Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App

Ultimate Guide: 15 Restoran Khas Sunda Paling Enak di Jakarta

Happy FerdianHappy Ferdian
Jika berbicara tentang restoran khas Sunda, ada dua hal yang kerap diingat, yakni restoran keluarga dan aneka sajian dari bahan baku ikan darat. Tidak dipungkiri, kebiasaan mengutamakan cita rasa asli bahan baku membuat kuliner khas Sunda mampu melebur dengan baik pada banyak lidah orang Indonesia. Di Jakarta, sangat mudah menemukan beragam tempat makan khas Sunda, mulai dari kelas pinggir jalan, hingga restoran berkelas,
Berikut adalah daftar Ultimate Guide restoran khas Sunda di seantero Jakarta, di mana bisa kamu jadikan rekomendasi untuk bersantap bareng keluarga dan sahabat.
Download aplikasi Qraved untuk temukan beragam informasi kuliner menarik lainnya.

JAKARTA UTARA

Talaga Sampireun nerupakan sebuah restoran khas masakan Sunda yang berlokasi di Ancol. Tempatnya luas, terdiri atas saung-saung yang mengelilingi kolam ikan. Kebanyakan menu yang ditawarkan oleh Talaga Sampireun adalah seafood, namun ada juga beberapa menu yang diolah dari daging sapi dan ayam. Menu makanan yang wajib dicoba adalah Gurame Pesmol yang gurih, serta Bakwan Jagungnya yang crispy.
Restoran yang mengedepankan olahan seafood dan ayam goreng ini merupakan salah satu restoran paling legendaris di kawawasan Jakarta Utara, khususnya di Kelapa Gading. Hal yang paling khas disini adalah ayam bakarnya, dan memang sampai sekarang tetap terjaga kelezatannya. Dagingnya empuk dengan bumbu yang meresap sempurna hingga ke tulang. Beberapa menu lain yang difavoritkan adalah Paket Gurame Goreng, Sayur Asem, dan Tumis Udang.
Siapa sangka, restoran ini ternyata sudah berdiri sejak dekade 1980-an, dan masih tetap ramai dikunjungi konsumen hingga saat ini. Di sini, kamu bisa menikmati sajian udang galah, udang peci, dan kepiting yang bisa dimasak dengan berbagai saus. Selain hidangan laut, restoran ini juga menyediakan ayam dan juga iga.

JAKARTA TIMUR

Restoran bernuansa asri dikenal memiliki deretan menu sehari-hari masyarakat Sunda yang dijamin autentik. Hal ini kian terasa mantap karena disertai dengan rerimbunan pohon yang menimbulkan suasana asri dan menentramkan. Salah satu menu paling favorit di sini adalah nasi liwet. Isinya lumayan komplit. Selain nasi dan ayam goreng, juga ada tahu tempe dan sambal, plus lalapan dan ikan asin yang jumlahnya royal banget.
Seperti namanya, restoran yang terletak di tepi Situ Cibubur ini mengandalkan aneka olahan udang sebagai menu utamanya. Kamu bisa bersantap seru di gubug-gubug yang berdiri di atas kolam ikan. Udang Madu Bakar adalah menu andalan di sini, dan terasa lezat karena diolah dengan cara dibakar dan dilumuri madu.
Banyak orang yang tidak bosan bersantap di sini karena varian menunya yang banyak dan lezat. Udang dan cumi bakar di restoran ini adalah dua menu yang paling legendaris. Dominasi rasa manis pada bumbunya membentuk cita rasa yang khas ketika dioleskan pada udang dan cumi segar. Selain itu sambalnya juga khas, berada diantara manis dan pedas, cocok untuk segala makanan yang ada di sini.

JAKARTA PUSAT

Riung Sunda berusaha menampilkan sajian khas Sunda secara kontemporer, di mana didukung oleh interior restoran dan perkakas saji yang modern. Coba deh menu Ayam Bakar Bumbu Rujak yang menjadi salah satu favorit di sini. Bumbunya meresap dengan baik ke dalam daging ayam. Proses pembakarannya juga pas, sehingga menciptakan aroma smokey yang khas. Jangan lupa juga coba Cumi Cabe Ijo, berupa cumi yang kecil-kecil yang dimasak dalam bumbu cabai ijo yang super enak. Dijamin bakan bikin nafsu makan meningkat.
Di sini, kamu bakal menemukan suasana bersantap khas Sunda, namun disajikan dengan gaya yang sedikit lebih modern. Segala menu khas Sunda yang kamu suka ada di sini, seperti ayam goreng, ikan bakar, aneka pepes, dan masih banyak lainnya. Khusus untuk menu goreng dan bakar, kamu bisa memilih sendiri menu yang kamu mau di sebuah meja buffet besar, baru setelahnya diserahkan ke pramusaji untuk diolah, dan kemudian disajikan hangat di mejamu.
Kesan pertama saat memasuki rumah makan ini adalah komplit. Ada banyak jenis lauk matang yang ditawarkan di rumah makan ini, seperti aneka ikan goreng, aneka pepes, aneka jeroan goreng, aneka sayur, sambal dan lalapan, serta masih banyak lagi. Sayur asem di rumah makan ini konon merupakan salah satu menu favorit banyak pengunjung. Menariknya nih, kamu bisa bebas mengambilnya sendiri sesuai selera di sebuah panci besar di sudut ruangan rumah makan ini.

JAKARTA BARAT

Meski desain interior restoran ini terlihat mewah, namun harga-harga menu yang ditawarkan ternyata cukup ramah di kantong. Menu yang paling difavoritkan di sini adalah aneka varian nasi punclut, seperti Nasi Punclut Ayam, Nasi Punclut Empal, dan Nasi Punclut Sop Gurame. Porsinya cukup banyak, di mana nasi lengkap dengan lauk, sayur asem, dan sambal.
Restoran ini memiliki desain bangunan khas Sunda klasik, di mana menonjolkan suasana pedesaan yang terlihat pada ornamen dinding bambu dan hiasan atap daun jerami. Coba deh menu Cumi Asam Pedas, rasanya nampol banget, perpaduan cita rasa manis, asam, dan pedas yang mampu menggoyang lidah. Menu karedok di sini juga juara, di mana bumbunya terasa begitu kuat, plus aneka sayur yang digunakannya selalu dijamin fresh.
Ada yang unik ketika pertama kali datang ke restoran ini, yaitu sebuah papan besar bertuliskan kalimat peringatan “Be Careful! It’s Very Delicious”. Faktanya? Memang benar-benar lezat. Di sini, bebek asap adalah menu yang paling difavoritkan. Daging bebek yang telah dimarinasi, kemudian dibungkus di dlaam daun pisang, dan dibakar di atas arang panas. Ketika daun pisang dibuka, kamu akan terpukau oleh wangi khasnya, yakni seperti pepes, namun dengan sedikit cuatan aroma pedas.

JAKARTA SELATAN

Penataan interior restoran ini cukup apik, di mana menggabungkan desain modern dan sentuhan tradisional, seperti adanya dekorasi berbahan kayu dan bambu, serta berbagai ornamen pemanis khas Sunda lainnya. Beberapa menu andalan yang wajib kamu coba di sini adalah ayam gurilem, empal, aneka gorengan dan baceman, serta berbagai jenis sambal. Sementara untuk minuman, Es Sambara adalah yang paling difavoritkan konsumen yaknni berisikan es serut dengan campuran susu, sirup, mutiara, kelapa muda, alpukat dan roti.
Karena nama restorannya adalah Ikan Bakar Cianjur, maka tidak afdol jika kamu nggak pesan menu ikan bakarnya. Salah satu varian ikan bakar favorit di sini adalah Ikan Gurame Bakar. Ukurannya sangat besar, di mana kira-kira bisa disantap bersama empat orang. Hal yang menjadikan Ikan Gurame Bakar di sini unggul adalah teksturnya, yakni garing di luar dan lembut di dalam. Plus, sambal serta menu pendampingnya juara. Asli enak!
Olahan setiap menu Dapur Sunda yang dihidangkan di semua gerai selalu dalam kondisi fresh. Bahkan di setiap gerai terdapat kolam ikan, hingga masakan jenis ikan yang dihidangkan betul-betul segar. Semuan menu makanan yang disajikan di sini dijamin greget rasanya. Coba deh Gurame Terbang khas restoran ini, dijamin kamu bakal ketagihan. Dagingnya sangat gurih, apalagi ketika dicocol ke sambal, kamu bakalan sulit untuk berhenti mengunyah hingga nasi tandas.