Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App

5 Etika Makan di Beberapa Negara yang Wajib Diketahui Para Petualang Kuliner

Margareth AngelicaMargareth Angelica
Traveling sambil menikmati hidangan khas dari berbagai negara memang merupakan kegiatan yang paling menyenangkan. Eits, tapi tata cara makan di berbagai negara berbeda-beda lho. Nah, buat kamu yang suka berpetualang kuliner, ini dia etika makan di beberapa negara yang wajib kamu ketahui.

1. Jepang

Wajib Tau! Etika Makan Berbagai Negara di Asia - smart store
Photo Source: smart store
Makan dengan menggunakan sumpit, jangan sekali-kali kamu menancapkan sumpit kamu ditengah-tengah tumpukan nasi ya. Nggak cuma itu, kamu juga tidak boleh memakan potongan sushi, terutama nigiri sushi, lebih dari satu gigitan. Posisi mencelupkan nigiri sushi ke saus juga harus tepat, yaitu posisi nasi menghadap ke atas.

2. China

Wajib Tau! Etika Makan Berbagai Negara di Asia - banyoebiroe blogger
Photo Source: banyoebiroe blogger
Sama seperti di Jepang, China juga ada banyak sekali etika ketika bersantap lho, diantaranya adalah mengetuk tiga jari ke meja sebagai tanda terima kasih saat ada yang menuangkan teh untuk kamu, tidak langsung melahap makanan yang ditunjukan untuk sharing, dan yang paling unik kalian tidak boleh membalikan tubuh ikan saat tengah menikmatinya karena dianggap simbol kehancuran.

3. Korea

Wajib Tau! Etika Makan Berbagai Negara di Asia - naver
Photo Source: naver
Buat kamu yang berniat berlibur ke Korea, kamu juga perlu tau etika bersantap di sana nih, yaitu kamu harus menerima makanan atau minuman dengan menggunakan dua tangan, dengan posisi tangan kiri diletakan dibawah pergelangan tangan kanan.

4. Vietnam

Wajib Tau! Etika Makan Berbagai Negara di Asia - istockphoto
Photo Source: istockphoto
Kalau di Jepang menyeruput langsung kuah ramen dari mangkuk dianggap sopan, lain halnya dengan di Vietnam. Menyeruput Pho (mie ala Vietnam), langsung dari mangkuk-nya justru dianggap sangat tidak sopan. Ketika makan pho, pindahkan mie ke sendok menggunakan sumpit, kemudian makanlah dari sendok.

5. Brazil

Wajib Tau! Etika Makan Berbagai Negara di Asia - anakjajan
Photo Source: anakjajan
Wajib Tau! Etika Makan Berbagai Negara di Asia - anakjajan
Photo Source: anakjajan
Jika kamu menyantap menu steak di Brazil, kamu akan disuguhkan hidangan steak tanpa henti. Kamu juga akan diberikan beberapa token ( semacam koin) berwarna, yang masing-masing warna memiliki arti. Token berwarna hijau berarti kamu masih ingin menyantap dagingnya, sedangkan token berwarna merah berarti kamu telah selesai makan.
Dan buat kamu yang ingin merasakan sensasi makan steak ala Brazil, kamu bisa mencobanya di restoran satu ini.