Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App
Qraved x GoFood4 Bahaya Keripik Singkong yang Nggak Boleh Kamu Sepelekan

4 Bahaya Keripik Singkong yang Nggak Boleh Kamu Sepelekan

della della
Kamu pasti sudah tau kala singkong adalah makanan yang berkabohidrat tinggi, sehingga di Indonesia sendiri banyak yang menjadikan singkong sebagai makanan utama berkarbohidrat pengganti nasi. Selain itu singkong juga bermanfaat untuk tubuh karena dapat menjadi sumber energi, sumber serat, sumber vitamin K, sumber vitamin B kompleks, sumber mineral, dan bebas gluten. Melihat sangat dekatnya masyarakat Indonesia dengan singkong, maka banyak para pengusaha makanan yang membuat olahan dari singkong menjadi makanan yang siap saji diantaranya yaitu keripik singkong.
Namun di artikel ini, Qraved akan memberikan sisi yang berbeda bukan dari manfaat keripik singkong. Tapi kita akan membahas mengenai bahaya keripik singkong. Jangan sepelekan ya, yuk simak di sini seperti apa bahaya keripik singkong ini!
Cari tahu yuk info tentang kulineran sehat lainnya di Qraved App!

Mengandung Karsinogen

Jangan Sepelekan, Ini Bahaya Keripik Singkong yang Wajib Kamu Tau! - tastemade
Photo Source: tastemade
Pengolahan keripik singkong menjadi hal yang penting, maka kalau nggak diolah dengan benar maka akan muncul hal-hal yang merugikan untuk kesehatan diri kita sendiri. Kandung karsinogen pada singkong itu bersifat racun. Tidak cuma terdapat di dalam singkong, karsinogen juga ada di beberapa jenis umbi-umbian juga lho.
Zat kimia ini akan berubah menjadi racun jika dipanaskan, sedangkan proses pembuatan keripik singkong pasti menggunakan minyak panas kan? Racun itu pasti akan ada dalam keripik singkong. Jadi jangan terlalu banyak memakannya ya, karena racun akan mengendap di tubuh kamu dan bahkan bisa menyebabkan munculnya penyakit yang mematikan.

Mengandung Kadar Garam yang Tinggi

Jangan Sepelekan, Ini Bahaya Keripik Singkong yang Wajib Kamu Tau! - www.pepper.ph
Photo Source: www.pepper.ph
Keripik singkong memang menjadi pilihan makanan cemilan, karena rasanya sangat gurih dan renyah. Hal yang menyebabkan keripik singkong menjadi camilan yang renyah karena dibuat dengan minyak yang panas dan ada penambahan garam pada proses pembuatannya. Dan yang harus kamu tau, kalau kamu mengonsumsi garam terlalu banyak ini akan menjadi tidak baik untuk kesehatan kamu, bahkan kamu akan terkena penyakit ginjal dan darah tinggi.
Kamu harus pintar menghitung kadar garam yang masuk ke dalam tubuh, karena jelas kadar garam yang kita butuhkan untuk tubuh dalam sehari adalah 2,3 gram sedangkan keripik singkong memiliki kandungan 180 gram. Kebayang kan bagaimana tubuhmu kalau terlalu makan garam berlebihan, belum lagi dari makanan lainnya yang juga mengandung garam. Lebih hati-hati ya, guys!

Kandungan Nutrisi Singkong Turun Drastis

Jangan Sepelekan, Ini Bahaya Keripik Singkong yang Wajib Kamu Tau! - aromacookery
Photo Source: aromacookery
Karena diolah dengan minyak panas demi menjadi keripik singkong yang renyah, justru proses inilah yang membuat nutrisi dalam singkong menjadi menurun. Kalau kamu menikmati keripik singkong dalam jumlah yang banyak atau berlebihan, kamu akan kekurangan nutrisi. Dan kondisi ini sangat tidak baik untuk tubuh kamu karena akan meningkatkan resiko berbagai penyakit yang bisa masuk ke dalam tubuh kamu.

Mengandung Lemak Trans dan Lemak Jenuh

Jangan Sepelekan, Ini Bahaya Keripik Singkong yang Wajib Kamu Tau! - smartfoodandfitness
Photo Source: smartfoodandfitness
Proses pembuatan keripik singkong yang dibuatnya menjadi sangat renyah dengan minyak yang panas menyebabkan keripik singkong mengadung lemak trans dan lemak jenuh. Hal ini sangatlah berbahaya karena bisa membuat kolestrol semakin tinggi dan jahat karena meningkatnya drastis. Kondisi ini nih yang akan membuat kamu memiliki resiko terkena penyakit jantung dan penyumbatan pembuluh darah.
Hal tersebut sudah dibuktikan oleh para peneliti bahwa lemak trans dan lemak jenuh dapat memicu penyakit diabetes tipe 2 dan penyakit jatung. Seramnya hal ini yang juga bisa membuat aliran darah menuju jantung tersumbat. Seram ya?

Bagaimana Solusinya?

Supaya terhindar dari penyakit mematikan yang akan menyerang tubuh kamu, maka kamu jangan berlebihan untuk menikmati keripik singkong ya! Meskipun memang enak dan renyah, bahkan suka susah berhenti untuk memakannya ya? Tapi kamu harus bisa membatasinya untuk menyayangi kesehatan diri kamu sendiri.
Qraved | Life is Tasty