Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App
Qraved x GoFood4 Mitos Sayur Kesukaan Popeye yang Sering Bikin Orang Salah Kaprah

4 Mitos Sayur Kesukaan Popeye yang Sering Bikin Orang Salah Kaprah

della della
Sayur bayam merupakan salah satu jenis sayuran yang favorit nih! Nggak cuma orang dewasa aja, tapi juga anak-anak. Namun, beredarnya mitos mengenai sayur bayam yang justru berbanding terbalik dengan karakter Popeye yang menjadi kuat saat makan sayur bayam ini, membuat banyak orang khawatir untuk mengonsumsinya. Kira-kira apa saja nih mitos mengenai bayam yang mesti kamu ketahui? Simak yuk!
Download Qraved App yuk, untuk menambah info kesehatan seputar kuliner lainnya!

Bayam Menyebabkan Kanker Jika Dipanaskan Dua Kali

4 mitos sayur bayam - tatitujiani
Photo Source: tatitujiani
Awal mulanya sayur bayam ini dicurigai dan dinilai akan beracun karena mengandung nitrat. Sedangkan nitrat ini jika dipanaskan akan berubah menjadi pemicu kanker. Nitrat adalah senyawa yang stabil, jadi tidak mungkin bisa nitrat menjadi zat yang berbahaya apalagi menjadi pemicu kanker akibat dipanaskan. Menurut Journal of Agricultural and Food Chemistry, seperti dikutip dari buku Buka Fakta! 101 Mitos Kesehatan karangan Nutrifood Research Center, mereka telah melakukan percobaan langsung terhadap manusia yang sering mengkonsumsi sayuran kaya akan nitrat. Hasilnya menunjukkan bahwa mengonsumsi sayuran kaya nitrat tidak menyebabkan kanker dan penyakit mengerikan lainnya.
Namun vegitu, sebaiknya jangan memanaskan sayuran apapun dua kali, karena hal ini bisa mengurangi kandungan vitamin sayuran tersebut yang baik untuk kita.

Makan Bayam Dapat Meningkatkan Asam Urat

4 mitos sayur bayam - rafatsayangibu
Photo Source: rafatsayangibu
Bayam termasuk ke dalam sayuran yang memiliki purin tinggi. Zat purin memang merupakan zat yang biasanya menyebabkan asam urat. Tetapi, menurut sebuah penelitian, mengonsumsi banyak sayuran yang tinggi purin, seperti bayam ternyata tidak ada kaitannya dengan serangan asam urat. Sebuah studi “The New England Journal of Medicine” tahun 2004 menemukan bahwa sayuran yang kaya akan purin tidak secara signifikan berkontribusi terhadap asam urat. Namun begitu, tetap batasi mengonsumsi makanan yang mengandung zat purin tinggi ya. Atau kamu bisa mengonsumi produk susu yang dapat menurunkan frekuensi serangan asam urat lho.

Bahaya Makan Bayam dan Tempe Bersamaan

4 mitos sayur bayam - imgrum
Photo Source: imgrum
Beredarnya info yang mengatakan bahwa bayam tidak baik ketika di konsumsi bersama tempe karena tempe kaya akan kalsium dan bayam banyak mengandung senyawa oksalat yang dapat membentuk endapan kalsium oksalat di usus dan berbahaya bagi kesehatan ternyata hanya mitos nih. Endapan kalsium oksalat memang akan terbentuk, namun tidak berbahaya bagi kesehatan karena akan dikeluarkan bersamaan saat buang air besar. Malahan, pembentukan endapan ini bagus untuk mencegah penyerapan berlebih oksalat oleh tubuh karena oksalat yang ada akan berikatan dengan kasium sehingga tubuh tidak bisa menyerapnya. Oksalat merupakan zat yang tidak bermanfaat sehingga harus dikeluarkan.

Minimnya Kandungan Zat Besi pada Sayur Bayam

4 mitos sayur bayam - utamakankesehatan
Photo Source: utamakankesehatan
Kalau yang satu ini memang mitos nih, karena justru bayam mengandung zat besi yang dapat membantu mencegah defisiensi zat besi. Sayur bayam juga memiliki kandungan tinggi dalam beberapa mineral dan vitamin, khususnya sumber vitamin A dan K lho!
Qraved | Life is Tasty