Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App

7 Sate Paling Terkenal di Jakarta Buat Pencinta Makan

Happy FerdianHappy Ferdian
Sebagaimana kita tahu, sate telah menjelma sebagai salah satu kuliner khas Indonesia yang paling populer sejak lama. Baik itu sate ayam, sate kambing, ataupun beragam jenis sate lainnya, hampir tidak pernah ada yang menolak untuk menyantapnya. Dari sekian banyaknya gerai sate di Jakarta, berikut merupakan 7 gerai sate paling terkenal yang wajib dicicipi para pencinta kuliner.
 - QravedView All Photos
Photo Source: Qraved
Meski mayoritas menu yang ditawarkan oleh restoran berkonsep multipleks ini berupa deretan kuliner favorit banyak orang, namun penyajiannya sangatlah unik dan cocok untuk jadi materi unggahan di Instagram. Khusus untuk varian sate, ada lima varian yang diwarkan, yakni Sate Ayam Otot, Sate Ayam Kacang, Sate Ayam Gokil, Sate Sapi Gokil, dan Sate Kambing Manis. Selain itu, kamu juga bisa menyantap sate dengan pihan Nasi Putih, Nasi Merah, atau Lontong. Adapun untuk sambalnya, mulai dari Saus Kacang yang konvensional hingga Saus Thai Chile yang pedas asam.
Sangat mudah menemukan puluhan cabang restoran ini di seantero Jabodetabek. Berdiri selama hampir tiga dekade, kualitas masakan yang tersaji selalu konsisten, termasuk pada deretan menu satenya yang legendaris. Menu andalan yang wajib banget kamu coba di sini adalah Sate Ayam Campur Bumbu Blora, yang dibuat dari potongan daging ayam berukuran besar, yang dibakar hingga empuk dalam bumbu khusus, dan kemudian disantap bersama saus kacang yang bertekstur creamy. Beberapa varian sate lainnya juga tidak kalah lezat untuk disantap, seperti Sate Ayam Buntel, Sate Kambing Campur, dan Sate Kulit.
Belakangan menu Sate Sapi Maranggi di restoran ini kian digemari, dan kerap wara-wiri di Instagram. Cita rasa manis dan kelembutan dagingnya tidak kalah dengan Sate Maranggi tradisional yang dijual di Cianjur. Disajikan di atas hot plate, hangatnya Sate Maranggi mampu bertahan cukup lama dan berpotensi menambah kelezatan cita rasanya saat disantap dengan nasi atau lontong, dan racikan acar yang segar. Coba juga varian Sate Ayam Madura yang telah menjadi trademark restoran ini. Meski setiap tusuknya berisi daging dengan potongan tidak begitu besar, namun cita rasa daging ayamnya berhasil keluar dengan sempurna dan terasa makin sedap saat ditambah racikan saus khususnya. Yummy!
Restoran ini bukan menyajikan sate taichan yang digoreng, melainkan beragam pilihan sate taichan dan sate goreng. Lokasinya yang berada di tengah kepadatan Jalan Tebet Raya selalu dipenuhi oleh pembeli hampir setiap harinya. Di sini, kamu wajib coba Sate Taichan Ayam Paha dengan sambalnya yang pedas menggigit, Sate Kerang, dan Ramyeon Taichan Goreng yang ditawarkan dengan kisaran harga Rp 25 ribuan.
Ternyata negeri Tiongkok memiliki tradisi sate juga dalam dunia kulinernya. Bedanya adalah, segala jenis bahan baku bisa disate, mulai dari daging, sayuran, dan bahkan dumpling. Kebanyakan dari menu yang ditawarkan di sini merupakan sajian non-halal. Beberapa varian sate yang wajib kamu coba adalah Babi Asap, Bakso Telur Salmon, Jamur Shitake, dan Malatang. Berbeda dengan sate di Indonesia, sate khas China umumnya tidak disajikan dengan siraman bumbu, melainkan langsung disantap setelah selesai dipanggang. Adapun bumbu tambahan yang disarankan tidak lebih dari kecap asin berisi serutan jahe.
Restoran mewah yang berlokasi di kawasan Pavilion Arcade ini menyajikan kelezatan kuliner khas Jawa, dalam balutan elegansi maksimal. Hasilnya, kamu akan merasa seperti tengah bersantap dalam suasana Keraton Jawa yang anggun. Salah satu menu yang paling dijagokan oleh restoran ini adalah Sate Satu Meter. Bukan satenya yang berukuran sangat panjang, melainkan beragam jenis sate khas Nusantara yang disajikan di atas wadah khusus sepanjang satu meter. Beberapa varian sate yang disajikan tersebut, di antaranya adalah Sate Sapi Wagyu, Sate Pentul, Sate Lilit, Sate Kleweran, dan masih banyak lainnya.
Yakitori atau sate ayam khas Jepang biasa dijadikan santapan ringan di malam hari. Nah, di restoran ini kamu bakal terpuaskan oleh 14 pilihan Yakitori yang semuanya enak-enak dan has Jepang banget. Beberapa varian Yaktori yang paling difavoritkan di sini adalah Chicken Thigh Crispy Garlic, Chicken Balls, Unagi (belut), dan Skin Enoki. Harganya juga cukup terjangkau, tidak lebih dari Rp 25 ribu per item-nya.
Jangan lupa download aplikasi Qraved untuk temukan beragam informasi kulinr menarik lainnya.