Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

5 Dampak Mengerikan Terlalu Sering Mengonsumsi Es Batu

Margareth AngelicaMargareth Angelica
Sebagai negara beriklim tropis, panas sengatan matahari membuat banyak orang Indonesia gemar mengonsumsi minuman dingin, salah satunya yaitu dengan mencampurkan es batu ke dalam minuman, bahkan mengonsumsinya secara langsung. Namun, ternyata hal itu sungguh berbahaya lho. Yuk, cari tahu bahaya terlalu sering mengonsumsi es batu.

Gangguan Metabolisme

Mengonsumsi es batu yang terlalu sering akan menyebabkan gangguan pada metabolisme tubuh kamu. Hal tersebut dikarenakan dinginnya es batu dapat menghambat pembakaran lemak dalam tubuh. Lemak yang membeku akan membuat aliran darah terganggu dan menyebabkan gangguan pada metabolisme dalam tubuh kita.

Membuat Perut Buncit

Bahaya Mengkonsumsi Es Batu 3
Photo Source: nusantaranews
Buat kalian yang mengidamkan bentuk tubuh ideal, wajib banget nih menghindari mengonsumsi es batu karena dapat menyebabkan perut buncit. Es batu akan membuat usus dalam perut kita menyempit dan menghambat kinerja usus dalam mencerna makanan dan mengakibatkan perut menjadi buncit.

Membuat Pusing

Bahaya Mengkonsumsi Es Batu 4
Photo Source: sulselsatu
Panasnya udara pada siang hari memang membuat banyak orang ingin meminum yang dingin. Tapi hal tersebut justru tidak baik lho, karena perbedaan antara suhu tubuh dan suhu es akan mengakibatkan perubahan suhu tubuh yang signifikan, yang berakibat pada pengejangan jantung dan terganggunya proses pemompaan darah oleh jantung, dan menimbulkan sakit kepala.

Merusak Gigi

Menguyah es batu dengan gigi juga akan merusak email gigi dan berimbas pada kerusakan gigi. Kerusakan gigi terjadi karena gigi kita dipaksa untuk memecahkan substansi yang keras seperti es batu.

Mengandung Bakteri Berbahaya

Bahaya Mengonsumsi Es Batu 6
Photo Source: wanita.me
Banyaknya pedagang yang melakukan kecurangan dengan membuat es batu dari air mentah membuat berbagai penyakit dapat masuk ke dalam tubuh melalui es batu. Air mentah mengandung bakteri-bakteri berbahaya, salah satunya bakteri Ecoli yang dapat menyebabkan diare.