Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

10 Makanan Timur Tengah Yang Wajib Kamu Tahu

Ria IsnaeniRia Isnaeni
Banyak sekali makanan dari berbagai penjuru dunia yang singgah di Indonesia, terutama di Jakarta sebagai ibu kota. Di Jakarta sendiri kamu bisa menemukan berbagai macam restoran yang menyediakan beragam makanan dari mulai makanan khas Indonesia, western, hingga mid-eastern.
Saat ini restoran-restoran bintang lima mayoritas menyajikan makanan western walaupun beberapa juga mulai mengadopsi fine-dining dengan makanan khas Indonesia. Walau begitu, banyak juga lho restoran yang menyajikan makanan khas middle-eastern.
10 Makanan Timur Tengah Yang Wajib Kamu Tahu2
Photo Source: idntimes
Makanan middle-eastern biasanya terkenal dengan bumbu dan rempah yang sangat kuat pada sajiannya. Nah, kalau kamu jarang banget nyobain makanan middle-eastern dan apa aja sih makanan middle-eastern yang cukup tekenal dan wajib dicoba, simak ulasan berikut ya!

1. Hummus

10 Makanan Timur Tengah Yang Wajib Kamu Tahu3
Photo Source: lifehack.org
Makanan yang satu ini cukup sering kita temui. Hummus adalah makanan khas dari Timur Tengah yang terbuat dari kacang arab yang dihaluskan dan dicampurkan dengan thini, minyak zaitun, jus lemon, garam dan bawang putih. Makanan ini sangat populer di Timur Tengah dan Mediterania. Makanan ini cukup mudah ditemukan kalau kamu sedang jalan-jalan ke negara-negara di Eropa dan Amerika Utara.
10 Makanan Timur Tengah Yang Wajib Kamu Tahu4
Photo Source: Nagi
Hummus yang berbentuk saus ini biasanya disajikan dengan roti maryam sebagai topping. Makanan ini biasnaya disajikan sebagai appetizer bagi orang-orang di Timur Tengah. Hummus juga biasa dijadikan sebagai main course yang dapat dimakan dengan roti maryam atau tambahan lainnya. Selain rasanya yang lezat dan aromanya yang kuat, makanan ini juga sehat untuk kamu konsumsi lho!

2. Shawarma

10 Makanan Timur Tengah Yang Wajib Kamu Tahu5
Photo Source: distributorshawarma
Shawarma atau yang biasa disebut dengan shawurma atau shawerma adalah makanan yang pada umumnya terbuat dari daging domba ini juga biasa disajikan dengan kalkun, daging sapi sebagai penggantinya. Shawarma memiliki bentuk penyajian yang hampir mirip dengan kebab dan biasanya dipanggang selama seharian penuh.
10 Makanan Timur Tengah Yang Wajib Kamu Tahu6
Photo Source: canolaeatwell
Shawarma biasa disajikan sebagai sandwich atau dibungkus yang dipadukan dengan tabbouleh, fottoush, roti taboon, tomat, dan ketimun. Makanan khas Timur Tengah yang satu ini juga biasa disajikan dengan topping tahini, hummus, acar lobak, dan amba. Makanan ini juga mudah sekali kamu temui pada pedagang kaki lima kalau kamu sedang travelling ke negara-negara di Timur Tengah.

3. Tabbouleh

Seperti pada negara-negara lain yang memiliki salad, begitu pula dengan negara-negara di bagian Timur Tengah. Kalau di Indonesia memiliki salad yang biasa kita kenal dengan gado-gado, Timur Tengah memiliki salad khas yang dikenal dengan tabbouleh.
10 Makanan Timur Tengah Yang Wajib Kamu Tahu7
Photo Source: Daniel Gritzer
Tabbouleh pada umumnya terbuat dari aneka sayur-sayuran seperti peterseli, tomat, daun mint, bawang merah dan bulgur yang dibumbui dengan minyak zaitun, jus lemon, garam, dan merica. Beberapa restoran juga menyajikan tabbouleh menggunakan selada dan couscous sebagai pengganti bulgur.

4. Baklava

10 Makanan Timur Tengah Yang Wajib Kamu Tahu8
Photo Source: Food Network Magazine
Baklava adalah makanan penutup khas Timur Tengah yang disajikan dari lembaran tipis adonan phyllo yang diisi dengan kacang yang digiling dengan tekstur yang kasar dan dicampur dengan madu, gula dan rempah-rempah. Gak cuma itu aja, Baklava pada umumnya juga ditambahkan dengan sirup sebagai tambahan pemanis layaknya dessert pada umumnya.
10 Makanan Timur Tengah Yang Wajib Kamu Tahu9
Photo Source: Annemarie
Baklava pada umunya menggunakan pistasio dan kacang di dalam nya. Snack yang juga dessert ini biasa disajikan dengan bentuk silinder yang dipotong-potong kecil. Makanan ini cocok banget untuk camilan kamu sambil ngopi atau sebagai makanan penutup setelah selesai menyantap hidangan utama.

5. Baba Ghanouj

Makanan khas Timur Tengah yang satu ini berbentuk seperti bubur yang terbuat dari terung, tahini, bawang putih, dan juga rempah-rempah lainnya. Makanan ini memiliki nama yang unik yaitu Baba Ghanouj yang dalam bahasa bisa diartikan dengan memanjakan ayah. Ya unik memang, makanan ini juga memiliki tekstur yang hampir mirip dengan hummus.
10 Makanan Timur Tengah Yang Wajib Kamu Tahu10
Photo Source: seriouseats
Baba Ghanouj yang juga salah satu makanan tradisional ini biasa dimasak dengan cara dipanggang di atas api menyala sampai terung mengupas dan ampasnya menjadi lembut. Biasanya, baba ghanouj disajikan sebagai makanan pembuka pada orang-orang asli Timur Tengah.

6. Shakshouka

Kalau kamu belum mengetahui makanan yang satu ini, ini waktu yang tepat untuk kamu tahu apa itu shakshouka. Makanan yang satu ini tergolong sebagai healthy food yang cocok banget kamu konsumsi sebagai menu diet kamu.
10 Makanan Timur Tengah Yang Wajib Kamu Tahu11
Photo Source: Melissa Clark
Shakshuka adalah hidangan khas Timur Tengah yang terbuat dari telur rebus yang dicampur dengan saus tomat, cabai, bawang, dan jinten. Telur pada shakshuka pada umumnya biasa disajikan dengan lembut yang tercampur dan meresap dari rempah-rempah yang ada di dalamnya. Shakshuka juga biasa disajikan dengan roti yang dicelupkan pada bumbunya yang lezat.

7. Böreks (Bourekas)

10 Makanan Timur Tengah Yang Wajib Kamu Tahu12
Photo Source: Tori Avey
Kalau di Indonesia punya martabak, negara-negara di Timur Tengah memiliki böreks. Makanan yang satu ini persis sekali dengan martabak telur yang sering kita konsumsi. Seperti martabak telur yang kita tahu, böreks juga menggunakan daging pada isiannya.
10 Makanan Timur Tengah Yang Wajib Kamu Tahu13
Photo Source: theshortlists
Makanan yang cukup terkenal di Israel ini biasa disajikan dengan tambahan keju pada penyajiannya. Biasanya böreks banyak dijual di toko roti di Timur Tengah dan dijadikan sebagai camilan.

8. Halvah

Halvah adalah kue khas Timur Tengah yang bentuknya lebih tinggi dari pada kue pada umumnya. Halva terbuat dari wijen dan gula yang biasanya juga ditambahkan rasa lain seperti cokelar dan pistasio. Rasa dari halvah juga unik yaitu sensasi gurih dan manis pada setiap gigitannya.
10 Makanan Timur Tengah Yang Wajib Kamu Tahu14
Photo Source: jerusalemgrillvegas
Kalau kamu pernah mencicipi tahini, halva juga dibuat dari bahan-bahan yang sama. Makanan ini cocok banget kalo kamu penyuka dessert, walaupun bentuk dan warna nya terlihat biasa saja, namun rasa dari halva ini benar-benar akan memberikan kamu pengalaman baru pada cita rasa dessert yang berbeda.

9. Falafel

Falafel adalah sajian khas Timur Tengah yang berbentuk bola yang digoreng dan terbuat dari buncis. Makanan yang asal-usul nya berasal dari Mesir ini biasa disajikan dengan pita dibungkus di dalam roti atau yang biasa dikenal dengan tabun.
10 Makanan Timur Tengah Yang Wajib Kamu Tahu15
Photo Source: blueapron
Sekilas makanan ini mungkin seperti makanan khas Meksiko, karena bentuknya yang hampir mirip dengan qusadilla. Falafel biasanya di isi dengan tambahan kacang tanah yang dicampur dengan rempah-rempah. Makanan yang satu ini sangat nikmat disajikan pada saat masih panas, teksturnya yang renyah dan perpaduan warna dari bahan-bahan di dalamnya juga membuat kamu semakin berselera makan.
10 Makanan Timur Tengah Yang Wajib Kamu Tahu16
Photo Source: Dana

10. Sabich

Sabich adalah sandwich tradisional Israel yang terdiri dari pita yang diisi dengan terung yang digoreng dan telur rebus. Seperti sandwich pada umunya, Sabich juga dikonsumsi oleh orang-orang di Timur Tengah pada saat sarapan.
10 Makanan Timur Tengah Yang Wajib Kamu Tahu17
Photo Source: nofailrecipe
Walaupun kombinasi dari makanan ini terdengar tidak cocok, tapi rasa yang dihasilkan dari sabich ini sangat lezat. Perpaduan dari bahan-bahan dari sabich dicampur dengan sayuran segar dan saus kacang akan membuat kamu ketagihan kalau cobain makanan khas Israel yang satu ini.