Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

5 Cara Terhindar dari Dehidrasi saat Bulan Puasa

della della
5 Cara Terhindar dari Dehidrasi saat Bulan Puasa 1
nutright.com
Di bulan puasa ini hal yang paling sering dialami oleh kamu yang menjalankannya adalah kekurangan cairan atau dehidrasi. 70% di tubuh kita adalah cairan dan itu berarti sangat penting untuk kita mengkonsumsi air mineral supaya tidak dehidrasi. Berikut adalah 5 cara untuk terhindar dari dehidrasi saat bulan puasa.

Tetap Minum Air Putih Sesuai Kebutuhan

2
Photo Source:  shutterstock
Rata-rata orang dewasa itu memang harus menghabiskan minimal 8 gelas dalam sehari. Nah supaya kamu bisa tetap memenuhi kebutuhannya dan terhindar dari dehidrasi, kamu harus tetap minum 8 gelas dalam sehari dengan cara 2 gelas saat sahur, 4 gelas saat berbuka, dan 2 gelas sebelum tidur. Tapi kalau kamu memang mempunyai kegiatan yang lebih padat, coba untuk lebih banyak minum air putihnya ya.

Jangan Terlalu Banyak Makanan Asin saat Sahur

3
Photo Source:  tandaseru
Kalau kamu merasa baru aja beberapa jam puasa tapi sudah merasa haus, salah satu penyebabnya karena kamu terlalu banyak makanan asin saat sahur. Garam itu sangat berpengaruh terhadap pengaturan cairan di tubuh. Kalau kamu mengomsumsi terlalu banyak, kamu akan merasakan haus yang berlebih.

Makan Protein saat Sahur, Perbanyak Juga Minumnya

4
Photo Source:  cloudinary.com
Selain makanan dengan garam, makanan dengan protein juga bisa membuat kamu haus berlebih. Sebuah penelitian pada pertemuan Experimental Biology menyatakan bahwa seseorang yang menerapkan diet protein tinggi dan menghindari karbohidrat cenderung berisiko mengalami dehidrasi lebih mudah ketimbang yang tidak melakukannya. Makanya nih untuk kamu yang makan protein sahur, kamu juga harus meminum air putih yang lebih banyak supaya tidak kehausan ya.

Mengkonsumsi Buah dan Sayuran

5
Photo Source:  khasiat.co.id
Supaya kamu tidak dehidrasi saat puasa, kamu juga harus memastikan untuk mengkonsumsi sayuran dan buah. Hal ini dikarenakan sayuran dan buah-buahan juga bisa menghasilkan cairan tubuh. Jadi, jangan lupa untuk mengonsumsi buah dan sayuran saat sahur dan berbuka puasa.

Perhatikan Obat-obatan yang Dikonsumsi

6
Photo Source:  http://tanya.asmaraku.com
Kalau kamu lagi mengonsumsi obat-obatan atau suplemen vitamin, pastikan obat yang kamu konsumsi itu tidak memberikan efek samping dehidrasi dan membuat kamu kekurangan cairan. Jadi sebaiknya, konsultasi ke dokter ya.