudah download aplikasi Qraved untuk dapetin informasi tentang tips berbuka dan sahur lainnya!

1. Konsumsi Air yang Mengandung Elektrolit

2
Photo Source:  ekhartyoga.com
Kurangnya konsumsi air saat berpuasa menyebabkan kadar air dalam tubuh berkurang. Perjalanan mudik yang panjang akan lebih terasa berat saat tubuh kekurangan cairan. Untuk mencegahnya dari dehidrasi, minumlah air yang mengandung elektrolit saat sahur. Kandungan pada minuman berelektrolit berfungsi untuk menjaga keseimbangan tingkat asam/basa (pH) tubuh dan menyeimbangkan kadar air dalam tubuh. Kamu bisa membuat minuman berelektrolit rumahan dengan menyiapkan air mineral hangat yang dicampur perasan lemon dan campuran madu di dalamnya.

2. Makan Buah-Buahan yang Mengandung Banyak Air

3
Photo Source:  healthline.com
Buah yang mengandung banyak air diyakini mampu menjaga kandungan air di dalam tubuh. Oleh karenanya, perbanyak mengonsumsi buah yang kaya akan kandungan air saat sahur dan berbuka bisa jadi solusinya. Kamu bisa memilih semangka, pir, nanas, jeruk, stroberi dan melon sebagai pilihannya. Selain mengandung air yang lebih banyak, khasiat dari masing-masing buah dapat menjaga kesehatanmu saat berpuasa terlebih saat melakukan perjalanan jauh.

3. Konsumsi Madu Saat Sahur

4
Photo Source:  dabur.com
Jadwal makan dan minum yang berubah-ubah saat puasa dapat menyebabkan gangguan pencernaan hingga diare. Madu memiliki segudang manfaat yang baik terutama untuk menjaga kesehatan tubuh, menjaga kesehatan pencernaan, termasuk kemungkinan terkena diare. Nggak mau, kan, terkena diare saat berpuasa? Karena selain tubuh cepat merasa lemas, kamu juga bisa mengalami dehidrasi, lho! Jadi, jangan malas-malas minum madu saat sahur, ya!

4. Letakkan Kain Basah atau Es di Tengkuk Leher

5
Photo Source:  palembang.tribunnews.com
Kelihatannya memang sepele, namun meletakkan kain basah atau es di tengkuk leher mempunyai banyak manfaat. Mulai dari memperbaiki kualitas tidur, mengatasi efek PMS, memperbaiki pencernaan, memperbaiki mood, hingga mencegah perubahan suhu tubuh yang drastis. Saat tubuh kepanasan karena terjebak macet, kamu bisa mengompres tengkuk leher agar terhindar dari dehidrasi.

5. Segera Berbuka dengan Air Mineral

6
Photo Source:  jabar.tribunnews.com
Saat sudah masuk waktu berbuka sedangkan kamu masih terjebak macet di perjalanan mudik, segeralah berbuka dengan air mineral yang berperan sebagai pengganti cairan tubuh yang hilang selama berpuasa. Hindari meminum air mineral bersuhu dingin agar perut tidak kaget dan menyebabkan sakit tenggorokan. Jadi, kamu tetap bisa melanjutkan perjalanan dengan nyaman.
Selain info kuliner mantap buat bulan puasa, ada kabar baik nih selama Ramadan 2018 ini! Buat yang butuh keperluan selama bulan puasa dan Lebaran, Alfamart menawarkan Pak Rahmat, paket belanja Ramadan hemat. Tersedia 3 jenis paket Pak Rahmat yang bisa dipilih. Pak Rahmat 1 terdiri dari Kecap Manis Sedaap 600 ml, kecap manis ABC 520 ml, Kara Sun 200 ml, minyak goreng Tropical 2 L (Rp 49.900), Pak Rahmat 2 terdiri dari Tepung terigu Segitiga Biru 1 kg, Gula Rose Brand 1 kg, Kraft cheddar 175 gr, Forvita Margarine 250 gr, Marjan Syrup Cocopandan, dan Frisian Flag susu kental manis 560 gr (Rp 79.900), dan Pak Rahmat 3 Khong Guan Biscuit 1600 gr, ABC Squash Orange 525 ml, dan Oreo Vanilla Creme (Rp99.900). Lumayan nih bisa lebih irit, itung-itung buat persiapan Lebaran. Buruan ya. Promo ini berlaku dari 1-15 Juni 2018.
7
Photo Source:  Alfamartku