Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App

7 Menu Khas Bali di Jakarta yang Enaknya Bikin Kangen Pulau Dewata

Happy FerdianHappy Ferdian
Saat ini, semakin mudah menemukan makanan khas Bali di Jakarta. Mulai dari kelas warung hingga restoran, semua berlomba menyajikan ragam sajian otentik yang mengingatkan akan memori bersantap di Pulau Dewata yang meneduhkan. Entah itu ayam betutu atau nasi campur yang penuh dengan topping non-halal, makanan khas Bali selalu mengesankan kekayaan rempah yang cukup kuat, namun dalam penampilan yang terlihat sederhana dan bersahaja. Penasaran ingin mencicipi cita rasa masakan khas Bali paling otentik di Jakarta, tujuh rekomendasi di bawah ini bisa jadi rujukan untuk santap bersama dengan sahabat atau keluarga tersayang.
Oh iya, jangan lupa buat download aplikasi Qraved untuk temukan beragam informasi kuliner menarik lainnya.
Dari namanya saja, sudah bisa ditebak bahwa restoran ini merupakan salah satu surganya hidangan babi di Jakarta. Masakan khas Peranakan dan Bali adalah dua tipe menu yang mendominasi sajian di restoran yang berlokasi di kawasan Sunter ini. Salah satu menu yang paling favorit di sini adalah Nasi Babi Guling seharga Rp 40 ribu per porsinya. Disajikan persis seperti yang biasa ditemukan di Bali, menu ini terdiri dari nasi hangat yag pulen, lawar yang sedikit pedas, ayam suwir, sambal matah, dan pastinya irisan babi guling.
7 Masakan Khas Bali Paling Enak yang Bisa Ditemukan di Jakarta - YukoView All Photos
Photo Source: Yuko
Susah-susah gampang menemukan restoran yang menyajikan menu khas Bali di Jakarta, dan Le Seminyak adalah salah satu yang terbaik. Meskipun tampil dalam presentasi yang modern, restoran yang berlokasi di kawasan Cipete, Jakarta Selatan ini menjamin menu-menu yang ditawarkannya, tidak jauh berbeda dengan menu-menu aslinya di Pulau Dewata. Menu yang wajib kamu coba di restoran ini adalah Nasi Campur Ayam Betutu seharga Rp 69 ribu yang memiliki ukuran porsi tidak tanggung-tanggung besarnya.
Nama restoran ini sudah tidak asing lagi bagi wisatawan yang berkunjung ke Bali. Buka pertama kali pada 1999 silam di kawasan wisata Ubud, kini Bebek Tepi Sawah turut membuka beberapa cabang di Jakarta, termasuk cabang terbarunya di Baywalk Mall Pluit. Di sini, menu andalannya adalah Tepi Sawah Crispy Duck yang disajikan bersama dengan sederet sambal khasnya, yakni sambal merah, sambal matah, dan sambal goreng. Ukuran daging bebeknya besar, renyah di luar, namun tetap lembut di bagian daging.
Meski menyandang nama ayam betutu, namun restoran yang berlokasi di kawasan Rawamangun ini juga memiliki menu bebek betutu yang sama autentiknya dengan yang dijual di Bali. Bayangkan, daging bebek yang telah diperam dalam bumbu kompleks selama semalam, kemudian dipanggang dalam balutan daun pisang yang memunculkan cita rasa harum saat matang. Menu ini semakin mantap ketika disantap bersama dengan nasi putih hangat, plecing, dan sambal matah.
Berlokasi di kawasan Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara, restoran ini secara khusus menyajikan ragam iga bakar yang diolah dengan teknik masak khas Bali, yakni dengan penggunaan aneka bumbu rempah dan dipanggang pelan di tungku pembakaran tradisional. Baik menu halal maupun non-halal, semuanya dijamin dibuat dari daging pilihan yang berkualitas, sehingga menjamin cita rasa terbaik ketika menyantapnya. Karena diolah secara pelan, maka tekstur daging pun berubah menjadi sangat empuk, sekaligus lumer di lidah. Yummy!
Restoran ini mengusung konsep unik, menggabungkan antara ‘keluwesan’ warteg dengan kenyamanan tempat makan berkelas. Segala menu khas Bali dapat kamu tunjuk langsung di etalase saji, yang kemudian akan disajikan sesuai dengan permintaan konsumen. Selain aneka lauk pauk khas Bali, restoran ini juga terkenal dengan menu pork ribs yang disajiakn bersama sambal spesial dengan cita rasa pedas menggigit. Tekstur iga babinya begitu lembut, sehingga mudah terlepas dari tulang. So, delicious!
Ini merupakan cabang dari restoran yang telah terkenal luas di Bali sejak awal 1990-an. Secara makna harafiah, Bebek Bengil berarti ‘bebek kotor’ karena memang dulunya didirikan di sebuah warung tepi sawah di Bali, yang terkadang dilewati oleh gerombolan ternak bebek yang baru pulang dari kubanagn lumpur. Menu paling favoroit di sini adalah bebek crispy yang bahkan karena saking renyahnya, bisa disantap habis hingga bagian tulang. Menu ini paling cocok disantap dengan Sambal Matah dan Plecing Kangkung.
Qraved | Life is Tasty