Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App

4 Jenis Nasi Khas Arab yang Wajib Kamu Ketahui

Sharima UmayaSharima Umaya
Popularitas makanan Arab yang melesat di ibu kota membuat masyarakat ibu kota berbondong-bondong pergi ke restoran khas Arab untuk mencobanya sendiri.
Untuk jenis dari nasi Arab sendiri ada beragam dan semuanya berbeda, buat yang belum tahu perbedaannya, penasaran kan dengan perbedaannya? Ingin tahu lebih lanjut? Jangan lupa buat yang belum download app Qraved, segera download appnya biar kamu update dengan informasi seputar kuliner!

Nasi Mandhi

4 Jenis Nasi Khas Arab yang Wajib Kamu Ketahui - Kulina
Photo Source: Kulina
Sering melihat nama menu yang satu ini di buku menu restoran Arab?
Nasi Mandhi merupakan Nasi Arab yang paling dikenali oleh masyarakat umum. Hidangan ini sangat terkenal di Yaman, Mesir, Maroko, Oman, Syria, Turki dan tentunya Arab Saudi. Bahan utamanya terdiri dari rempah ratus seperti kapulaga, jintan, jintan putih, ketumbar, serbuk kunyit bunga lawang dan lain-lain.
Usut punya usut, zaman dahulu kala, suku Arab Badwi memasaknya di dalam lubang tanah yang dikorek dan dimasukkan kayu api. Rempah-rempah tersebut direbus bersama lauk seperti kambing atau ayam untuk kemudian dimasak dengan beras basmati.

Nasi Kabsah

4 Jenis Nasi Khas Arab yang Wajib Kamu Ketahui - Manus Menu
Photo Source: Manus Menu
Nasi Kabsah hampir menyamai Nasi Mandhi, namun yang membedakan adalah rempah-rempah yang digunakan untuk memasak nasi yang satu ini.
Nasi Kabsah di Yordania berwarna kemerahan karena dicampurkan dengan tomato puree, sedangkan Nasi Kabsah di Arab Saudi, Oman atau Yaman memiliki warna kekuningan. Pada umumnya, Nasi Kabsah dikonsumsi dengan syurba (sup) dan salata (salad).

Nasi Maqlub

4 Jenis Nasi Khas Arab yang Wajib Kamu Ketahui - Mina Halal
Photo Source: Mina Halal
Nasi yang terkenal di Yordania dan Syria ini didominasi oleh sayur-sayuran yang digoreng beserta daging. Nasi ini penyajiannya sangat unik karena disajikan secara terbalik, sesuai dengan arti Maqluba secara harfiah.
Di lapisan paling bawah nasi, dimasukkan lauk berupa ayam atau kambing, kemudian sayuran yang digoreng seperti wortel, kentang, dan terung, kemudian baru deh dimasukkan beras. kentang dan terung, kemudian dimasukkan beras. Ketika nasi masak, periuk akan dibalik dan langsung disajikan ke piring.

Nasi Hadramaut

4 Jenis Nasi Khas Arab yang Wajib Kamu Ketahui - Halal in Thailand
Photo Source: Halal in Thailand
Nasi Hadramaut bisa dibilang mirip-mirip Nasi Mandhi. Hal yang membedakan nasi ini dengan Nasi Mandhi adalah pemakaian rempah yang digunakan untuk memasak Nasi Hadramaut bisa 3 kali lipat dari pemakaian rempah untuk memasak Nasi Mandhi.
Sekarang sudah tahu kan, perbedaan dari beberapa jenis nasi Arab?