Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

10 Buah Segar yang Baik Dikonsumsi Saat Bulan Puasa

Ria IsnaeniRia Isnaeni
10 Buah Segar yang Baik di Konsumsi saat Berpuasa1
The Spruce Eats
Selain sumber vitamin, buah juga sering disebut-sebut sebagai sumber serat. Untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, kita dianjurkan untuk mengkonsumsi buah-buahan setidak nya 2 sampai 3 porsi setiap harinya.
Mengkonsumsi buah-buahan juga bisa membantu tubuh kita untuk terhindar dari berbagai jenis smacam penyakit. Itu sebabnya, mengkonsumsi buah ketika puasa itu sangat dianjurkan lho!

1. Blewah

2
Photo Source:  Lulu
Buah blewah sering dijadikan salah satu bahan minuman berbuka puasa. Buah ini memiliki kandungan kalium yang sangat baik untuk tubuh. Kalium berguna untuk mengendalikan tekanan darah tinggi, mengurangi risiko stroke, membersihkan karbodioksida dalam darah dan juga memicu kerja otot dan simpul saraf.
Buah yang memiliki daging berwarna kuning ini juga kaya akan gula berjenis monosakrida, seperti sukrosa dan fruktosa. Gula ini akan sangat membantu kamu menambah energi setelah berpuasa seharian. Apalagi kandungan air buah blewah sangat tinggi, sehingga dapat mengatasi dehidrasi tubuh.

2. Pir

3
Photo Source:  Linda Fauzi
Buah pir ternyata mengandung asam klo-genat, yang merupakan salah satu bagian dari asam hidroksi sinamat. Kandungan ini berperan sebagai antioksidan yang membendung pembentukan sel kanker, mencegah pertumbuhan bakteri shigella sonnei si penyebab penyakit pada saluran pencernaan.
Buah yang memiliki kandungan air ini juga baik untuk mencegah radikan bebas karena mengandung vitamin C yang cukup banyak. Vitamin C itu berguna untuk memacu sel darah putih untuk melawan infeksi, membunuh bakteri dan virus. Selain itu keberadaan vitamin C juga dapat membantu meregenerasi vitamin E. Karena tanpa vitamin C, vitamin E akan teroksidasi oleh radikal bebas.

3. Pepaya

4
Photo Source:  kanalaceh
Buah yang sering digunakan untuk melancarkan pencernaan ini ternyata juga memiliki kandungan yang bermanfaat. Pepaya matang biasanya mengandung betakaroten, beta cryptoxanthin, serta lutein dan zeaksantin.
Betakaroten merupakan provitamin A sekaligus antioksidan yang berguna untuk menangkal serangan dari radikal bebas. Buah pepaya juga memiliki kandungan vitamin C yang cukup banyak. Biasanya, satu potong pepayan berukuran 140gr memiliki kadar 10% serat dan vitamin C sebesar 150% dari angka kecukupan gizi yang dianjurkan per hari (AKG).

4. Anggur

5
Photo Source:  tribunnews kupang
Buah anggur memiliki kandungan gizi yang sangat penting, seperti vitamin C, B1, B6, mineral mangan dan juga kalium. Mangan diperlykan dalam sintetis energi agar dapat membantu menjaga kestabilan gula dalam darah.
Selain itu, anggur juga dipercaya dapat mengurangi insomnia. Hal ini disebabkan oleh kandungan melatonin yang terdapat pada buah anggur. Melatonin adalah hormon yang mengatur jam biologis tidur manusia.

5. Jeruk

6
Photo Source:  Istihong
Jeruk adalah buah yang cukup populer dan paling mudah ditemukan. Buah kaya vitamin C ini juga sering disajikan saat sedang buka puasa bersama. Buah yang menjadi sumber antioksidan serta vitamin C dan A yang melimpah ini memang mampu menjaga tubuh dari virus-virus jahat.
Selain itu, buah jeruk mengandung Likopen yang mampu menangkal serangan radikal bebas hingga anti kanker.

6. Mangga

7
Photo Source:  tribunnews jogja
Selain air, karbohidrat, dan serat, buah mangga juga mengandung protein, lemak, vitamin, mineral, dan berbagai jenis asam, tanin, zat warna dan juga zat volatil.
Karbohidrat yang ada pada mangga terdiri dari pati, selulosa dan gula sederhana seperti sukrosa, glukosa, fruktosa. Gula ini berperan dalam memberikan rasa manis dan pengasil energi yang dapat segera digunakan oleh tubuh.

7. Pisang

8
Photo Source:  menurunkanberatbadan.info
Buah pisang mengandung potasium yang tinggi, sehingga sangat bermanfaat untuk jantung. Buah ini sangat dianjurkan untuk penderita diabetes, anemia, maag dan banyak lagi.
Sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi buah ini saat sedang sahur, karena buah ini dapat membantu tubuh agar tetap segar.

8. Semangka

9
Photo Source:  Lisna
Buah yang bulat dan besar ini selain menjadi sumber antioksidan yang baik, ternyata juga manfaat untuk menyejukan tubuh. Warna merah pada semangka menandakan tingginya likopen yang ada di dalam buah semangka. Likopen merupakan salah satu komponen dari karetenoid, yang mampu memerangi radikal bebas dan melawan penyakit seperti kanker.
Selain itu, buah ini juga mengandung banyak air, vitamin A dan vitamin C. Rasa segar dan manis yang dihasilkan dari daging buah semangka, membuat buah ini jadi bahan minuman berbuka.

9. Apel

10
Photo Source:  Aryanto Herbal
"One apple a day, keeps the doctor away". Buah ini mengandung gizi yang sangat tinggi, terutama kadar vitamin dan mineral nya. Sama seperti buah pir, buah apel juga menangkal radikal bebas penyebab penyakit degeneratif.
Mengkonsumsi buah ini dipercaya dapat membuat kulit tetap halus dan tubuh jadi tetap langsing.

10. Kurma

11
Photo Source:  tribunnews sumsel
Kurma memang sangat identik dengan bulan puasa, apalagi dikonsumsi saat berbuka. Buah ini memiliki kandungan gula yang bermanfaat untuk mengembalikan energi yang hilang dari tubuh ketika puasa.