Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App

10 Makanan Korea yang Dicintai Dunia

Ria IsnaeniRia Isnaeni
Penggemar atau bukan penggemar drama Korea, pasti kamu cukup familiar dengan makanan-makanan Korea. Aneka ragam variasi makanan Korea yang kamu lihat di film-film, bisa langsung kamu icip hanya dengan mengunjungi restoran Korea yang sudah banyak bermunculan di Jakarta. Hidangan negeri ginseng ini memang terkenal dengan cita rasa gurih dan pedas yang pastinya nikmati banget untuk mengisi perut yang lapar!
Ini dia nih 10 makanan tradisional Korea yang sudah go international! Apa aja ya?

1. Bulgogi

Makanan lezat dari Korea Selatan ini memiliki nama asli Pulgogi. Berisikan daging sapi yang telah diiris tipis dan dipadukan dengan nasi pulen yang hangat.
10 Makanan Korea yang Sudah Mendunia - yummy food resep
Photo Source: yummy food resep
Daging sapi yang disajikan pada Bulgogi biasanya dimasak dengan cara digoreng atau dipanggang. Sebelum dimasak, tentunya daging sapi tersebut diberi bumbu agar rasanya lebih nikmat. Bumbu-bumbu yang ada di dalam daging ini biasanya adalah kecap, gula, lada, minyak wijen, jahe dan bawang putih.
Selain nasi, daging Bulgogi yang sudah matang ini biasanya disajikan juga dengan lauk-lauk lain yang ditempatkan pada mangkuk kecil.
10 Makanan Korea yang Sudah Mendunia - tastingtable
Photo Source: tastingtable
Tanpa kita ketahui, ternyata memakan Bulgogi memiliki cara tersendiri. Biasanya orang Korea akan mengambil selada, dan meletakkan daging bulgogi beserta lauk lain di atas selada. Setelah itu, tambahkan sedikit nasi dan gulung seladanya. Kamu akan merasakan cita rasa daging Bulgogi yang manis dan gurih serta daun selada yang segar.

2. Bibimbap

Bibimbap merupakan nama makanan yang berasal dari kata bibim yang artinya adalah campur, sedangkan bap artinya nasi. Jadi, bibimbap ini berjenis seperti nasi campur, nasi yang dicampurkan dengan beberapa macam jenis lauk.
10 Makanan Korea yang Sudah Mendunia - Tara FIsher
Photo Source: Tara FIsher
Isian dari Bibimbap biasanya adalah nasi putih yang dicampur dengan berbagai macam sayur, jamur, daging sapi, dan telur mentah. Tidak lupa juga ada gochujang, saus pedas Korea yang identik banget.
Untuk menikmati Bibimbap, dianjurkan untuk mengaduk semua bahan makanan yang ada didalam mangkuk Bibimbap. Setelah masuk suapan pertama, kamu akan merasakan rasa gurih, manis, pedas, dan segar. Gurih dan manis berasal dari daging dan nasi, pedas dari bumbu gochujang dan segar dari rebusan sayur yang ada pada mangkuk ini.
10 Makanan Korea yang Sudah Mendunia - Hyosun
Photo Source: Hyosun
Pertama, masukkan bibimbap ke dalam wadah tertutup dan letakkan di kulkas. Setelah dingin, kamu bisa merasakan sensasi bibimbap dingin yang ternyata lebih nikmat dibandingkan bibimbap panas. Walaupun hal ini tergantung dari referensi masing-masing. Tapi, apa salah nya mencoba?

3. Jjangjangmyeon

Jjajangmyeon atau yang juga bisa disebut chajangmyeon ini adalah mie khas Korea Selatan yang memiliki ciri khas tersendiri. Kenapa dibilang khas? Karena makanan ini menggunakan saus spesial dengan bahan utama kedelai hitam. Saus kedelai hitam kental ini berhasil memberikan rasa gurih yang unik dan bikin ketagihan.
10 Makanan Korea yang Sudah Mendunia - Sue
Photo Source: Sue
Bahan yang digunakan untuk melengkapi kelezatan mie Korea ini biasanya adalah daging, sayuran dan kadang juga seafood. Itu salah satu alasan mengapa Jjangmyeon ini dikenal sebagai mie yang kaya rasa.
Mie yang digunakan pada hidangan ini berukuran sedikit lebih besar daripada mie yang beredar di Indonesia. Itu sebabnya kamu akan merasa sangat kenyang setelah menyantap menu yang satu ini.
Menggunakan bawang bombay, dan kuah kaldu sehingga saus kedelai hitam terasa lebih balance. Tidak terlalu asin atau tidak juga hambar.
10 Makanan Korea yang Sudah Mendunia - Chloe Lim
Photo Source: Chloe Lim
Di Korea, Jjajangmyeon biasanya disajikan dengan muji, yaitu acar lobak. Jangan lupa untuk mengaduk mie agar bahan tercampur dengan merata dan sensasi yang kamu rasakan akan sama dengan cita rasa Korea.

4. Ramyeon

Ramyeon sering sekali muncul di adegan-adegan film atau drama Korea. Itu sebabnya banyak banget yang tiba-tiba ngidam untuk mencicipi mie instan versi Korea ini.
10 Makanan Korea yang Sudah Mendunia - happiebb
Photo Source: happiebb
Untuk kreasi Ramyeon sendiri, bisa tambahkan sayur-sayuran segar, telur, atau jamur. Merk ramyeon yang paling terkenal di Indonesia adalah Shin Ramyeon, yang ternyata juga terkenal di Amerika Serikat dan China.

5. Japchae

Makanan khas Korea yang ini memang hampir sama dengan bihun yang sering dihidangkan di keluarga Indonesia. Perbedaan dari capcay atau Japchae versi Indonesia dan Korea adalah cara memasakanya. Walaupun keduanya diolah dengan cara ditumis, Japchae memiliki bumbu rempah yang berbeda dari capcay Indonesia.
10 Makanan Korea yang Sudah Mendunia - taste.com
Photo Source: taste.com
Biasanya, hidangan bihun khas Korea ini memiliki tekstur yang lebih kenyal dan gendut dibandingkan dengan bihun yang dimiliki Indonesia. Japchae juga biasanya diberikan biji wijen, irisan cabe dan potongan daging agar rasanya jadi lebih gurih dan nikmat.

6. Kimbap

10 Makanan Korea yang Sudah Mendunia - Holly
Photo Source: Holly
Berbeda dengan kebab, hidangan Kimbap atau Gimbap ini merupakan nasi putih yang dilengkapi dengan daging, potongan sayur, telur, dan ikan. Ternyata nama Gimbap ini terdiri dari dua kata lho! Gim yang artinya rumput laut kering dan bap yang artinya nasi putih. Dari penjelasan ini kita bisa tahu bahwa hidangan Korea yang satu ini didominasi dengan rumput laut dan nasi hangat.
Bentuk dari Gimbap ini mirip sekali dengan sushi, biasanya setelah semua bahan makanan diletakan diatas nasi, Gimbap akan digulung dan dipotong menjadi 8 potongan. Dipotong seukuran yang kita bisa memakannya dalam sekali gigit. Jadi buat kamu yang bermulut kecil, mungkin kamu bisa memotong nya menjadi 9 atau bahkan 10 potong.
Untuk memberikan rasa, biasanya nasi akan ditambahkan dengan sedikit garam dan minyak wijen.

7. Kimchi

Hampir seluruh hidangan makanan Korea pasti menggunakan Kimchi. Kimchi dikenal juga sebagai salad atau sayur penyegar yang rasanya cocok banget dipadukan dengan menu apapun. Mungkin karena makanan yang satu ini menghasilkan rasa yang pedas dan sedikit asam, sehingga orang yang menikmati jadi lebih semangat saat menyantap makanannya.
10 Makanan Korea yang Sudah Mendunia - Naomi Imatome-Yun
Photo Source: Naomi Imatome-Yun
Kimchi ini merupakan hasil fermentasi sayuran yang dipadukan dengan berbagai bumbu rempah khas Korea. Beberapa sayuran yang tidak pernah absen didalam Kimchi adalah timun, lobak dan sawi. Ada yang bilang bahwa salah satu proses pembuatan Kimchi adalah dengan menanam kendi berisikan Kimchi segar ke tanah. Agar cita rasa dan proses fermentasi nya membuat Kimchi ini lebih segar.
Salah satu keuntungan dari membuat Kimchi adalah, hidangan yang sau ini memiliki daya tahan yang cukup lama. Jadi, dengan rasa enak yang diberikan, makanan ini bisa menjadi salah satu penyelamat saat dirumah sedang tidak masak, dan perut dalam keadaan S.O.S.

8. Sannakji

Ngeri dan geli ya? Tapi ternyata hidangan Korea yang satu ini telah berhasil memikat perhatian pencinta kuliner diseluruh dunia. Gurita hidup yang disajikan biasanya berukuran kecil, dan ditaburi minyak dan biji wijen. Memakan hewan ini secara hidup-hidup memberikan kesan dan sensasi unik yang sayang untuk kamu lewatkan. Ada yang menyajikan Sannakji ini dengan dipotong-potong tapi ada juga yang menyajikan gurita kecil ini secara utuh.
10 Makanan Korea yang Sudah Mendunia - atlasobscura
Photo Source: atlasobscura
Untuk menyantap nya, perlu diketahui bahwa lubang-lubang penyedot pada tentakel gurita ini masih aktif, jadi perlu hati-hati saat memakannya. Dikhawatirkan lubang-lubang penyedot ini bisa melekat pada tenggorokan saat ditelan bahkan saat masih didalam mulut. Membuat si pemakannya jadi tersedak atau tercekik.

9. Miyeok Guk

10 Makanan Korea yang Sudah Mendunia - agrowindo
Photo Source: agrowindo
Sup rumput laut ala Korea ini memberikan rasa hangat yang nikmat sekali. Hidangan ini sering sekali muncul saat sedang musim salju, agar temperatur badan tetap terjaga dan kamu bisa merasa lebih hangat. Kepopuleran Miyeok guk ini ternyata juga sudah mendunia lho!
Cara membuat sup ini adalah dengan mencampurkan rumput laut dengan kaldu ikan atau kaldu sapi sehingga rasanya jadi sedap dan gurih. Menambahkan bawang putih, minyak wijen, garam dan kecap juga bisa menjadi salah satu upaya dalam menciptakan rasa Miyeok Guk yang lebih nikmat.
10 Makanan Korea yang Sudah Mendunia - Chow Divine
Photo Source: Chow Divine
Selain rasanya yang enak, sup yang satu ini juga memiliki manfaat yang sangat bagus untuk tubuh kita. Kandungan Iodin dan kalsium yang terdapat di Miyeok Guk dipercaya dapat membuat tubuh jadi semakin bugar dan segar. Biasanya di Korea, makanan ini disajikan saat acara ulang tahun.

10. Tteok

10 Makanan Korea yang Sudah Mendunia - Nadia Aprilia
Photo Source: Nadia Aprilia
Tteok atau kue beras adalah kue khas Korea yang terbuat dari beras ketan yang dimasak dengan cara dikukus, direbus aau digoreng. Selain tepung beras ketan, tteok juga bisa dibuat dari tepung beras biasa. Kue beras merupakan makanan yang identik dengan perayaan. DI Korea, ada tradisi dan kebiasaan makan sup kue beras saat hari pertama tahun baru Korea. Hal ini dilakukan untuk menandakan keberuntungan dan juga bertambahnya usia. Selain itu, kue ini juga sering dimunculkan saat ada pesta perkawinan dan juga ulang tahun.
10 Makanan Korea yang Sudah Mendunia - Hetal
Photo Source: Hetal
Ada banyak sekali jenis dan bentuk dari kue beras ini.Sehingga tidak hanya bisa dimakan pada acara-acara tertentu, tetapi juga cukup populer sebagai salah satu jajanan Korea. Misalnya Tteokbokki, kue beras pedas yang sering muncul di scene pada drama Korea.
Bahan makanan yang digunakan untuk membuat kue ini adalah kacang hijau, kacang merah, pasta kacang merah manis, aneka buah kering, biji dan minyak wijen, gula dan biji cemara.