Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App

4 Fakta Dibalik Lika-Liku Perjalanan Asal Mula Teh

Sharima UmayaSharima Umaya
Teh merupakan salah satu minuman yang paling populer di dunia. Teh sendiri telah ditemukan berabad-abad lalu dan menjadikannya sebagai salah satu minuman tertua di dunia.
Penasaran bagaimana asal mula teh? Buat yang ingin tahu lebih lanjut, sebelum membaca artikel ini, bagi yang belum download aplikasi Qraved, jangan lupa ya buat download agar kamu terus update dengan berbagai informasi seputar kuliner.

Ketidaksengajaan Kaisar Shen Nung

Sejarah Teh Dari Masa ke Masa  - China.cn
Photo Source: China.cn
Teh berasal dari dataran Cina sekitar 5000 tahun yang lalu. Bangsa Cina telah meminum teh selama 5000 tahun untuk kesehatan. Asal mula teh sampai sekarang masih belum jelas karena banyaknya cerita mengenai asal mula teh, namun salah satu cerita yang paling dipercaya adalah kisah dari Kaisar Shen Nung.
Pada suatu hari, ketika Kaisar Shen Nung akan minum air mendidih, beberapa daun dari pohon yang menjuntai tertiup angin dan jatuh ke panci berisi air rebusan yang tak menyerupai air tersebut. Sang Kaisar pun penasaran dan memutuskan untuk mencicipi air rebusan yang tak menyerupai minuman tersebut dan menurutnya, minuman tersebut sangat nikmat.

Cerita Asal Mula Teh dari India

Sejarah Teh Dari Masa ke Masa  - Mensxp.com
Photo Source: Mensxp.com
Ada juga yang meyakini bahwa teh berasal dari India. Seorang biarawan yang bernama Bodhidharma bertapa selama 7 tahun lamanya. Setelah ia bertapa selama 7 tahun, suatu saat badannya terasa letih.
Di saat ia merasa letih, ia melihat sekitarnya dan memutuskan untuk mengunyah beberapa daun yang tumbuh di sekitar tempatnya. Setelah dikunyah, ia merasa segar kembali dan usut punya usut, daun yang dikunyah ternyata merupakan daun teh.

Teh Diperkenalkan ke Jepang

Sejarah Teh Dari Masa ke Masa  - Pinterest
Photo Source: Pinterest
Teh diperkenalkan di Jepang pada awal abad ke-9 oleh seorang biarawan yang baru saja pulang dari pengembaraannya di Cina, yakni Dengyo Daishi.
Dengyo Daishi membawa benih tanaman teh dari Cina dan memperkenalkan tanaman teh tersebut di Jepang. Teh pun sejak saat itu menjadi sangat populer di Jepang, bahkan terdapat ritual yang berkembang di Jepang terkait dengan teh, atau lebih dikenal dengan istilah Chado (upacara minum teh).

Teh Mulai Muncul di Eropa

Sejarah Teh Dari Masa ke Masa  - Thie Online
Photo Source: Thie Online
Pada abad ke-17, pedagang dari bangsa Belanda dan Portugis pertama kali memperkenalkan teh ke Eropa. Diperkirakan, Belanda dan Portugis menemukan teh di masa penjajahannya di Asia.
Bangsa Rusia juga merupakan salah satu penggemar awal teh di Eropa. Teh yang mereka bawa melalui jalan darat dari Cina menggunakan kereta yang ditarik oleh unta.