Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App

7 Makanan Korea Favoritnya Youtuber Hits Ria SW

Happy FerdianHappy Ferdian
Sosok Ria Sukma WIjaya, atau populer dengan nama Ria SW, adalah bintang besar di jagat YouTube Indonesia saat ini. Subscriber-nya saja sudah mencapai lebh dari satu juta orang, dan setiap video yang diunggahnya, selalu ditonton oleh jutaan viewers. Kontennya tentang jalan-jalan dan makan, tapi yang membuatnya unik adalah cara penyampaian riang dan apa adanya. Selain itu, vlogger bergaya boy-ish ini juga dikenal kerap menemukan spot-spot kuliner seru yang jarang ditemui banyak orang. Tidak terkecuali makanan khas Korea yang jadi salah satu favoritnya. Ada begitu banyak K-Food yang disukai oleh Ria SW, termasuk tujuh di antaranya di bawah ini.
Jangan lupa download aplikasi Qraved untuk temukan beragam informasi kuliner menarik lainnya.
Dalam salah satu video perjalanannya ke Korea Selatan, Ria SW pernah berkunjung ke satu restoran legendaris bernama Samjin Amook, yang menyajikan aneka kudapan berbahan ikan. Saking sukanya, Ria berharap restroan tersebut buka cabang di Jakarta. Beberapa bulan kemudian, doanya terkabul, di mana cabang pertamanya buka di Jakarta, yakni di Central Park. Ada tiga menu favorit Ria SW di restoran yang eksis sejak 1953 itu, yakni Goblin's Mate, Fried Chilli Pepper, dan yang paling juara adalah Cheese Croquette. Seluruh menu di sini diolah dengan komposisi 95 persen ikan dan 5 persen tepung, sehingga dijamin rasanya enak parah. Tonton aja keseruannya!
 - QravedView All Photos
Photo Source: Qraved
Satu menu yang paling diincar Ria SW di restoran ini adalah Myeongdong Chicken & Spicy, yaknni sajian ayam goreng berbumbu pedas khas Korea, yang disajikan bersama dengan lelehan keju mozzarella. Rasa ayam gorengnya tidak terlalu pedas, namun dengan bumbu yang meresap kuat hingga ke tulang Ketika dicampur dengan lelehan keju mozzarella, rasanya jadi setingkat lebih lezat. Menu lain yang direkomendasikan oleh Ria SW adalah Cheese in the Trap Donut, Double Cheese Pastry, serta Rabokki yang berisi campuran tteokbokki, odeng, noodle, dan cheese.
 - QravedView All Photos
Photo Source: Qraved
Jaringan restoran ayam goreng khas Korea ini berhasil membuat Ria SW jatuh cinta. Namun, karena tidak bisa memilih salah satu variannya, akhirya Ria kerap memesan Mix Wings, yakni sayap ayam goreng yang dibumbui tiga jenis rasa, yakni Honey (madu pedas), Spicy, dan Original yang cenderung asin. Biasanya Ria memesan menu ini bersama dengan dua mangkuk nasi, Sal Sal Stripes atau fillet daging ayam goreng tepung, dan Potato Wedges.

4. Shin Chang Chicken

 - Majalah-Holiday.com
Photo Source: Majalah-Holiday.com
Saat berkunjung ke Tokyo, Jepang, Ria SW menyempatkan diri mampir ke Korea Town di kawasan Shinjuku. Sekalinya masuk ke kawasan ini, seketika suasananya berubah, seperti sedang ada di tengah keramaian Seoul yang khas. Di sini, Ria belai-belain menunggu hingga malam hari untuk menyicipi Shinchang Chicken yang legendaris. Ini adalah ayam goreng khas Korea yang berbumbu sambal dan ditaburi wijen. Ria pesan level 4, yang katanya tidak terlalu pedas. Ayam gorengnya empuk banget, dengan bumbu yang meresap sempurna, sehingga pengalaman menyantap makanan pedas di sini pun terpuaskan. Tonton aja videonya! Pstt, hati-hati ngiler ya!

5. Odeng

 - Daniel Food Diary
Photo Source: Daniel Food Diary
Di mana pun Ria SW wisata kuliner khas Korea, ia pasti selalu menyempatkan untuk menyantap Odeng. Ini adalah jajanan pinggir jalan berbentuk fish cake, yang disantap dalam kuah kaldu panas. Ria sangat suka tipe odeng murni tanpa variasi, karena katanya mampu memunculkan cita rasa ikan yang kuat. Ria SW juga berpendapat bahwa odeng yang dijual di Indonesia cenderung "kurus" dibandingkan di negara asalnya, namun memiliki cita rasa kuah yang sama enaknya.

6. Akakara Original Hotpot

 - Tabelog.com
Photo Source: Tabelog.com
Ketika berada di Korea Town di distrik Shinjuku, Tokyo, Jepang, Ria sempat mampir di Akakara Original Hotspot yang hampir selalu penuh oleh antrean. Konsep hidangannya sederhana, yakni sajian hot pot yang mengandalkan cita rasa kuah kaldu nikmat dan bahan baku berkualitas. Di sini, Ria pesan kuah level 4 yang agak pedas. Butuh waktu 10 menit dipanaskan, sebelum kemduian disantap melalui mangku kecil. Porsinya besar, biasa untuk makan bareng hingga tiga orang. Isiannya beragam, mulai dari mie beras, bakso ayam giling, kult tahu, udang, dan beberapa jenis sayuran hijau.

7. Tosokchon Samgyetang

 - Iamontheroad.net
Photo Source: Iamontheroad.net
Di Seoul, ada salah satu gerai makanan tradisional yang sangat legendaris, dan selalu penuh oleh antrean di sepanjang hari. Menempati bangunan rumah khas Korea, Tosokchon menawarkan pengalaman menyantap aneka menu tradisional dengan suasana otentik, termasuk duduk lesehan di ruang bersekat kayu. Menu favoritnya tentu saja Samgyetang, atau ayam kuah herbal. Daging ayam direbus hingga empuk di dalam kuah ginseng berusia 4 tahun, yang dicampur dengan beras ketan dan jujube (kurma khas Korea). Cita rasanya menyegarkan dan bikin hangat di tubuh. Enak!