Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App
Qraved x GoFood4 Cara Makan Shabu-Shabu Ala Orang Jepang

4 Cara Makan Shabu-Shabu Ala Orang Jepang

Ganesha WandaGanesha Wanda
Masih suka bingung cara memasak shabu-shabu yang benar? Kebanyakan orang salah mengira nih, kalau memasak shabu-shabu sama halnya dengan memasak sup. Nah, Qraved sudah rangkumkan 4 cara benar untuk menyantap shabu-shabu ala orang Jepang.
Download Qraved App supaya kamu semakin banyak tahu dengan kuliner hits lainnya!

Pilih Jenis Kuah Kaldu

shabu-shabu - amazon
Photo Source: amazon
Selain dagingnya, kuah kaldu shabu-shabu merupakan spesial item yang tersedia dan kamu pilih sesuai selera. Biasanya terdapat beberapa pilihan rasa kuah kaldu, seperti tomyam, sukiyaki, chicken collagen, hingga miso.

Pilih Jenis Daging

shabu-shabu - anakjajan
Photo Source: anakjajan
Shabu-shabu biasanya identik dengan daging sapi, dengan pilihan jenisnya seperti wagyu, sirloin, hingga lidah. Tapi nggak cuma daging, di beberapa resto juga tersedia daging babi, ayam, hingga berbagai jenis seafood untuk olahan shabu-shabu.

Pilih Sayuran dan Menu Pendamping

shabu-shabu - tongyanghotpot
Photo Source: tongyanghotpot
Salah satu menu wajib yang selalu ada ketika menyantap shabu-shabu yaitu menu pendampingnya yaitu sayuran. Biasanya kamu bisa memilih sendiri jenis sayuran yang telah disediakan. Mulai dari sawi, kol, hingga jamur. Sedangkan untuk menu pendamping, biasanya tersedia sosis, sushi, hingga gorengan ala Jepang. Psstt, beberapa restoran shabu-shabu juga menyediakan dessert lho.

Jangan Terlalu Lama Memasak

4 Cara Benar Menyantap Shabu-Shabu - thejakartapost
Photo Source: thejakartapost
Yang terakhir ini merupakan langkah penting nih! Masaklah pilihan kaldu yang kamu pilih dengan api yang tidak terlalu besar dan biarkan mendidih. Kemudian masukan sayur-sayuran yang kamu pilih. Ingat ya, shabu-shabu tidak sama dengan sup. Jadi kamu tidak perlu waktu terlalu lama untuk memasaknya, hanya perlu beberapa detik saja. Namun, untuk beberapa sayuran yang bertekstur keras, seperti wortel, bok choy, dan kol kamu membutuhkan waktu beberapa menit.
Nggak cuma sayuran saja, untuk daging pun kamu hanya perlu mencelupkan ke dalam kaldu kemudian menyeret daging dengan sumpit ke kiri dan kanan. Jangan di rendam secara keseluruhan ya. Kamu nggak perlu takut daging menjadi tidak matang, karena daging shabu-shabu yang tipis memang dimaksudkan untuk dicelup sebentar saja sekitar 10 detik. Kemudian celupkan daging ke saus dan nikmati dengan nasi hangat.
Qraved | Life is Tasty